Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Contoh Kalimat Tanya : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Contoh Kalimat Tanya

Contoh Kalimat Tanya – Di kehidupan sehari-hari, tentunya semua masyarakat selalu berkomunikasi. Kalimat yang digunakan pun beragam, salah satunya adalah menggunakan kalimat tanya. Salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia ini digunakan untuk mencari keinginan tahuan dari seseorang atau ingin mendapatkan informasi.

Namun masih banyak orang salah menyampaikan kalimat tanya. Seperti intonasinya, kata-kata yang digunakan, dan lain sebagainya. Agar kita bisa menyampaikan kalimat tanya, Kursiguru akan mengajak kalian semua untuk membahas tentang contoh kalimat tanya dalam bahasa Indonesia.

Sebelumnya, Kursiguru telah mengulas tentang contoh kalimat pendapat. Materi tersebut merupakan salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia juga. Apabila kamu membutuhkan artikel tersebut bisa langsung membuka dan membacanya.

Ulasan dalam artikel ini akan mengulas apa itu kalimat tanya beserta ciri-cirinya. Kemudian, akan dibahas juga contoh kalimat tanya. Selain itu, di akhir artikel juga Kursiguru akan menyediakan file buku tentang kalimat. Nantinya teman-teman bisa mendownload dan memilikinya. Berikut ulasan tentang materi hari ini.

Apa Itu Kalimat Tanya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat tanya merupakan kalimat yang memiliki intonasi dan bermakna pertanyaan. Kalimat ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang berupa informasi, pernyataan, maupun penjelasan. Kalimat tanya bisa kita temukan dalam bentuk tulisan dan lisan. Kita bisa jumpai kalimat pertanyaan di komunikasi sehari-hari.

Baca  11 Buku Materi Sejarah Kelas 11 Semester 1 K13 : Wajib & Peminatan

Ciri-ciri Kalimat Tanya

Kalimat tanya sendiri memiliki ciri-ciri. Terdapat tiga ciri untuk membedakan dengan jenis kalimat bahasa Indonesia lainnya. Berikut penjelasan dari ketiga ciri tersebut.

Memiliki Intonasi Tanya

Dalam bentuk lisan, kalimat tanya ditandai dengan adanya intonasi naik pada akhir kalimat. Hal ini memiliki arti sebagai keinginan tahuan orang yang bertanya dan mengharapkan jawaban.

Menggunakan Tanda Tanya

Kemudian, dalam bentuk tulis, kalimat tanya ditandai adanya tanya tanya (?) di akhir kalimat. Tanda tanya ini menjadi hal paling berbeda dengan jenis kalimat lainnya. Karena sesuai kaidah dalam bahasa Indonesia, tanda tanya hanya digunakan di akhir kalimat tanya.

Memiliki Rumus 5W+1H

Terakhir, kalimat tanya diidentikan dengan rumus 5W+1H. Rumus ini diambil dari materi bahasa Inggris yaitu What, Who, When, Why, Where, dan How. Dalam bahasa Indonesia diartikan Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di mana, dan Bagaimana. Penggunaan rumus ini untuk mempermudah orang bertanya.

Beberapa Contoh Kalimat Tanya

Dari penjelasan pengertian dan ciri-ciri di atas, kurang lebih kita sudah paham mengenai kalimat tanya. Di bawah ini, Kursiguru telah menulis beberapa contoh kalimat tanya. Penulisan kalimat di bawah ini disesuaikan dengan ciri-ciri di atas. Berikut beberapa contoh kalimat pertanyaan dalam bahasa Indonesia.

Contoh Kalimat Tanya Apa

  • Apa saja kegunaan dari alat ini?
  • Apa kamu sudah makan, hari ini?
  • Apakah dia memiliki kendaraan bermotor?

Contoh Kalimat Tanya Siapa

  • Siapa pencuri rumah, tadi malam?
  • Siapa saja koruptor dana bansos, kemarin?
  • Siapa nama Presiden RI?
  • Siapa nama guru bahasa Indonesia di sekolahmu?

Contoh Kalimat Tanya Kapan

  • Kapan kamu pergi liburan dengan keluarga?
  • Kapan kamu bermain ke sini?
  • Kapan dia menemuimu?
  • Kapan Ayahmu pulang kerja?
Baca  110+ Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 1 SD : Semester 1 & 2

Contoh Kalimat Tanya Mengapa

  • Mengapa kamu memilih warna ini?
  • Mengapa kamu tega berbuat salah dengan dia?
  • Mengapa hari ini kamu tidak hadir?
  • Mengapa Andin tidak masuk sekolah, hari ini?

Contoh Kalimat Tanya Di mana

  • Di manakah latar cerpen tersebut?
  • Di mana kamu bermain sepakbola, kemarin?
  • Di mana Ayah kamu bekerja?

Kalimat Tanya Bagaimana

  • Bagaimana tanggapanmu dengan lukisan ini?
  • Bagaimana dia bisa kemari?
  • Bagaimana Ayahmu kerja di sana?

Download Buku Tentang Kalimat Tanya

Lengkap sudah pembahasan di atas, mulai dari pengertian hingga pembahasan contoh soalnya. Namun, kurang lengkap apabila tidak disediakan buku materi. Di bawah ini, Kursiguru telah menyediakan file buku PDF mengenai kalimat tanya. Kamu bisa memiliki buku ini dengan cara mendownload. Silakan langsung saja download file berikut.

Download Buku Tentang Kalimat Tanya

Akhir Kata

Itulah pembahasan materi kita mengenai contoh kalimat tanya bersama Kursiguru. Semoga adanya artikel ini bisa memberikan sumbangsih pengetahuan mengenai bahasa Indonesia. Terus baca artikel dari Kursiguru seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Sumber Gambar : Kompasiana.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *