Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Contoh Makna Struktural : Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Contoh Makna Struktural

Contoh Makna Struktural – Tidak bosan-bosannya Kursiguru kembali mengajak kalian untuk membahas materi bahasa Indonesia. Kali ini, pembahasannya adalah tentang contoh makna struktural. Materi ini tentunya tidak kalah penting dengan materi lainnya, karena di setiap tulisan terdapat makna struktural.

Makna struktural masuk dalam jenis-jenis makna kata bahasa Indonesia. Di setiap jenjang sekolah, materi tersebut selalu diajarkan kepada peserta didik. Tidak lain untuk melatih peserta didik bisa menulis dan mengerti makna setiap kata yang dibaca maupun ditulis.

Sebelumnya telah kita bahas bersama tentang kosakata emotif. Materi tersebut juga tidak jauh berbeda dengan makna struktural, karena sama-sama masuk dalam jenis-jenis makna. Kedua makna tersebut terdapat dalam setiap kata bahasa Indonesia.

Nah, bagi kamu yang sedang mempelajari materi makna struktural, artikel ini akan membantumu dalam proses belajar. Pembahasan akan meliputi pengertian, jenis, dan contoh makna struktural dalam kalimat bahasa Indonesia. Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Makna Struktural

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, struktural sendiri memiliki pengertian yaitu suatu hal yang berkenaan dengan struktur. Apabila digabungkan, maka makna struktural dalam bahasa Indonesia merupakan susunan kata yang memiliki makna dari penggunaan kata dan tata bahasanya.

Makna struktural tercipta karena adanya hubungan antar unsur bahasa satu dengan bahasa lainnya. Unsur-unsur tersebut seperti morfem, frasa, kata, klausan, dan kalimat. Selain itu bisa tercipta oleh unsur irama, tekanan, jeda, dan nada. Semua unsur tersebut harus menjadi satu sehingga bisa tercipta makna struktural dalam kalimat itu sendiri.

tisu murah
Baca  150 Contoh Soal Tes Perangkat Desa Kunci Jawaban PDF

Jenis Makna Struktural

Adapun dari makna struktural memiliki 2 jenis. Kedua jenis tersebut adalah makna gramatikal dan makna tematis. Lebih jelasnya, kita bahas satu persatu kedua jenis tersebut, di bawah ini.

Makna Gramatikal

Makna gramatikal tersusun karena adanya hubungan antar unsur-unsur gramatikal dengan satuan lebih besar. Makna gramatikal sendiri adalah sebuah makna yang harus tersusun sesuai/menurut dengan tata bahasa Indonesia.

Makna Tematis

Berbeda dengan makna gramatikal yang tersusun karena adanya susunan unsur gramatikal, makna tematis tersusun karena adanya unsur penekanan pada beberapa kata atau kalimat. Makna tematis sendiri memiliki fungsi sebagai fokus pembicaraan.

Contoh Makna Struktural

Dari semua pembahasan di atas, tentunya kalian sudah paham mengenai apa itu makna struktural. Namun, agar lebih memahamkan mengenai makna struktural, Kursiguru akan membagikan beberapa contoh makna struktural dalam kalimat bahasa Indonesia.

Contoh Makna Gramatikal

  • Andi tersipu melihat kecantikan Raya di sekolah. (ter-sipu)
  • Ayah terjatuh saat menaiki anak tangga di kantor. (ter-jatuh)
  • Ryan memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan teman kelas lainnya. (ter-tinggi)
  • Tas kerja Ayah terbawa temannya saat akan pulang kantor. (ter-bawa)
  • Adik perempuan Saya memiliki sifat keibuan sejak iya umur sepuluh tahun. (ke-ibu-an)
  • Adik selalu berpegangan kakaknya saat mengendari motor. (ber-pegang-an)
  • Maling itu berlari ke semak-semak, sehingga tidak ditemukan oleh warga. (ber-lari)
  • Andi bersedih ketika mengetahui kucing kesayangannya mati. (ber-sedih)
  • Adik sangat senang ketika dibelikan sayur-sayuran. (sayur-an)
  • Kakak tertidur pulas saat Ayah pulang kerja. (ter-tidur)

Contoh Makna Tematis

  • Adik adalah anak yang manja.
  • Sudah beberapa hari ini, Andi tidak pulang ke rumah.
  • Ayah sudah pensiun lima tahun lalu.
  • Ayo, segera masuk ke ruang kelas!
  • Di semester lalu, kakak menjadi juara lomba menggambar di sekolahnya.
  • Tolong, tutupkan jendela itu!
  • Putra masuk jurusan pertanian karena ingin mengembangkan pertanian Indonesia.
  • Surya anak petani, baru lulus kuliah.
  • Setelah pensiun, Ayah sering berkebun.
  • Judul film itu adalah tukang siomay naik haji.
Baca  85 Contoh Kata Dasar : Pengertian dan Ciri-cirinya

Download Buku Tentang Makna Struktural

Selain contoh di atas, Kursiguru juga sudah menyediakan buku yang berisi materi dan contoh dari makna struktural. Buku ini akan menjadi pegangan kamu suatu nanti ketika ada pelajaran mengenai makna struktural. Silakan download buku ini secara gampang dan gratis.

Download Buku Tentang Makna Struktural

Akhir Kata

Akhirnya kita sudah sudah membahas artikel tentang contoh makna struktural secara keseluruhan dan lengkap. Semoga adanya artikel ini bisa memberikan manfaat positif bagi generasi penerus. Selalu simak artikel dari Kursiguru agar mengetahui semua hal di dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.