Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 12 Contoh Soal Bilangan Kuantum Kimia SMA MA Download PDF [2021]

Contoh Soal Bilangan Kuantum

Contoh Soal Bilangan Kuantum dari kursiguru akan memberikan gambaran seputar materi serta soal bilangan kuantum. Dimana bilangan kuantum merupakan bagian pengetahuan utama dari mata pelajaran kimia di sekolah menengah atas (SMA). Biasanya guru kimia akan memberikan materi dan contoh soal quantum numbers di kelas 11 SMA atau MA.

Seiringan dengan perkembangan ilmu seputar atom, muncul sebuah teori mengenai bagaimana sebuah elektron mengelilingi inti atomnya. Teori ini juga memberikan gambaran prediksi posisi elektron tersebut. Teori yang dikemukakan oleh Erwin Schrödinger ini kemudian lebih dikenal sebagai teori atom mekanika kuantum.

Sedikit kisah seputar Erwin Schrödinger adalah seorang fisikawan yang namanya sering disebut dalam paradoks keberadaan kucing, yaitu kucing Schrödinger (Schrödinger’s cat). Ya, paradoks (eksperimen pikiran) ini adalah contoh yang sering digunakan seseorang ketika akan menjelaskan bagaimana sebenarnya mekanika kuantum bekerja.

Tapi tenang, kamu tak perlu pusing memikirkan eksperimen pikiran kucing di atas. Karena pada mata pelajaran kimia di sekolah, hal itu tak akan ditanyakan dalam ujian. Kembali ke poin utama, kali ini Kursiguru akan menjelaskan wawasan terkait bilangan kuantum untuk siswa SMA/MA kelas 11.

Contoh Soal Bilangan Kuantum : Azimuth, Utama, Magnetik, Spin

Seperti ketika membahas CONTOH SOAL KONFIGURASI ELEKTRON, pertama akan dibahas terlebih dahulu materi soal bilangan kuantum. Simaklah penjelasan bilangan kuantum dari kursiguru di bawah ini.

Pengertian Bilangan Kuantum

Quantum numbers atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi bilangan kuantum merupakan penulisan dari letak atau posisi kedudukan elektron sebuah atom. Bilangan kuantum sendiri memakai nilai dalam penulisannya, dimana nilai itu menggambarkan kuantitas elektron yang tak berubah (kekal) tapi berada di tengah sistem dinamis.

Baca  √ 4 Contoh Soal Anggaran Piutang : Deskripsi & Pembahasannya [2021]

Jika berbicara soal bilangan kuantum atom, maka kamu akan menemui beberapa istilah seperti Azimut serta Spin. Ya, itu adalah contoh penamaan dari bagian kuantum. Karena bilangan kuantum sendiri terbagi dalam 4 jenis, yaitu:

1. Bilangan Kuantum Utama

Agar sesuai dengan urutannya, pertama mari bahas seputar bilangan kuantum utama (BKU). Bilangan kuantum utama merupakan penulisan singkat dari tingkat energi orbital (jumlah kulit atom) sebuah unsur. Bilangan ini disimbolkan dengan huruf (n). Jadi apabila menemukannya dalam contoh soal, kamu sudah harus mengerti kalau itu adalah simbol kuantum utama.

BKU memakai bilangan bulat positif (1, 2, 3, dan seterusnya) sebagai ketentuan penulisan tingkat energi orbitalnya. Secara sederhana, bisa dikatakan bahwa semakin tinggi nilai (n) sebuah unsur maka makin banyak pula kulit atomnya.

2. Bilangan Kuantum Azimuth

Sudah tak asing lagi dengan kata azimuth/azimut? Ya, kata itu pasti sudah pernah kamu dengar ketika mengikuti acara pramuka. Azimut menunjukan informasi terkait sudut. Dimana bilangan kuantum azimut (BKA) adalah gambaran informasi momentum sudut elektron. Secara sederhana bisa diartikan jika BKA menggambarkan bentuk orbital.

BKA sendiri mempunyai simbol (l) yang nilainya ditentukan dari sub-kulit terluar orbital. Dimana ketentuannya:

  • Subkulit paling luar s, (l) = 0.
  • Subkulit paling luar p, (l) = 1.
  • Subkulit paling luar d, (l) = 2.
  • Subkulit paling luar f, (l) = 3.

3. Bilangan Kuantum Magnetik

Setelah mengetahui kedua bilangan kuantum diatas, selanjutnya kamu akan mempelajari tentang bilangan kuantum magnetik (BKM). Dimana BKM memberi info mengenai jumlah slot dalam sebuah sub kulit yang bisa diisi oleh elektron. BKM bersimbol (m), nilainya bergantung pada posisi elektron terluar. Ketentuan bilangan kuantum magnetik dari tiga kulit pertama adalah sebagai berikut.

Baca  √ 10 Contoh Soal Konfigurasi Elektron Kimia Kelas 10 SMA/MA [2021]

Bilangan Kuantum Tiga Kulit Awal

4. Bilangan Kuantum Spin

Tak seperti tiga bilangan kuantum di atas, bilangan kuantum spin hanya memiliki 2 (dua) jenis nilai yaitu +1/2 atau -1/2. Bilangan kuantum spin atau BKS bisa kamu ketahui nilainya setelah memasukkan semua elektron kulit terakhir ke dalam slot magnetik BKM. Simbol dari bilangan kuantum spin sendiri adalah (s). Agar mudah dalam memahami BKS serta bilangan kuantum lainnya, langsung saja simak contoh soal dan pembahasan bilangan kuantum di bawah ini.

Contoh dan Pembahasan Soal Bilangan Kuantum

Berikut ini adalah beberapa contoh soal bilangan kuantum dari kursiguru, simaklah secara seksama contoh soalnya jika ingin benar-benar paham materi bilangan kuantum.

Contoh Soal Bilangan Kuantum Geranium

Contoh soal di atas termasuk ke dalam contoh soal bilangan kuantum sederhana, karena unsurnya masih pada kondisi netral (tidak kelebihan atau kekurangan elektron). Di bawah ini adalah contoh soal bilangan kuantum unsur tak netral.

Contoh Soal Kuantum Lanjutan 1

Download Contoh Soal Quantum Numbers

Untuk memenuhi kebutuhan soal latihan bilangan kuantum mu, di sini kursiguru juga akan membagikan contohnya secara gratis. Contoh soal bilangan kuantum atau quantum numbers bisa langsung kamu download lewat link berikut ini.

Download Contoh Soal Bilangan Kuantum Kimia SMA [PDF]

Sekiranya itulah pembahasan terkait materi bilangan kuantum mapel kimia dari kursiguru. Isi file soal di atas bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar mandiri atau diskusi bersama teman sekelas. Ingatlah untuk tetap fokus ketika mengerjakan soal-soal bilangan kuantum, karena terkadang hal sepele bisa menjebakmu ke jawaban yang salah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *