Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

50 Contoh Soal AKG Terbaru 2020 : Download PDF & Pembahasan

Contoh Soal AKG

Contoh Soal AKG – atau Asesmen Kompetensi Guru merupakan sebuah program peningkatan kualitas guru, terutama guru madrasah. Dalam hal ini termasuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Setelah sebelumnya Kemendikbud melaksanakan sebuah program asesmen untuk para siswa dengan wujud AKM, Kemenag mengikutinya dengan membuat asesmen untuk guru. Dimana asesmen untuk guru dinamakan sebagai Asesmen Kompetensi Guru atau AKG.

AKG disusun Kemenag menggunakan dasar teknologi dan sistem informasi atau TSI. Dalam pelaksanaannya, soal AKG akan dibentuk soal analisis kasus. Kasus disini diambil dari contoh-contoh kejadian di sekolah atau contoh gambaran sebuah kondisi hasil pembelajaran.

Karena alasan itulah, semua guru madrasah dihimbau untuk mulai mempelajari contoh soal analisis tersebut. Oleh sebab itu, disini Kursiguru menyediakan soal AKG yang bisa kamu gunakan untuk belajar. Selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Contoh Soal AKG MI, MTs & MA Terbaru

Meskipun AKG dicanangkan oleh pihak Kemenag, namun dalam pembuatannya diserahkan kepada Ditjen Pendidikan Islam. Selain AKG, program ini dibuat bersamaan dengan AKK dan AKP. AKK untuk Kepala Madrasah, sedangkan AKP untuk Pengawas.

Penjelasan AKG

Jika kamu akan melakukan pencarian di internet jangan menuliskan AKG, karena istilah AKG sudah terlebih dahulu digunakan dalam dunia kesehatan. Karena meskipun sama-sama disingkat sebagai AKG keduanya mempunyai kepanjangan yang berbeda. AKG kesehatan adalah Angka Kecukupan Gizi, sedangkan yang kamu butuhkan adalah informasi seputar Asesmen Kompetensi Guru.

Jadi apa itu AKG dalam dunia pendidikan? AKG merupakan sebuah program kelanjutan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) madrasah untuk tenaga pendidik (guru). Isi materi AKG diorientasikan pada guru serta peserta didik. Kenapa isi materi juga meliputi peserta didik? Bukan berarti AKG akan diujikan ke peserta didik, melainkan dilakukan agar guru memahami betul akan hasil pembelajaran terhadap muridnya.

Soal AKG

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa soal AKG akan mengangkat materi terkait guru dan murid. Contoh materi dalam soal-soal AKG mengangkat informasi seputar:

  • Perkembangan Kognitif.
  • Perkembangan Sosial-Emosional.
  • Perkembangan Moral.
  • Kesulitan Belajar.
  • Teori Belajar.
  • Dan lain sebagainya.

Selain soal untuk guru, di sini juga akan tersedia contoh soal AKK yang ditujukan kepada kepala madrasah. Meskipun agak berbeda dari AKG, namun AKK juga penting untuk diketahui.

Download Contoh Soal AKG & AKK

Setelah membahas mengenai apa itu AKG beserta gambaran tentang materinya, pada kesempatan kali ini kursiguru.com juga akan memberikan contoh soal AKG. Disini contoh soal asesmen guru akan diberikan dalam bentuk file PDF. Sama seperti CONTOH SOAL AKM, karena bentuk file contoh soalnya berupa PDF kamu bisa mencetak secara langsung menggunakan printer seperti biasa.

Kursiguru.com akan membagikan 2 (dua) buah file PDF soal AKG yang bisa didownload tanpa biaya atau gratis. Silakan langsung download/unduh file contoh soal Asesmen Kompetensi Guru pada link di bawah ini.

Download Contoh Soal AKG PDF

Download Contoh Soal AKG PDF – 1

Download Contoh Soal AKG PDF – 2

Download Contoh Soal AKK PDF

Download Contoh Soal AKK PDF

Contoh soal di atas sudah dilengkapi dengan jawaban setiap pertanyaannya, jadi kamu tidak perlu bingung mencari kunci jawaban soal tersebut.

Sekiranya itulah pembahasan mengenai contoh soal Asesmen Kompetensi Guru dan Kepala Madrasah. Contoh soal di atas disediakan secara gratis agar tidak memberatkan bagi para guru. Karena berbagi ilmu merupakan salah satu hal terbaik bagi sesama pendidik. Jangan lupa untuk mempelajari soal-soal tersebut, karena jika hanya didownload soal tersebut menjadi percuma.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.