Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Biaya Kuliah UMP 2021 : Semua Gelombang Pendaftaran S1 & S2 PDF

biaya kuliah ump

Biaya Kuliah UMP – mengulas kisaran biaya kuliah yang harus dipersiapkan calon mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Biaya kuliah UMP terdiri dari beberapa jenis biaya. Di artikel ini semua jenis biaya kuliah akan dijabarkan secara rinci.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di wilayah Kabupaten Banyumas. Walaupun swasta, UMP memiliki banyak peminat dari lulusan SMA/SMK di Purwokerto maupun di Indonesia. Hal itu dikarenakan, UMP saat ini telah memiliki akreditasi B dan dari beberapa program studi telah terakreditasi A.

Di tahun ini, UMP telah membuka kembali pendaftaran mahasiswa baru. Pendaftaran dibuka mulai dari gelombang 1 hingga 3. Untuk besaran biaya kuliah setiap mahasiswa baru pun berdasarkan gelombang pendaftaran. Selain itu, biaya kuliah UMP juga setiap tahun berubah.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini Kursiguru akan menjelaskan kisaran biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Diharapkan, rincian biaya kuliah dari Kursiguru dapat membantu proses pendaftaran kuliahmu.

Jenis Biaya Kuliah UMP

Adapun jenis biaya kuliah yang masuk dalam komponen rincian pembayaran mahasiswa dari pendaftaran hingga lulus. Berikut, Kursiguru berikan deskripsi masing-masing jenis biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Biaya Registrasi

Biaya registrasi merupakan biaya daftar ulang yang harus dibayar oleh mahasiswa setiap semesternya. Biaya ini sebesar Rp. 450.000,-

Biaya Student Series dan Asuransi

Biaya Student Series dan Asuransi merupakan biaya yang digunakan untuk pertanggungan mahasiswa selama kuliah. Biaya SSA dibayarkan sebesar Rp. 150.000,- pada saat registrasi semester pertama.

Biaya Program Pengayaan Bahasa Inggris

Biaya program pengayaan bahasa Inggris merupakan biaya untuk mahasiswa diploma satu (D-1). Biaya ini dibayarkan sebesar Rp. 350.000,- setiap semester hingga semester 4.

Biaya Self Leadership

Biaya Self Leadership diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Biaya ini dibayarkan sebesar Rp. 150.000,- pada saat daftar ulang semester pertama.

Biaya Praktikum Pasar Modal

Biaya Praktikum Pasar Modal juga diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Biaya PPM sebesar Rp. 150.000,- dan dibayarkan pada saat daftar ulang semester 1.

Biaya Seragam

Biaya seragam merupakan biaya seragam khusus bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan sebesar Rp. 950.000,-. Biaya ini wajib dibayar sekali pada saat daftar ulang semester pertama.

Biaya IDEA (Islamic Digital Entrepreneurship Application)

Biaya IDEA merupakan biaya yang harus dibayar oleh seluruh mahasiswa UMP. Dibayar satu kali selama menjadi mahasiswa. Biaya IDEA sebesar Rp. 100.000,-.

Biaya Infak Muhammadiyah

Biaya Infak Muhammadiyah juga merupakan biaya yang harus dibayar oleh seluruh mahasiswa. Hanya saja dibayar setiap semester. Biaya ini sebesar Rp. 15.000,-.

Biaya Sumbangan Pembangunan

Biaya sumbangan pembangunan merupakan biaya sumbangan untuk kemajuan pembangunan kampus. Biaya ini harus dibayar 4 kali oleh seluruh mahasiswa.

Biaya Sumbangan Pengembangan

Selain biaya sumbangan pembangunan, ada juga biaya sumbangan pengembangan. Biaya ini dibayarkan selama 2 kali oleh seluruh mahasiswa UMP.

Rincian Biaya Kuliah UMP

Dari komponen biaya kuliah di atas, seluruhnya akan dibedakan pada setiap jurusan atau program studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan juga dibedakan setiap gelombang (waktu daftar) yakni gelombang 1, 2, dan 3. Berikut, Kursiguru sajikan biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah di setiap jurusan sesuai dengan gelombang pendaftarannya.

Biaya Kuliah Gelombang Pendaftaran 1

gelombang 1
Rincian Biaya Kuliah UMP Gelombang Pendaftaran 1

Biaya Kuliah Gelombang Pendaftaran 2

gelombang 2
Rincian Biaya Kuliah UMP Gelombang Pendaftaran 2

Biaya Kuliah Gelombang Pendaftaran 3

gelombang 3
Rincian Biaya Kuliah UMP Gelombang Pendaftaran 3

Keterangan:

  • Biaya dalam tabel di atas sudah termasuk biaya registrasi, student series & asuransi, dsb.
  • Biaya lain-lain seperti skripsi, ujian pendadaran, seminar skripsi, KKN, PPL, KKL, biaya praktikum hingga biaya asrama diatur secara tersendiri.
  • Biaya minimal sumbangan pengembangan Pendidikan Dokter S1 sebesar Rp. 195.000.000,-

Berdasarkan rincian biaya di atas, dapat dikatakan bahwa UMP memiliki biaya kuliah yang setara Biaya Kuliah UKT Unsoed sebagai kampus negeri di kota Purwokerto, terutama untuk jurusan kedokteran. Dengan kata lain, biaya kuliah UMP tidak terlalu memberatkan pihak orang tua/wali para mahasiswanya.

Download Rincian Biaya Kuliah UMP

Dari seluruh penjelasan di atas, Kursiguru juga telah menyediakan rincian biaya kuliah dalam bentuk PDF. Di dalam file ini merupakan rincian biaya kuliah untuk jenjang kuliah S1 dan S2. File ini dapat kamu download secara mudah dan tentunya gratis.

Call Center UMP

Apabila kamu masih punya pertanyaan seputar biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Purwokerti, bisa ditanyakan secara langsung ke pihak kampus melalui layanan call centernya. Adapun call center UMP bisa dihubungi melalui beberapa kontak yaitu:

  • Telepon : (0281) 636751, (0281) 630463 atau (0281) 634424
  • Email : info@ump.ac.id
  • Facebook : @ump.ac.id
  • Instagram : @ump.ac.id
  • Twitter : @ac_UMP

Atau jika rumahmu berada di area Banyumas, silakan datangi kampus UMP di alamat berikut.

Akhir Kata

Demikian seluruh pembahasan mengenai biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang bisa Kursiguru berikan. Semoga informasi ini dapat memberi informasi secara faktual, sehingga bisa dijadikan sumber referensi utama.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *