Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Contoh Soal Regresi Linier Berganda 2021 : Jawaban & Pembahasan

Contoh Soal Regresi Linier Berganda

Contoh Soal Regresi Berganda – memberikan uraian lengkap mengenai salah satu jenis regresi linier statistika, mulai dari pengertian, rumus, jawaban hingga pembahasan dari beberapa contoh permasalahan. Dimana penyelesaian sebuah soal regresi linear berganda dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis.

Sebagian besar mahasiswa tentunya akan mempelajari ilmu statistik, dimana bidang keilmuan tersebut sangatlah general sehingga bisa diterapkan di hampir seluruh bidang studi kuliah. Dalam statistika kuliah sendiri, kamu akan menemui materi terkait faktor bebas.

Salah satu dari materi statistika yang berhubungan langsung dengan variabel bebas adalah regresi linier. Dimana regresi akan membuat model hubungan variabel tetap (terikat) dengan satu atau lebih variabel bebas. Jika faktor tak terikat lebih dari satu, maka disebut regresi linier berganda.

Pada kesempatan ini, Kursiguru akan membahas mengenai regresi linier berganda mulai dari pengertian, rumus hingga contoh soal dan jawabannya. Selengkapnya mengenai contoh persoalan regresi linear berganda bisa disimak pada uraian berikut.

Pengertian Regresi Berganda

Regresi Linier Berganda (RLB) atau dalam bahasa inggris disebut Multivariate Linear Regression merupakan suatu pendekatan matematis dalam statistika. Dimana pendekatan dilakukan dengan cara mencari besar hubungan antara faktor tetap dengan dua atau lebih faktor bebas.

Kaidah Regresi Linier Berganda

Nantinya hasil perhitungan regresi linear berganda akan dibandingkan dengan nilai pada tabel distribusi F. Dimana kaidah pengujian apakah variabel bebasnya memiliki pengaruh signifikan atau tidak yakni:

  • Apabila Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima.
  • Sedangkan bila nilai Fhitung < Ftabel, maka Ho diterima sedangkan Ha ditolak.
Baca  √ 12 Contoh Soal AKM SD Terbaru 2021 : Download & PDF

Metode Hitung Regresi Linier Berganda

Dalam proses perhitungannya, terdapat 3 (tiga) jenis metode hitung regresi linear berganda yakni metode dasar, matriks serta SPSS. Dimana metode dasar serta matriks adalah cara hitung manual, sedangkan SPSS menggunakan aplikasi komputer (otomatis).

Rumus Regresi Linier Berganda

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan memberikan rumus regresi linear berganda metode dasar. Dimana rumusnya tergolong cukup banyak bila harus dihafalkan, jadi sebaiknya simak secara sungguh-sungguh agar memahaminya.

Rumus Dasar Regresi Linier Berganda

Contoh Soal Regresi Linier Berganda

Setelah mengetahui deskripsi singkat mengenai regresi berganda di atas, selanjutnya contoh soal regresi linier berganda di bawah ini.

Contoh Soal (1)

Buatlah persamaan regresi linier dari data pada tabel menggunakan rumus dasar, lalu hitung koefisien determinasinya.

UsiaTinggiBerat Badan
812537
1013741
710034
1212239
912940
1012842
79838
810342
1113040
89536
1011541
810538

Keterangan :
Ho = Usia serta tinggi tidak berpengaruh terhadap berat badan.
Ha = Usia serta tinggi berpengaruh terhadap berat badan.

Jawaban & Pembahasan :

Perhitungan Soal Regresi Berganda 1
Jawaban Contoh Soal Regresi Berganda

Contoh Soal (2)

Berdasarkan hasil kedua contoh soal di atas, jelaskan apakah faktor usia dan tinggi berpengaruh pada nilai. Jika iya, tentukan variabel mana yang lebih berpengaruh serta.

Jawaban & Pembahasan :

Jika dilihat pada tabel, besaran Ftabel memiliki nilai sebesar 4,26 sehingga dapt disimpulkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan kata lain pada data di atas, usia serta tinggi berpengaruh terhadap berat badan.

Karena nilai absolut b1 lebih besar daripada nilai b2, maka dapat dikatakan bahwa usia lebih berpengaruh terhadap berat badan.

Download Contoh Soal Regresi Linier Berganda

Jika sudah memahami cara pengerjaan seperti contoh di atas, cobalah untuk melakukan pengerjaan soal regresi berganda secara mandiri. Berikut ini adalah file contoh soal regresi berganda yang dapat kamu jadikan bahan pembelajaran mandiri.

Perlu diingat bahwa data distribusi hasil hitung regresi linier berganda merupakan distribusi F. Dimana datanya berbeda dengan bentuk data Distribusi Binomial, walaupun keduanya sama-sama dipelajari di statistika.

Baca  √ 5 Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik 2021 : Rumus, Jawaban & PDF

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru terkait contoh soal regresi linier berganda beserta jawabannya. Ingatlah bahwa regresi linier ini akan sangat berguna jika penelitian skripsimu menggunakan data statistik dengan variabel bebas. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *