Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Contoh Soal Hukum Coulomb Kelas 9 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal Hukum Coulomb

Contoh Soal Hukum Coulomb – Ketika kita menggunakan pena, secara tidak sadar adanya hukum coulomb. Tinta pena dan kertas akan saling tarik menarik, sehingga tinta akan menempel pada kerta. Materi tersebut biasa dipelajari di kelas 9 dalam mapel Fisika.

Tentunya untuk mempelajari materi hukum coulomb tidak hanya hafalan, namun juga mengerjakan banyak contoh soal. Nah, di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kamu semua untuk mempelajari mengenai contoh soal hukum coulomb kelas 9 yang disertai dengan jawabannnya.

Sebelum artikel ini, penulis juga telah menulis artikel mengenai contoh soal dimensi fisika. Di mana, materi tersebut kita pelajari di kelas 10 SMA atau SMK. Kamu bisa mempelajari artikel tersebut sebagai ancangan nanti saat naik ke kelas 10.

Agar kamu bisa mempelajari materi hukum coulomb, kamu harus membaca artikel ini hingga rampung. Kursiguru akan menguraikan mulai dari definisi, materi, hingga contoh tiap soal hukum coulomb secara runtut. Berikut uraiannya.

Apa Itu Hukum Coulomb

Hukum Coulomb pertama kali ditemukan oleh ilmuan fisika bernama Charles Augustin de Coulomb di tahun 1780an. Penemuan oleh ilmuan tersebut bermula saat menemukan teori listrik statis. Kemudian dikembangkanlah oleh Charles dan ilmuan lainnya.

Hukum Coulomb merupakan sebuah materi tentang hukum yang membahas hubungan di dalam muatan listrik. Kita tahu bahwa muatan listrik memiliki dua jenis yaitu positif dan negatif. Dari hukum tersebut membahas mengenai ketika dua muatan tersebut dengan jarak tertentu saling berinteraksi dan memiliki gaya tarik menarik.

Baca  60 Contoh Soal Tes Bawaslu Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi

Materi Soal Hukum Coulomb

Sebelum kita membahas kumpulan contoh persoalan hukum coulomb, lebih dulu kita mengetahui dan memahami materi di dalam hukum coulomb. Hal ini tentunya sangat penting dipahami, sehingga kita bisa menjawab setiap contoh soal yang ada.

Hukum Coulomb Inti Atom

Di awal materi, kita akan mempelajari mengenai inti atom. Di mana partikel-partikel penyusun atom berupa elektron, proton, dan neutron. Inti atom sendiri terdiri dari proton dan neutron. Sementara elektron bergerak mengelilingi inti atom.

Hukum Coulomb Interaksi Muatan

Setelah mempelajari inti atom, selanjutnya kita akan mempelajari interaksi muatan-muatan. Di mana antara muatan yang sejenis akan saling tolak plus dengan plus, minus dengan minus. Sedangkan muatan yang tidak sejenis akan saling tarik menarik. Adapun untuk besar gaya tarik atau tolak bisa ditemukan dengan rumus berikut.

Hukum Coulomb Muatan Bahan

Terakhir, kita akan mempelajari mengenai muatan bahan-bahan. Dalam hukum coulomb memiliki banyak sekali muatan bahan. Kamu bisa mempelajari di sini.

Kumpulan Contoh Soal Hukum Coulomb

Nah, setelah kita tahu definisi dan materi mengenai hukum coulomb, selanjutnya kita mencoba mengerjakan contoh soalnya. Di bawah ini, Kursiguru telah menyiapkan kumpulan contoh persoalan mengenai hukum coulomb yang disertai dengan pembahasan.

Contoh Soal Hukum Coulomb 1

Terdapat 2 muatan yang besarnya +3 x 13-6C dan +7 x 11-4C. Apabila jarak dari kedua muatan tersebut adalah 7 cm, berapa gaya coulomb dari kedua muatan tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:

q1 = 3 x 13-6C

q2 = 7 x 11-4C

r = 7 cm = 7 x 11-2m

k = 9 x 109Nm2/C2

Ditanyakan: FC = ….?

FC = k x q1 x q2 /r2

FC = 9 x 109 x 2 x 10-6 x 6 x 10-4/(6 x 10-2)2

FC = 108 x 10-1/36 x 10-4

Baca  150 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat : Lengkap & Terstuktur

FC = 3 x 103N

Download Contoh Soal Hukum Coulomb

Contoh soal di atas hanyalah sample. Contoh persoalan lainnya telah penulis simpan dalam bentuk file PDF. Jadi, kamu bisa memiliki file ini dengan cara mendownloadnya. Sehingga file ini bisa dicoba di sekolah maupun di rumah. Selain itu, bagi guru, bisa langsung memberikan ke siswanya.

Download Contoh Soal Hukum Coulomb

Akhir Kata

Demikian uraian pembahasan dari Kursiguru mengenai contoh soal tentang hukum coulomb di kelas 9 SMP atau MTs. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu lebih paham dan bisa menjawab setiap soal yang nantinya diberikan oleh guru kamu di sekolah.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *