Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

3 Contoh Soal AKM SMA Terbaru Lengkap 2021 Download [PDF]

Contoh Soal AKM SMA Terbaru

Contoh soal AKM SMA Terbaru ini sudah sesuai dengan materi yang dicontohkan oleh Kemendikbud. Dimana berisi 3 (tiga) jenis literasi yang berbeda-beda. Nantinya penggunaan AKM sebagai pengganti Ujian Nasional akan dilakukan mulai tahun depan.

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai Ujian Nasional (UN) dapat disimpulkan bahwa hingga sekarang ini materi yang digunakan dalam tes tersebut dinilai terlalu padat. Hal ini menyebabkan guru dan peserta didik tidak menguasai kompetensi penalaran, melainkan hanya menguasai kontennya saja. Dengan demikian UN yang harusnya berfungsi sebagai pemetaan mutu pendidikan di tingkat nasional berubah menjadi indikator keberhasilan peserta didik dalam menempuh proses pembelajaran. UN juga tidak menilai keberhasilan peserta didik dalam membangun karakternya disekolah.

Dalam rangka mengatasi hal tersebut Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan bahwa penyelenggaraan UN akan berakhir pada tahun ini, dan untuk kedepannya ujian akan dilakukan dengan menggunakan tes AKM dan Survei Karakter.

Asesmen Kompetensi Minimal

Asesmen Kompetensi Minimal atau yang disingkat sebagai AKM ini adalah sejenis soal yang akan digunakan untuk menggantikan UN. Soal-soal yang ada di AKM ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu, kemampuan bernalar menggunakan matematika, kemampuan bernalar menggunakan bahasa, dan penguatan pendidikan karakter. Ujian menggunakan soal tersebut akan dilakukan pada peserta didik yang berada pada jenjang sekolah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Pada masing-masing jenjang tersebut ujian AKM akan dilakukan pada siswa kelas 4 untuk SD, kelas 8 untuk SMP, dan kelas 11 untuk SMA.

Penylenggaraan tes AKM pada pertengahan jenjang sekolah tersebut dilakukan dengan harapan mampu mendorong guru dan sekolah dalam memperbaiki kualitas pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik masing-masing. Penyelenggaraan tes tersebut dilaksanakan sejak siswa menduduki jenjang SD dimaksudkan agar proses pendeteksian mutu pendidikan dilakukan sedini mungkin. Hasil dari tes juga tidak lagi digunakan sebagai dasar seleksi penerimaan siswa ke jenjang selanjutnya.

Survei Karakter

Survei karakter ditambahkan sebagai salah satu penilaian di sekolah. Survei ini akan menilai penerapan asas-asas Pancasila pada sistem pendidikan di Indonesia. Survei karakter akan meliputi data kognitif dan non-kognitif. Untuk data non-kognitif sendiri meliputi banyak hal termasuk kebahagiaan siswa di sekolah, penerapan gotong royong, hingga hal-hal seperti ada tidaknya perilaku bully di sekolah. Hasil dari survei tesebut akan digunakan sekolah dan Kemendikbud dalam membangun lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi siswa.

Contoh Soal AKM SMA Terbaru

Dengan akan digunakannya sistem asesmen AKM tersebut maka guru di setiap jenjang pendidikan wajib memiliki contoh soal asesmen yang ada. Jika anda adalah salah satu guru di jenjang SMA/MA ataupun SMK anda tidak perlu bingung dalam mencari soal AKM untuk kelas 11 karena Kursiguru telah menyediakan contohnya dalam bentuk file PDF. Dalam contoh soal yang kami sediakan terdapat 3 jenis soal literasi yaitu, kemampuan literasi membaca, kemampuan  literasi numerik, dan kemampuan literasi sains. Anda dapat mendownload file tersebut secara langsung melalui link berikut ini.

Download Soal AKM SMA Terbaru [PDF]

Soal-soal yang terdapat pada file tersebut telah sesuai dengan standar Kemendikbud sehingga dapat langsung anda gunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Untuk memudahkan anda, file yang kami sediakan tersebut sudah dalam bentuk PDF sehingga dapat anda cetak langsung menggunakan printer biasa.

Demikian, di atas adalah contoh soal AKM yang dapat Kursiguru bagikan kepada anda, semoga bermanfaat. Terimakasih dan Selamat Mengajar.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *