Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Gelombang Berjalan Fisika Kelas 11 & Jawaban

Contoh Soal Gelombang Berjalan
Advertisements

Contoh Soal Gelombang Berjalan – membahas contoh persoalan hingga jawaban dari materi pelajaran fisika yakni terkait bab gelombang. Dimana salah satu jenis gelombang yang perlu dipelajari oleh siswa SMA kelas 11 adalah gelombang berjalan.

Pernahkah kamu menggerakkan seutas tali sedemikian rupa sehingga mengalami pergerakan mirip ombak di laut? Jika sudah maka artinya kamu sudah pernah melihat secara langsung contoh dari gelombang berjalan. Dimana nantinya soal gelombang berjalan akan memberikan contoh seperti gerakan tali itu.

Jadi apa sebenarnya gelombang berjalan? Bagaimana prinsipnya? Dan bagaimana cara mencari nilai-nilai perhitungan dalam gelombang berjalan? Untuk mampu menjawab semua pertanyaan tersebut para siswa perlu mempelajari materi serta berlatih mengerjakan contoh soal gelombang berjalan.

Advertisements

Supaya proses belajar tentang gelombang berjalan siswa kelas XI menjadi mudah, maka di kesempatan ini Kursiguru hendak membahas mengenai contoh soal gelombang berjalan beserta ringkasan pelajaran, rumus hitung dan jawaban soalnya. Silakan simak uraian berikut untuk mengetahui bentuk soal gelombang berjalan fisika.

Ringkasan Pelajaran Gelombang Berjalan

Jika ingin memahami cara menghitung maupun mengerjakan soalnya, para murid wajib memahami lebih dulu tentang isi pelajaran fisika gelombang berjalan. Oleh sebab itu, kali ini penulis hendak membahas ringkasan materi gelombang berjalan.

Konsep Dasar Gelombang Berjalan

Pertama-tama mari membahas mengenai konsep dasar gelombang berjalan. Dimana gelombang berjalan mempunyai pengertian sebagai sebuah gelombang transversal dengan nilai amplitudo serta fase sama di semua titik gelombang. Atau boleh dikatakan bahwa gelombang berjalan adalah gelombang harmonis dengan besaran amplitudo tetap.

Baca  12 Contoh Soal Dilatasi Waktu : Rumus & Jawabannya PDF

Ketetapan nilai amplitudo itu menjadikan gelombang berjalan berbeda dengan gelombang stasioner. Karena nantinya siswa kelas 11 juga perlu mempelajari tentang gelombang stasioner, maka simaklah juga uraian lengkap Contoh Soal Gelombang Stasioner.

Percobaan paling sederhana untuk mendapatkan contoh gelombang berjalan adalah menggerakkan tali yang telah diikat di salah satu ujungnya. Kemudian gerakan tali ke atas dan bawah, lalu nantinya akan muncul gelombang berjalan pada gerak tali tersebut.

Sebagai sebuah jenis gelombang fisika, gelombang berjalan tentunya tidak hanya memiliki amplitudo namun berbagai hal lain seperti frekuensi, simpangan, kecepatan rambat gelombang, percepatan gelombang hingga fase gelombang. Selain memiliki banyak variabel, gelombang berjalan juga memiliki banyak sifat.

Sifat Fisika Gelombang Berjalan

Seperti sudah disinggung di atas bahwa gelombang berjalan mempunyai lebih dari satu sifat. Dimana sifat gelombang berjalan umumnya dituliskan sebagai berikut.

  1. Sifat Refraksi : arah perambatan gelombang berjalan bergeser karena adanya perbedaan kerapatan 2 (dua) medium yang dilewatinya.
  2. Sifat Difraksi : gelombang berjalan bisa dibelokkan arah rambatnya.
  3. Sifat Refleksi : gelombang berjalan bisa dipantulkan sehingga arah rambatnya berubah dari x ke -x atau sebaliknya.
  4. Sifat Dispersi : bentuk gelombang berjalan dapat berubah tergantung media perambatan gelombang.
  5. Sifat Interferensi : gelombang berjalan bisa menjadi lebih kuat apabila berpadu dengan gelombang lain dengan fase sama.
  6. Sifat Polarisasi : gelombang berjalan dapat diserap oleh medium perambatannya.

Berbagai sifat gelombang tersebut muncul dikarenakan gelombang berjalan membutuhkan media ketika merambat. Beberapa sifat gelombang berjalan berbeda dengan Gelombang Elektromagnetik karena gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan media untuk merambat.

Rumus Soal Gelombang Berjalan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa gelombang berjalan memiliki berbagai rumus. Dimana rumus nantinya dipakai untuk mengerjakan soal soal terkait materi gelombang berjalan. Berikut adalah daftar rumus atau persamaan untuk mengerjakan contoh persoalan gelombang berjalan.

Rumus Soal Umum Simpangan Gelombang Berjalan

Rumus Umum Gelombang Berjalan
Advertisements

Rumus Soal Kecepatan Gelombang Berjalan

Rumus Soal Kecepatan Gelombang Berjalan

Rumus Soal Percepatan Gelombang Berjalan

Rumus Soal Percepatan Gelombang Berjalan

Rumus Soal Fase Gelombang Berjalan

Rumus Soal Fase Gelombang Berjalan

Contoh Soal Gelombang Berjalan

Selanjutnya penulis hendak memberikan contoh soal gelombang berjalan beserta jawaban serta cara mengerjakannya. Silakan simak beberapa contoh soal gelombang berjalan berikut untuk mendapatkan gambaran lengkap terkait cara mengerjakan soal gelombang berjalan.

Baca  15 Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 Semester 2 K13 & Jawabannya PDF

Contoh Soal (1)

Contoh Soal Gelombang Berjalan 1

Jawaban :

Ubahlah bentuk persamaan gelombang sehingga menjadi y = 10 sin(πx-4πt)
Kemudian diketahui bahwa ω=4π serta k=π,
sehingga nilai frekuensinya adalah f=ω/2π=4π/2π= 2 Hz
sedangkan panjang gelombangnya λ=2π/k=2π/π= 2 m
maka
v = λ*f = 2*2 = 4 m/s

Contoh Soal (2)

Contoh Soal Gelombang Berjalan 2

Jawaban :

Informasi dalam soal berisi f = 500 Hz; v = 300 m/s & Δθ = 60
Kemudian bisa diketahui besarnya panjang gelombang λ = v/f = 300/500 = 0,6 m
Karena Δφ = Δx/λ, maka
Δx = φ*λ
Δx = (Δθ/2π)*(0,6) = (60/360)*(0,6) = 0,1 m

Contoh Soal (3)

Contoh Soal Ketiga

Jawaban :

Ubahlah bentuk persamaan gelombang sehingga menjadi y = 10 sin(10πt-(π/25)x)
Kemudian diketahui bahwa ω=10π serta k=π/25,
sehingga frekuensinya f=ω/2π=10π/2π= 5 Hz
serta panjang gelombang λ=2π/k=2π/(π/25)= 50 cm
maka
v = λ*f = 50*5 = 2,5 m/s

Contoh Soal (4)

Contoh Soal Keempat

Jawaban :

Ubahlah bentuk persamaan gelombang berjalan menjadi y = 0,02 sin (4πt-πx)
Sehingga nilai di titik dicari bisa langsung dimasukkan
y = 0,02 sin (4π*1 – 5π)
y = 0,02 sin (-π) = 0,02*0 = 0 cm

Contoh Soal (5)

Untitled 10

Jawaban :

Ubahlah bentuk persamaan gelombang sehingga menjadi y = 20 sin(100πt-50πx)
Kemudian diketahui bahwa ω=4π serta k=π, sehingga
frekuensi gelombang berjalan itu f=ω/2π=100π/2π= 50 Hz
sementara panjang gelombangnya λ=2π/k=2π/50π=1/25 m
maka
v = λ*f = (1/25)*50 = 2 m/s

Download Contoh Soal Latihan Gelombang Berjalan Fisika Kelas 11 PDF

Sebelum mengakhiri pembahasan, penulis juga ingin membagikan file berisi soal latihan terkait materi gelombang berjalan. Dimana kamu bisa mendownload file PDF contoh soal latihan gelombang berjalan dengan cara menekan tombol unduh.

Akhir Kata

Demikian uraian Kursiguru mengenai contoh soal gelombang berjalan fisika kelas XI SMA yang telah disertai ringkasan materi, jawaban soal serta file PDF siap download. Semoga dengan adanya bahasan contoh soal gelombang berjalan di atas membuat siswa kelas 11 jurusan IPA menjadi semakin mudah belajar tentang fisika.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.