Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Contoh Motivation Letter Beasiswa : Pengertian & Tips Membuat

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Contoh Motivation Letter Beasiswa – akan membahas mengenai langkah membuat atau menuliskan sebuah surat motivasi untuk persyaratan pendaftaran beasiswa luar negeri. Dimana pada umumnya, pihak kampus luar negeri mengharuskan calon mahasiswanya memiliki sebuah motivation letter.

Mengenyam pendidikan di luar negeri menggunakan beasiswa adalah impian banyak pelajar di Indonesia, baik jenjang S1, S2 ataupun S3. Dimana dari kebanyakan dokumen persyaratan, motivation letter merupakan salah satu berkas paling menyita waktu dalam proses mempersiapkannya.

Lamanya pembuatan motivation letter disebabkan karena sebagian besar mahasiswa dalam negeri belum mengetahui cara membuatnya serta disebabkan oleh tingkat kesulitan motivation letter itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan contoh motivation letter dari para penerima beasiswa.

Oleh karena itu, di sini Kursiguru akan mencoba menjabarkan mengenai hal-hal penting dalam menyusun motivation letter pendaftaran beasiswa dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, penulis juga akan membagikan contoh motivation letter beasiswa dari berbagai sumber.

Pengertian Motivation Letter Beasiswa

Secara luas motivation letter memiliki arti sebagai surat deskripsi motivasi diri sebagai kandidat pendaftar dalam dunia kerja, volunteer maupun beasiswa. Artinya motivation letter beasiswa adalah cara seorang pelamar beasiswa mencerminkan dirinya secara tertulis serta berisi gambaran poin-poin yang menjadikan dirimu lebih baik diantara pelamar lainnya.

Meski begitu, motivation letter harus dibuat unik serta benar-benar menggambarkan dirimu sepenuhnya tanpa melebih-lebihkan informasi. Komposisi dari motivation letter juga harus memuat seluruh komponen penting didalamnya.

Komponen Motivation Letter

Setelah mengetahui tentang apa itu motivation letter, selanjutnya kamu perlu memahami apa saja komponen surat motivasi. Dimana struktur dasar motivation letter tidak berbeda jauh dari surat sejenisnya, yakni harus memiliki pembuka, pendahuluan, isi serta penutup.

Baca  Beasiswa S2 Turki 2021 : Syarat, Fasilitas, Pendaftaran & Tips

Pembuka

Pada bagian pembuka motivation letter cukup diisi dengan data pribadi. Contoh dari data pribadi tersebut adalah:

  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Domisili
  • Status pendidikan terakhir
  • Kontak pribadi

Selain nomor telepon serta email, kamu bisa mengisi pembuka motivation letter dengan info akun media sosial seperti salah satu contoh yaitu LinkedIn. Mengapa tidak menggunakan platform seperti Instagram? Karena tujuannya adalah media yang berhubungan dengan akademik maupun pekerjaan.

Pendahuluan

Dalam motivation letter, Kursiguru lebih senang menyebut paragraf pertama sebagai pendahuluan daripada pembuka, dimana kata “pendahuluan” memberi lebih banyak makna dibandingkan kata “pembuka”. Artinya, setelah salam pembuka motivation letter harus diawali sebuah paragraf berisi contoh alasan tentang mengapa pelamar membutuhkan beasiswa tersebut. Namun alasannya haruslah relevan, konkrit, serta unik.

Isi

Isi motivation letter sendiri cukup dituliskan dalam 2 (dua) paragraf yakni berisi:

  • Penekanan bagian pendahuluan mengenai motivasi atau passion yang memberimu semangat untuk mempelajari bidang keilmuan tertentu. Di sini pelamar beasiswa bisa menjelaskan pengalaman kerja ataupun organisasi.
  • Kemudian pada paragraf berikutnya, isi motivation letter beasiswa dapat disematkan penjelasan lebih dalam mengenai efek pengalaman di atas terhadap proses kuliah di kemudian hari.

Penutup

Paragraf penutup motivation letter sendiri perlu menggambarkan harapan pelamar beasiswa serta penekanan tentang preferensi kontak yang bisa dihubungi oleh pengelola beasiswa ketika ingin memberikan kabar pada calon penerima beasiswa (awardee). Jangan lupa tuliskan juga salam penutup serta nama terang di bagian paling akhir motivation letter.

Contoh Motivation Letter Beasiswa

Berikut adalah beberapa gambar berisi contoh motivation letter beasiswa. Dimana perbedaan utama dari motivation letter beasiswa dalam serta luar negeri terletak pada bagian tata bahasa. Dengan kata lain, motivation letter beasiswa asing harus mengikuti grammar bahasa terkait.

Baca  12 Beasiswa UGM : Jenjang S1/S2/D3/D4 & Semua Jurusan [2021]

Di bawah ini adalah contoh surat motivasi yang bisa digunakan ketika akan menyusun persyaratan beasiswa pemerintah Indonesia seperti Beasiswa LPDP tujuan luar negeri.

Contoh Motivation Letter Beasiswa Luar Negeri Bahasa Inggris
Contoh Motivation Letter Beasiswa

Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa

Setelah memahami informasi dasar seputar contoh motivation letter beasiswa, selanjutnya pelajari beberapa tips dalam menyusun motivation letter. Dimana beberapa tips di bawah mampu menunjang proses penulisan motivation letter menjadi lebih baik.

  • Sesuaikan visi pribadi dengan milik kampus tujuan.
  • Buatlah motivation letter dengan penjelasan singkat, padat, dan jelas, namun terkesan memiliki alur.
  • Jangan bertele-tele dalam menceritakan pengalaman.
  • Biarkan orang lain melakukan review.
  • Jangan terburu-buru dalam mengerjakan.

Jika kamu mengikuti tips dalam proses membuat motivation letter di atas, besar kemungkinan suratmu akan siap digunakan untuk mendaftar beasiswa dari luar negeri seperti Beasiswa S2 Turki.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru mengenai contoh motivation letter beasiswa. Meskipun tidak sedang memburu beasiswa namun mempelajari motivation letter tetaplah penting karena dapat digunakan disaat lain seperti ketika melamar pekerjaan maupun menjadi sukarelawan.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *