Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

80+ Contoh Soal ANBK 2022 Beserta Jawabannya, Format PDF

contoh soal anbk

Contoh Soal ANBK – Mengajak kembali kepada kalian untuk membahas kumpulan soal. Pada kesempatan kali ini, pembahasan soal mengenai soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau sering disingkat dengan ANBK. Pembahasan soal ini akan berguna sekali untuk kalian yang sedang duduk di kelas 5, 8, dan 11.

Artikel ini akan membantu kalian untuk bisa menyelesaikan soal ANBK dengan mudah. Maka dari itu, kalian perlu kumpulan contoh soal ini untuk bahan belajar di sekolah maupun di rumah.

Pada artikel ini, Kursiguru telah benar-benar mempertimbangkannya dengan cermat. Hal itu dikarenakan, contoh soal ANBK ini sangat dicari oleh para peserta didik maupun guru. Mulai dari tahun ini sampai tahun ke depan, ANBK telah diputuskan menjadi program pemerintah sebagai pengukuran mutu pendidikan di Indonesia.

Sebelumnya, penulis telah membahas mengenai Apa Itu ANBK. Tentunya teman Kursiguru sudah membacanya dan sudah memahami secara betul apa itu ANBK. Nah, berikut ini Kursiguru akan mengajak kalian membahas mengenai contoh soal ANBK.

Materi Soal ANBK

Sebelum kita beranjak pada kumpulan soal, kita kembali mengulas apa saja materi yang ada di dalam soal-soal ANBK. Supaya kita lebih memahami dan lebih yakin dalam mengerjakan soal ANBK. Materi yang diujikan dalam ANBK terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan. Berikut ulasannya.

AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

AKM merupakan materi pertama yang diujikan pada penyelenggaraan tes UNBK. Materi ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Ada dua komponen materi dalam AKM yaitu literasi membaca dan numerasi.

promo

Survei Karakter

Survei karakter menjadi materi kedua dalam soal tes UNBK. Survei ini ditujukan guna bisa mengukur hasil nonkognitif dimiliki oleh peserta didik. Materi yang diujikan mulai dari sikap, nilai-nilai, dan kebiasaan.

Baca  9 Contoh Soal AKM Kelas 11 SMA Literasi Fiksi & Informasi

Survei Lingkungan

Materi terakhir yang diujikan dalam ANBK adalah survei lingkungan. Materi ini menjadi poin penting guna mengetahui bagaimana kondisi lingkungan di sekolah. Hal ini akan dinilai oleh peserta didik yang sudah merasakan kondisi sekolah. Kondisi sekolah meliputi toleransi, inklusivitas, keamanan sekolah, dan proses belajar mengajar di kelas.

Bentuk Soal ANBK

Selanjutnya kita membahas bentuk soal yang ada pada soal-soal ANBK. Tentunya tidak hanya satu bentuk soal, melainkan bervariasi bentuk soalnya seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, jawaban singkat, menjodohkan, dan uraian. Lebih jelasnya kita bahas satu persatu.

Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda merupakan soal memiliki beberapa pilihan jawaban. Dalam proses pengerjaan tes, peserta tes diminta untuk memilih satu jawaban yang dianggap paling tepat. Jumlah jawabannya biasanya disesuaikan dengan jenjang pendidikan.

Pilihan Ganda Kompleks

Berbeda dengan pilihan ganda, pilihan ganda merupakan salah satu bentuk soal yang memiliki pokok soal dan beberapa pernyataan. Peserta bisa memilih atau merespon dari pernyataan soal. Jawaban yang dipilih harus berada satu kesatuan dengan pernyaatan soal. Ada dua jenis soal pilihan ganda kompleks, pertama peserta tes menentukan kolom yang sudah disedikan pernyataan-pernyataan dan peserta tes memilih kolom yang berisi ya/tidak.

Menjodohkan

Bentuk soal lainnya dalam soal ANBK adalah menjodohkan. Peserta tes bisa menyamakan atau mencocokan antara dua pernyataan yang sudah disediakan. Biasanya ada dua kolom yang berisi beberapa pernyataan.

Jawaban Singkat

Jawaban singkat merupakan bentuk soal yang berisi pertanyaan dan harus dijawab singkat oleh peserta tes. Jawaban bisa berupa kata, angka, atau simbol.

Uraian

Soal bentuk uraian merupakan bentuk soal yang meminta peserta tes harus bisa memberi jawaban dengan uraian beberapa susunan kalimat. Jawaban harus berupa gagasan dari peserta yang bisa diterima oleh akal pikir manusia.

Kumpulan Contoh Soal ANBK

Setelah kita mengulas banyak hal, kita saatnya mengulas contoh soal ANBK. Contoh soal disesuaikan dengan materi dan bentuk soal sudah dijabarkan di paragraf sebelumnya. Berikut pembahasan contoh soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Contoh Soal ANBK (1)

Menurut Pak Bayu, mengapa kita harus memotong kuku kita?
Tentukan jawaban menurutmu paling tepat dengan menandai tanda silang.
Jawaban benar lebih dari satu.
a. Menghilangkan kotoran
b. Menghilangkan bau kuku kita
c. Melindungi kecantikan atau ketampanan kita
d. Menghilangkan kuman pada kuku kita
Jawaban: a dan d

Baca  20 Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 : Kunci Jawaban

Contoh Soal ANBK (2)

Bandingilah perilaku tokoh Aku dan Ibu dalam situasi pada cerita tersebut!

Beri jawaban dengan memberi tanda centang pada kolom yang tersedia

PernyataanAkuIbu
Tokoh yang peduli lingkungan
Tokoh yang memiliki ide ketika ada masalah
Tokoh yang menggerakan pemuda di lingkungan
Tokoh yang kecewa jika dapur berantakan

Jawaban

PernyataanAkuIbu
Tokoh yang peduli lingkunganv
Tokoh yang memiliki ide ketika ada masalahv
Tokoh yang menggerakan pemuda di lingkunganv
Tokoh yang kecewa jika dapur berantakanv

Contoh Soal ANBK (3)

Pak Sabar memiliki sebidang tanah di dekat desa. Pak Sabar memanfaatkan tanahnya untuk berternak kambing. Namun pada kemudian hari ternyata bau kotoran kambing Pak Sabar mengganggu masyarakat di desa. Masyarakat melakukan protes ke Pak Sabar karena mencemari udara di desa.
Tindakan apa yang harus dilakukan oleh Pak Dedi adalah…
a. Bermusyarah untuk menyelesaikan masalah
b. Mengubur kotoran setiap hari
c. Mengurangi jumlah kambing
d. Mengundang pengacara untuk bisa melawan warga
Jawaban: a

Contoh Soal ANBK (4)

Bagas adalah siswa SMP.  Suatu saat berangkat sekolah, Bagas bangun kesiangan, tapi Bagas tidak ingin terlambat.  Kebetulan di rumahnya ada kendaraan milik ibunya.

Apa yang seharusnya dilakukan Bagas?

Jawaban : Meminta diantar oleh ibunya, karena Bagas belum cukup umur untuk mengendarai motor ibunya.

Contoh Soal ANBK (5)

Ryan adalah ketua PMR sekaligus ketua panitia pentas seni yang bertema budaya daerah.  Namun ada teman panitia yang menginginkan pentas seni bertema budaya arab.

Apa yang harus dilakukan Ryan agar kegiatan tetap berjalan?

Jawabannya : Memusyawarahkan dengan semua panitia soal dua pendapat tersebut. Jika memang harus bertema Arab, maka tetap dikolaborasikan dengan budaya daerah. Karena budaya daerah menjadi identitas bangsa Indonesia.

Download Soal ANBK PDF

Terakhir, Kursiguru telah menyediakan kumpulan soal ANBK berbentuk file PDF. Tentunya file soal ini bisa kalian download dengan mudah dan gratis. Silakan download dengan cara yang betul agar kalian bisa memilikinya untuk bahan belajar di sekolah maupun di rumah.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai contoh soal ANBK. Sekiranya dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal-soal yang sebenarnya.

Sumber Gambar : Kemdikbud.go.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *