Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Biaya Kuliah Poltrada Bali 2021 : Jurusan & Pendaftaran

Biaya Kuliah Poltrada Bali

Biaya Kuliah Poltrada Bali 2021 – membahas mengenai besaran tarif pendaftaran masuk hingga biaya pendidikan di Politeknik Transportasi Darat Bali. Dimana lulusan kuliah Potrada Bali akan mengurus berbagai kepentingan tentang lalu lintas darat.

Advertisements

Politeknik Transportasi Darat atau lebih dikenal sebagai Poltrada Bali adalah sebuah institusi perguruan tinggi dengan bentuk politeknik di bawah naungan Kemenhub RI. Dimana tentu saja Poltrada Bali menyelenggarakan pendidikan di tingkat Diploma.

Meskipun belum terlalu besar seperti institusi STTD, namun sekolah kedinasan Poltrada Bali sudah mendapat peminat dari sejumlah pelajar dalam negeri. Sayangnya penjelasan mengenai biaya kuliah Poltrada Bali belum tersebar luas sehingga masih banyak pelajar ragu untuk mendaftarkan diri.

Advertisements

Oleh karena itu, di sini Kursiguru akan menjelaskan mengenai biaya perkuliahan Potrada Bali beserta berbagai perihal penting terkait pendaftarannya. Demi mempersingkat waktu silakan langsung saja simak penjelasan biaya kuliah Poltrada berikut.

Jurusan Kuliah Poltrada Bali

Sebelum menuju ke pembahasan utama mengenai biaya kuliah, di sini penulis akan lebih dulu memberi gambaran tentang jurusan yang tersedia di Poltrada. Dimana untuk saat ini terdapat 3 (tiga) jurusan kuliah Poltrada Bali, yaitu:D3

D3 Manajemen Transportasi Jalan (MTJ)

Jurusan kuliah Poltrada ini paling erat hubungannya dengan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ). Nantinya lulusan MTJ Poltrada Bali akan melakukan pengawasan, pengelolaan hingga berbagai perizinan terkait angkutan jalan termasuk di area terminal.

Baca  4 Biaya Kuliah UMI Makassar 2021 : Akreditasi Jurusan & Pendaftaran

D3 Teknologi Mekanika Otomotif (TO)

Jurusan kuliah TO Poltrada Bali akan meluluskan taruna dengan status teknisi, junior supervisor, laboran, penguji, investigator kecelakaan hingga inspektur pengujian kendaraan bermotor. Lulusan TO Poltrada Bali juga akan bekerja di bidang perawatan, perbaikan, dan kalibrasi alat uji kendaraan bermotor.

D3 Manajemen Logistik (MLog)

Terakhir adalah jurusan kuliah MLog Poltrada Bali, yakni program studi dengan fokus pembelajaran mengenai penelaah dan pengawas angkutan logistik. Lulusan MLog Poltrada Bali akan bekerja sebagai perencana rute & keselamatan angkutan logsitik, ekspor impor barang, hingga penelaah tarif angkutan barang.

Jenis Biaya Kuliah Poltrada Bali

Setelah memahami penjelasan mengenai jurusan kuliah di atas, selanjutnya kamu harus memahami jenis biaya kuliah apa saja yang perlu dibayarkan seorang taruna Poltrada Bali. Dimana biaya Poltrada Bali digolongkan menjadi 2 (dua), yaitu:

1. Biaya Akademik

Biaya akademik Poltrada Bali diantaranya adalah biaya SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) per semester. Tak perlu khawatir tentang biaya akademik Poltrada Bali ini, karena akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah.

2. Biaya Non Akademik

Biaya non akademik Poltrada Bali merupakan jenis biaya yang wajib dibayarkan oleh seorang taruna. Biaya non akademik Poltrada Bali sendiri terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yakni:

Advertisements

  • Biaya Perlengkapan Taruna
    Biaya perlengkapan ini hanya perlu dibayarkan sekali saat menempuh studi di Poltrada Bali. Dengan membayar biaya perlengkapan ini, seorang taruna akan mendapatkan beberapa hal seperti:
    – Pakaian Dinas Harian (PDH)
    – Pakaian Praktek atau Survey
    – Pakaian Dinas Pesiar (PDP)
    – Pakaian Dinas Lapangan (PDL)
    – Pakaian Dinas Olahraga (PDO)
    – Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB)
    – Buku Pedoman Akademik
    – Perlengkapan PKL/OJT
  • Biaya Permakanan
    Biaya permakanan adalah biaya makan selama taruna menempuh 3 (tiga) bulan pendidikan di kampus. Artinya biaya permakanan Poltrada Bali harus dibayarkan setiap semester.
Baca  2 Biaya Kuliah Unismuh Makassar 2021 D3 S1 & Akreditasi Jurusan

Biaya Kuliah Poltrada Bali

Selanjutnya penulis akan menjelaskan rincian besaran biaya kuliah seorang peserta didik Poltrada Bali. Rincian biaya kuliah Poltrada tersebut bisa kamu simak pada tabel berikut.

Jenis BiayaBiaya Kuliah Jurusan MTJBiaya Kuliah Jurusan TOBiaya Kuliah Jurusan MLog
Biaya PerlengkapanRp. 19.450.000Rp. 19.450.000Rp. 19.450.000
Biaya Permakanan*Rp. 4.050.000Rp. 4.050.000Rp. 4.050.000
(*) = Biaya Permakanan 3 bulan pertama

Jika dibandingkan dengan kampus politeknik lain di Indonesia seperti Polban, maka Biaya Kuliah Polban akan terlihat besar. Hal ini terjadi mengingat kampus Poltrada Bali adalah sekolah kedinasan, sementara tidak dengan Polban.

Pendaftaran Poltrada Bali

Selain biaya kuliah di atas, kamu tentunya memerlukan penjelasan mengenai pendaftaran Poltrada Bali. Berikut adalah beberapa hal penting terkait pendaftaran calon taruna Poltrada Bali.

Jadwal Pendaftaran Poltrada Bali

Dengan mengikuti jadwal pendaftaran sekolah kedinasan dari BKN, maka tanggal penting pendaftaran calon taruna Poltrada Bali diantaranya adalah:

  • Pengumuman Pembukaan : 1-8 April
  • Pendaftaran Peserta : 9-30 April
  • Ujian SKD : Mei-Juni
  • Seleksi Lanjutan : Mengikuti kebijakan Poltrada Bali

Biaya Pendaftaran Poltrada Bali

Biaya pendaftaran kuliah Poltrada Bali sendiri terbagi menjadi 6 (enam), yaitu:

  • Pendaftaran : Rp. 150.000
  • Tes SKD : Rp. 50.000
  • Tes Psikotes : Rp. 300.000
  • Tes Kesehatan : Rp. 1.100.000
  • Tes Kesamaptaan : Rp. 150.000
  • Tes Wawancara : Rp. 150.000

Call Center Poltrada Bali

Apabila membutuhkan informasi tambahan, silakan langsung saja hubungi call center SIPENCATAR Poltrada Bali melalui beberapa kontak call center berikut ini.

  • Telepon : 0361 298 734
  • Email : kontak@poltradabali.ac.id
  • Facebook : @poltradabali
  • Instagram : @poltradabali
  • Twitter : @poltradabali

Akhir Kata

Demikian pembahasan Kursiguru seputar biaya kuliah di salah satu sekolah kedinasan yakni Poltrada Bali. Semoga bisa menambah wawasan pelajar Indonesia serta mampu menjadi acuan awal bagi para calon pendaftar.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *