Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Jangka Sorong & Jawaban PDF

Contoh Soal Jangka Sorong

Contoh Soal Jangka Sorong – akan membagikan contoh persoalan beserta jawaban terkait sebuah alat ukur dengan tingkat presisi tinggi yakni jangka sorong. Dimana penggunaan jangka sorong biasanya diajarkan kepada para siswa SMA kelas 10 di mata pelajaran fisika.

Advertisements

Jangka sorong (Vernier Calipers) merupakan sebuah perangkat pengukuran panjang dengan tingkat ketelitian tinggi hingga 2 (dua) desimal dibelakang koma (0,01 cm). Dimana biasanya jangka sorong digunakan untuk mengukur ukuran lubang pipa ataupun benda berlubang lain.

Karena pengukuran merupakan perihal penting dalam ilmu fisika, maka siswa diberi materi pembelajaran terkait pemakaian alat seperti jangka sorong. Proses mempelajari jangka sorong sendiri dapat dilakukan melalui praktek maupun metode belajar mengerjakan soal.

Advertisements

Oleh karena itu, di sini Kursiguru akan memberi pembahasan mengenai contoh soal jangka sorong beserta jawaban dan file PDF yang bisa kamu download. Uraian lengkap mengenai penggunaan jangka sorong beserta gambaran soal jangka sorong bisa disimak para pembahasan di bawah ini.

Skala Jangka Sorong

Uraian ini akan penulis awali dari penjelasan mengenai skala yang terdapat pada jangka sorong. Dimana jangka sorong memiliki 2 (dua) buah skala, yakni skala utama dan vernier/nonius. Umumnya jangka sorong di Indonesia memakai sentimeter sebagai skala utama serta milimeter pada vernier/nonius nya.

Skala Jangka Sorong

Meskipun penggunaan skala jangka sorong pada gambar di atas hanya menunjukan bagian rahang bawah, tapi hal itu juga berlaku jika proses mengukur dilakukan melalui rahang atas.

Baca  3 Contoh Soal Elastisitas Permintaan dan Penawaran Kelas 10

Cara Baca Soal Jangka Sorong

Selanjutnya penulis akan menjelaskan mengenai cara membaca pengukuran jangka sorong berdasarkan gambar di atas. Dimana tata cara membaca soal jangka sorong adalah melihat nilai pada ukuran utama lalu pada skala vernier dan terakhir jumlahkan hasilnya.

Jika mengacu pada contoh di atas artinya panjang ukuran benda adalah :

  • Utama : 1,1 cm
  • Vernier : 0,65 mm atau 0,065 cm
  • Panjang benda sesungguhnya : 1,165 cm

Nilai utama adalah 1,1 cm dikarenakan angka 0 pada skala vernier berada di sebelah kanan 1,1 cm. Sementara nilai vernier dari contoh gambar jangka sorong di atas adalah 0,65 dikarenakan titik bertemu skala vernier terletak antara angka 6 dan 7.

Bisa dikatakan bahwa titik terpenting dalam membaca hasil ukur jangka sorong adalah melihat dengan teliti titik skala vernier yang benar-benar bertemu secara sejajar dengan ukuran utama.

Contoh Soal Jangka Sorong

Agar kamu lebih mudah dalam mempelajari ilmu jangka sorong, maka selain penjelasan di atas penulis akan memberi beberapa contoh persoalan jangka sorong lainnya. Dimana contoh soal jangka sorong di bawah ini juga dilengkapi jawaban tiap soalnya.

Contoh Soal (1)

Contoh Soal Jangka Sorong 1

Jawaban : A. 2,76 cm

Advertisements

Contoh Soal (2)

image 26

Jawaban : E. 2,28 cm

Contoh Soal (3)

Contoh Soal Jangka Sorong 3 V2

Jawaban : A. 4,17 cm

Contoh Soal (4)

image 27

Jawaban : C. 3,37 cm

Contoh Soal (5)

image 28

Jawaban : D. 4,24 cm

Berdasarkan beberapa soal di atas bisa diketahui bahwa soal jangka sorong sangat bergantung pada satuan jangka sorong itu sendiri. Dimana untuk lebih memahami mengenai satuan besaran pokok maka kamu perlu mempelajari Contoh Soal Dimensi Fisika.

Download Contoh Soal Jangka Sorong PDF

Untuk melengkapi bahan referensi belajar fisika siswa kelas 10 SMA maupun MA mengenai jangka sorong, di sini penulis akan memberikan file PDF berisi kumpulan soal jangka sorong. File PDF soal jangka sorong di bawah ini bisa kamu download secara langsung.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar contoh soal jangka sorong beserta jawaban dan pembahasannya. Semoga ulasan di atas bisa membantu murid dalam mempelajari ilmu pengukuran melalui jangka sorong serta bagi guru yang hendak menyusun soal ujian.

Baca  15 Contoh Soal Dimensi Fisika Pengertian, Materi & Jawaban
Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *