Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Biaya Kuliah Polban 2021 : Jalur SNMPTN, SBMPTN & Mandiri

Biaya Kuliah Polban

Biaya Kuliah POLBAN – memberikan pembahasan mengenai besaran uang perkuliahan khusus mahasiswa Politeknik Negeri Bandung. Dimana besaran biaya di perguruan tinggi kota kembang itu berbentuk uang kuliah tunggal.

Politeknik Negeri Bandung atau sering disebut sebagai Polban merupakan sebuah perguruan tinggi vokasi yang awalnya bernaung di bawah ITB. Karena semakin berkembangnya kampus Polban, kemudian pemerintah memutuskan agar Polban berdiri sendiri.

Saat berada di bawah ITB, Polban lebih berfokus pada bidang keilmuan perekayasa (engineering). Baru setelah berpisah, mulai terbentuk bidang ilmu non-perekayasa seperti akuntansi, administrasi, hingga bahasa inggris.

Jika kamu berminat untuk menjadi salah satu mahasiswa Polban maka perlu dipahami juga besarnya biaya per semester disana. Simaklah ulasan Kursiguru hingga selesai untuk mengetahui kisaran biaya kuliah di Politeknik kota kembang tersebut.

Tentang Polban

Seperti telah disinggung di atas, Polban merupakan sebuah kampus di Bandung yang awalnya merupakan bagian dari institut teknik terbaik dalam negeri yaitu ITB.

Karena sejarahnya itu, menjadikan Polban sebagai salah satu pilihan para calon mahasiswa yang ingin kuliah di politeknik. Hingga kini Polban telah memiliki program kuliah jenjang diploma maupun sarjana dari bidang ilmu teknik maupun non-teknik.

Jalur Kuliah Polban

Agar seorang lulusan sekolah menengah atas dapat kuliah di Polban, harus melalui proses penerimaan mahasiswa baru. Dimana jalur penerimaannya tersedia melalui SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri (SMBM).

Semua jalur masuk Polban tersebut tidak memberikan perbedaan dari segi biaya kuliah. Artinya biaya kuliah di Polban sama saja yakni berbentuk UKT, bahkan untuk jalur masuk mandiri sekalipun.

Jurusan Polban

Sebelum membahas lebih jauh mengenai biaya kuliahnya, baiknya kamu pahami dulu jurusan di dalam Polban. Politeknik di Bandung ini membagi kelompok jurusannya ke dalam 2 (dua) kategori besar, yaitu rekayasa dan non-rekayasa.

Kelompok Jurusan Teknik (Rekayasa) Polban

  • Teknik Sipil
  • Teknik Mesin
  • Teknik Konversi Energi
  • Teknik Refrigerasi dan Tata Udara
  • Teknik Elektro
  • Teknik Kimia
  • Teknik Komputer dan Informatika

Kelompok Jurusan Tata Niaga (Non-Rekayasa) Polban

  • Akuntansi
  • Administrasi Niaga
  • Bahasa Inggris

Pengelompokkan di atas dilakukan bukan tanpa tujuan, melainkan untuk memudahkan mahasiswa serta pengelola kampus dalam membentuk data serta kebijakan. Dimana salah satu bentuk kebijakan tersebut adalah penentuan besarnya biaya kuliah.

Biaya Kuliah Polban

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa pengelompokkan biaya kuliah Polban didasarkan pada jurusannya. UKT Polban juga digolongkan menjadi 8 (delapan) jenis berdasarkan kemampuan orang tua mahasiswa.

Berikut ini adalah rincian biaya kuliah dalam bentuk UKT semester di Polban, baik bagi jenjang D3 maupun D4.

Kelompok Bidang Studi Rekayasa (Teknik)

GolonganBesar Biaya Kuliah Tiap Semester (UKT)
1Rp. 500.000
2Rp. 1.000.000
3Rp. 4.500.000
4Rp. 6.000.000
5Rp. 7.000.000
6Rp. 8.000.000
7Rp. 9.000.000
8Rp. 10.000.000

Kelompok Bidang Studi Non-Rekayasa

GolonganBesar Biaya Kuliah Tiap Semester (UKT)
1Rp. 500.000
2Rp. 1.000.000
3Rp. 3.500.000
4Rp. 4.500.000
5Rp. 5.500.000
6Rp. 6.500.000
7Rp. 7.500.000
8Rp. 8.500.000

Melalui kedua tabel di atas, bisa disimpulkan bahwa besarnya biaya kuliah Polban tidak terlalu besar meskipun pernah menjadi bagian dari ITB.

Download File Ketentuan UKT Polban

Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ketentuan biaya kuliah di politeknik kota kembang tersebut, silakan langsung download file di bawah. File PDF berikut adalah keputusan Rektor Polban terbaru terkait biaya perkuliahan mahasiswa baru maupun mahasiswa lama.

Akhir Kata

Demikian pembahasan kursiguru mengenai biaya perkuliahan setiap semester semua jurusan di Polban. Semoga dapat menambah referensimu ketika akan menentukan perguruan tinggi setelah lulus dari SMA, SMK, ataupun MA.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.