Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 50 Contoh Soal Cerita KPK dan FPB : Pembahasan & Download 2021

Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Contoh Soal Cerita KPK dan FPB adalah bagian dari ilmu dasar tentang hitungan matematika. Dimana KPK dan FPB penting dipelajari, karena bisa serta akan diterapkan pada berbagai bidang ilmu pengetahuan lanjutan. Oleh karena itu, memahami soal KPK FPB sedini mungkin sangatlah baik.

KPK dan FPB merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Karena meskipun berbeda, keduanya memiliki hubungan erat. Karena saat kamu mengerjakan contoh soalnya, secara tidak langsung akan memakai KPK dan FPB sekaligus.

Sedikit cerita, dulu pembahasan soal KPK dan FPB hanya menggunakan angka saja sehingga murid lebih cenderung menghafalnya. Hal itu tidaklah buruk, tapi efeknya adalah kesulitan saat mengerjakan soal berangka besar. Namun semakin kesini semakin banyak guru memakai bentuk soal cerita untuk mengajarkannya.

Pada artikel ini kursiguru akan membahas tuntas mengenai cara agar mudah memahami serta mengerjakan soal KPK dan FPB dalam bentuk cerita. Pada akhir pembahasan kursiguru juga akan memberikan contoh soal KPK dan FPB untuk kamu pakai belajar mandiri.

Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Sebelum membahas seputar contoh soalnya, di sini kursiguru akan memberikan penjelasan mengenai materi KPK dan FPB terlebih dulu.

Pengertian KPK dan FPB

KPK adalah singkatan dari kelipatan persekutuan kecil, artinya dua buah angka/bilangan berbeda pasti punya kelipatan yang sama-sama bisa dibagi kedua bilangan itu. Untuk FPB (faktor persekutuan besar) sendiri bisa dipahami sebagai sebuah bilangan terbesar yang bisa sekaligus membagi dua angka berbeda.

Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Tapi sebelum mengerjakan soal-soal dari kursiguru di bawah ini, pastikan kamu sudah paham bilangan serta faktor prima (prime number) terlebih dulu ya.

Soal Cerita KPK (1)

Cerita pertama datang dari Klee dan Qiqi yang sama-sama menyukai olahraga renang. Dimana Klee selalu berenang di tanggal kelipan 4 setiap bulannya, sedangkan Qiqi di tanggal berkelipatan 5. Jadi tanggal berapakah Klee & Qiqi berenang bersama?

Klee : 4 = 2×2.

Qiqi : 5 (prima).

Karena tidak ada nilai sama dari angka Klee & Qiqi, maka semua faktornya dipakai dalam perhitungan. Sehingga Klee & Qiqi akan berenang bersama pada tanggal = 2×2×5 = 20 tiap bulannya.

Soal Cerita KPK (2)

Cerita selanjutnya datang dari Adam & Levine. Mereka berdua mempunyai hobi bermain layang-layang. Adam pasti bermain layang-layang setiap 10 hari sekali, sedangkan Levine tiap 25 hari. Jika Adam & Levine bermain layang-layang bersama pada tanggal 1 Maret, kapan selanjutnya mereka akan bermain bersama lagi?

Adam : 10 = 2×5.

Levine : 25 = 5² atau 5×5.

Maka selanjutnya Adam & Levine bermain layang-layang bersama pada tanggal: 1 + (2×5×5) = 1 +50= 51 hari sesudah 1 Maret atau pada 20 April. Kenapa hanya memakai 5²? Karena mencari untuk menghitung KPK hanya perlu bilangan terbesarnya saja, jadi jika dari soal cerita di atas dipakai 5².

Soal Cerita FPB (1)

Suatu hari dalam rangka memperingati hari ulang tahun Konoha, Boruto bersama Sarada ingin membagikan hadiah kue serta coklat (satu paket) kepada beberapa teman dekatnya. Jika kuenya ada 100 sedangkan coklatnya ada 150, berapa paket yang akan dibagikan?

Kue : 100 = 2×2×5×5 atau (2²×5²).

Coklat : 150 = 2×3×5×5 atau (2×3×5²).

Untuk mengerjakan soal di atas, langsung saja ambil angka faktor yang sama-sama ada di kue & coklat tapi ambil paling nilai terkecil. Sehingga soal cerita FPB kursiguru di atas hasilnya adalah: 2×5² = 50. Jadi Boruto & Sarada akan membagikan 50 paket hadiah.

Download Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Silakan langsung download contoh soal cerita KPK serta FPB dari kursiguru melalui link di bawah ini. File contoh soal cerita KPK dan FPB downloadnya tidak perlu membayar lebih dulu (gratis).

Download Contoh Soal Cerita KPK dan FPB

Hal terpenting ketika mengjerjakan soal-soal cerita KPK & FPB adalah memahami apa yang dicari serta paham tentang faktor primanya bilangan di soal itu. Dimana cara termudah agar paham adalah sering berlatih mengerjakan soal-soal cerita KPK & FPB seperti di atas.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.