Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Cara Sinkron PMP EDS Offline Patch Terbaru Download [2020]

Cara Sinkron PMP EDS Offline

Cara sinkron PMP EDS Offline bertujuan untuk anda yang akan melakukan sinkronisasi data pada aplikasi tersebut dengan menggunakan versi dan patch terbaru. Dimana versi terbaru dari aplikasi PMP adalah versi yang dirilis pada bulan Desember tahun lalu dipadukan dengan menggunakan patch bulan Februari tahun ini. Hal tersebut merupakan ketentuan yang telah dikeluarkan Kemendikbud untuk menunjang pemetaan mutu pendidikan di Indonesia.

Aplikasi EDS Offline merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan program PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan). Dimana aplikasi tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengumpulkan data dari semua jenjang sekolah di Indonesia mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK mengenai kondisi mutu pendidikan di masing-masing jenjang tersebut. Setiap sekolah diwajibkan membuat laporan secara mandiri, selanjutnya data yang telah dibuat tersebut nantinya harus di upload ke pusat data LPMP dengan menggunakan aplikasi EDS tersebut.

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) selaku unit pelaksana teknis merupakan lembaga yang bertanggunjawab mengembangkan aplikasi tersebut. Pihak pengembang menamai aplikasi EDS offline karena cara pengumpulan datanya masih dilakukan secara offline.  Setelah data selesai dibuat maka barulah data tersebut akan di unggah secara online ke server. Hingga saat ini aplikasi EDS masih berbentuk aplikasi offline dan masih dikembangkan agar dapat digunakan sebagai aplikasi online.

Cara Sinkron PMP EDS Offline Versi Terbaru

Proses sinkron atau sinkronisasi adalah proses mengunggah data lokal yang dibuat oleh sekolah ke server pusat. Beberapa faktor seringkali menjadi penyebab proses sinkronisasi yang anda lakukan gagal. Ada beberapa tips agar proses sinkronisasi menggunakan aplikasi ini dapat berhasil. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah:

  • Aplikasi yang anda gunakan merupakan versi paling baru
  • Server sedang berada dalam kondisi aktif
  • Data lokal sekolah yang anda miliki sudah tervalidasi
  • Koneksi internet yang anda gunakan stabil dan lancar

Versi terbaru dari aplikasi EDS offline adalah versi 2019.12.18 yang dirilis pada bulan Desember tahun lalu. Karena masih dalam proses pengembangan, versi terbaru tersebut masih mengalami pembaruan kedepannya. Salah satu pembaruan yang telah dirilis pada bulan Februari tahun ini. Versi terbaru EDS Offline beserta patch pembaruan tersebut dapat anda unduh pada link berikut ini.

Download Aplikasi PMP EDS Offline Terbaru Beserta Patch

Setelah anda memiliki aplikasi dan patch baru tersebut barulah anda dapat melakukan proses sinkronisasi. Terdapat dua cara dalam melakukan proses sinkronisasi menggunakan aplikasi EDS Offline untuk mengunggah data. Kedua cara tersebut memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan, untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada penjelasan berikut.

Cara Sinkronisasi Untuk Sekolah yang Telah Menggunakan EDS Offline

Jika anda telah mengerjakan proses pengumpulan data sekolah menggunakan aplikasi versi 2019.12.18, langkah yang perlu anda lakukan untuk melakukan proses sinkronisasi dengan patch terbaru adalah:

  1. Pertama lakukan instalasi patch EDS 2020 dengan melakukan dobel klik pada file yang sudah anda download
  2. Selanjutnya hapus cache pada browser yang anda gunakan
  3. Lalu bukalah aplikasi EDS Offline yang anda miliki
  4. Masuklah dengan menggunakan akun Dapodik yang anda miliki
  5. Masuklah ke menu “Pengaturan” dan lanjutkan ke submenu “Manajemen Pengguna”
  6. Lalu pilihlah semua kandidat responden EDS sampai semua tulisan “Kandidat Responden Pengisi Instrumen” menjadi berwarna hijau
  7. Kemudian lakukan pengisian data, kemajuan proses pengisian dapat anda cek pada bagian kanan bawah beranda
  8. Jika sudah mencapai nilai 100% bukalah menu “Rapor  Mutu” dan pilihlah “Hitung Rapor Mutu”
  9. Selanjutnya lakukan sinkronisasi untuk mengirim Hasil Rapor Mutu tersebut
  10. Proses pada server biasanya memakan waktu 3×24 jam, kemudian akan muncul 8 standar pada bagian Rapor Mutu
  11. Setelah proses hitung rapor mutu dan sinkronisasi, laporkan hasilnya kepada Pengawas Sekolah untuk dilakukan verval mutu
  12. Kemudian lakukan sinrkonisasi kembali untuk setelah muncul data verval mutu dari Pengawas Sekolah
  13. Selanjutnya Kepala Sekolah harus melakukan Pakta Integritas sebagai tanda proses pendataan EDS telah selesai (data yang sudah ada tidak dapat diubah lagi setelah melalui proses ini)
  14. Terakhir lakukan pengecekan pengiriman data pada website pmp.kemdikbud.go.id secara berkala untuk memastikan data yang anda kirimkan telah sampai ke server pusat
  15. Selesai

Cara Sinkronisasi Untuk Sekolah yang Belum Menggunakan EDS Offline

Jika anda belum pernah atau sudah pernah melakukan proses pengumpulan data sekolah menggunakan aplikasi versi 2019.12.18, maka langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah:

  1. Pertama lakukan instalasi aplikasi EDS Offline versi 2019.12.18 – Final dengan melakukan dobel klik pada file instalasi yang sudah anda download
  2. Kemudian lakukan instalasi patch EDS 2020 dengan melakukan dobel klik pada file yang sudah anda download
  3. Selanjutnya hapus cache pada browser yang anda gunakan
  4. Lalu bukalah aplikasi EDS Offline yang anda miliki
  5. Masuklah dengan menggunakan akun Dapodik yang anda miliki
  6. Masuklah ke menu “Pengaturan” dan lanjutkan ke submenu “Manajemen Pengguna”
  7. Lalu pilihlah semua kandidat responden EDS sampai semua tulisan “Kandidat Responden Pengisi Instrumen” menjadi berwarna hijau
  8. Kemudian lakukan pengisian data, kemajuan proses pengisian dapat anda cek pada bagian kanan bawah beranda
  9. Jika sudah mencapai nilai 100% bukalah menu “Rapor  Mutu” dan pilihlah “Hitung Rapor Mutu”
  10. Selanjutnya lakukan sinkronisasi untuk mengirim Hasil Rapor Mutu tersebut
  11. Proses pada server biasanya memakan waktu 3×24 jam, kemudian akan muncul 8 standar pada bagian Rapor Mutu
  12. Setelah proses hitung rapor mutu dan sinkronisasi, laporkan hasilnya kepada Pengawas Sekolah untuk dilakukan verval mutu
  13. Kemudian lakukan sinrkonisasi kembali untuk setelah muncul data verval mutu dari Pengawas Sekolah
  14. Selanjutnya Kepala Sekolah harus melakukan Pakta Integritas sebagai tanda proses pendataan EDS telah selesai (data yang sudah ada tidak dapat diubah lagi setelah melalui proses ini)
  15. Terakhir lakukan pengecekan pengiriman data pada website pmp.kemdikbud.go.id secara berkala untuk memastikan data yang anda kirimkan telah sampai ke server pusat
  16. Selesai

Demikian tadi informasi mengenai cara sinkron PMP EDS Offline dengan versi aplikasi 2019.12.18 dan patch 2020.02.07 yang dapat Kursiguru berikan untuk anda. Terimakasih dan Selamat Mencoba

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *