Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

3 Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 : Jenis, Fitur, Syarat & Pendaftaran PDF

Beasiswa Kaltim Tuntas 2021

Beasiswa Kaltim Tuntas 2021 – merupakan sebuah program beasiswa khusus dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur bagi peserta didik dari daerah Kaltim. Dimana beasiswa Tuntas sendiri merupakan beasiswa khusus jenjang pendidikan tinggi.

Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) merupakan sebuah bukti nyata keterlibatan pemprov Kaltim dalam memajukan bangsa pada bidang pendidikan. Dimana beasiswa Tuntas diberikan pada mahasiswa asal Kalimantan Timur yang sedang menjalani masa studi pada jenjang Diploma I, II, III, IV serta Sarjana S1, S2, S3.

Pemberian beasiswa Kaltim Tuntas sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar, meningkatkan motivasi belajar, membantu studi mahasiswa, serta meningkatkan prestasi akademik pemuda Kaltim. Berdasarkan latar belakang siswa, beasiswa Kaltim Tuntas terbagi menjadi 3 (tiga) jenis.

Pada kesempatan ini, Kursiguru akan memberimu penjelasan mengenai beasiswa teruntuk pemuda pemudi asal Kaltim. Untuk mempersingkat waktu silakan langsung saja simak bahasan penulis terkait beasiswa Kaltim Tuntas berikut.

Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas 2021

Seperti telah disinggung di atas bahwa beasiswa Tuntas 2021 dikategorikan menjadi 3 (tiga) jenis, yakni beasiswa prestasi akademik, non-akademik serta beasiswa khusus. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis beasiswa Tuntas 2021 tersebut.

1. Tuntas Prestasi Akademik

Beasiswa Kaltim Tuntas Prestasi Akademik (PA) merupakan jenis beasiswa Tuntas bagi peserta studi umum. Artinya asalkan berasal dari Kaltim dan mempunyai prestasi pada bidang akademik maka boleh mencoba mengajukannya.

Beasiswa Tuntas PA 2021 sudah dapat diajukan oleh seorang mahasiswa ketika menginjak semester 2. Dimana Kaltim Tuntas PA 2021 dapat diajukan oleh peserta studi dengan syarat utama yakni mempunyai IPK minimal 3,00.

2. Tuntas Prestasi Non-Akademik

Beasiswa Kaltim Tuntas Prestasi Non-Akademik (PNA) tak jauh berbeda dari jenis beasiswa Tuntas PA di atas, yakni pilihan beasiswa bagi peserta studi umum dengan IPK minimal 3,00. Namun pada beasiswa Tuntas PNA 2021, kamu wajib menyertakan berkas pendukung berupa sertifikat/piagam/penghargaan kejuaraan resmi (2 tahun terakhir).

Dimana sertifikat tersebut harus dalam kategori juara 1, 2, 3 dari beberapa bidang keahlian seperti pendidikan, keagamaan, olahraga, serta seni. Tingkatan kejuaraan tersebut paling tidak sekelas Nasional atau akan lebih baik jika berasal dari kelas Internasional.

Baca  5 Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Di Indonesia Terbaru [2021]

3. Tuntas Khusus

Beasiswa Kaltim Tuntas Khusus mempunyai perbedaan mendasar dari kedua jenis beasiswa Tuntas di atas. Dimana beasiswa Tuntas Khusus 2021 akan diberikan pada mahasiswa berstatus:

  • Tidak mampu.
  • Berkebutuhan khusus.
  • Berasal dari daerah 3T.
  • Anak atau cucu Veteran.
  • Hafidz Quran 30 Juz.

Dengan kata lain, jika kamu memenuhi salah satu kondisi di atas dan mempunyai IPK minimal 3,00 maka dapat mendaftarkan diri ke beasiswa Tuntas Khusus 2021.

Sebenarnya beasiswa Tuntas masih mempunyai satu jenis lain, yaitu beasiswa Kaltim Tuntas Kerjasama. Namun informasinya hanya akan diberikan secara langsung pada universitas serta kampus yang menjalin kerja sama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Timur.

Fitur Beasiswa Kaltim Tuntas 2021

Sebagai sebuah program beasiswa pemprov tentunya beasiswa Kaltim Tuntas mempunyai fitur menarik. Dimana beasiswa Kaltim Tuntas 2021 mampu memberikan dana pendidikan secara penuh (full) hingga masa studi selesai. Artinya beasiswa Kaltim Tuntas akan diberikan selama :

  • Diploma I (D1) : 2 semester (1 tahun).
  • Diploma II (D2) : 4 semester (2 tahun).
  • Diploma III (D3) : 6 semester (3 tahun).
  • Strata 1 (S1) : 8 semester (4 tahun).
  • Strata 2 (S2) : 4 semester (2 tahun).
  • Strata 3 (S3) : 5 semester (2,5 tahun).

Proses pemberian uang beasiswa Kaltim Tuntas akan dilakukan secara langsung kepada pihak penerima, melalui rekening pribadi mahasiswa. Namun sayangnya, pemberian uang beasiswa akan berbeda-beda tergantung pada:

  • Jenjang studi.
  • Jenis pendidikan.
  • Perguruan tinggi.
  • Ketersediaan anggaran.
  • Kebutuhan minimal mahasiswa.

Syarat Beasiswa Kaltim Tuntas

Setelah memahami informasi dasar terkait beasiswa Kaltim Tuntas di atas, selanjutnya kamu perlu mengetahui syarat daftar beasiswa Kaltim Tuntas. Berikut adalah daftar beberapa syarat untuk melakukan pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas 2021.

  • Warga asli Kalimantan Timur dibuktikan dengan NIK.
  • Menjalani studi di Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.
  • Menjalani studi di jurusan dengan akreditasi minimal B.
  • Mempunyai Indeks Prestasi Akademik (IPK) paling kecil 3,00.
  • Mempunyai akses ke aplikasi Whatsapp.
  • Sudah memiliki akun Beasiswa Kaltim Tuntas.

Setelah semua syarat siap, maka kamu dapat melakukan proses pendaftaran dengan melampirkan beberapa dokumen persyaratan berikut.

  • Scan transkrip nilai.
  • Scan halaman depan buku rekening bank atas nama pendaftar.
  • Scan surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa lain, ditandatangani & dibubuhi materai Rp. 10.000.
  • Scan bukti pembayaran UKT atau SPP 1 semester terakhir.
  • Scan dokumen tambahan sesuai jenis beasiswa Kaltim Tuntas seperti Sertifikat, Piagam, SKTM, dan lainnya.
Baca  3 Beasiswa Bank Indonesia 2021 : Unggulan, Reguler & Vokasi

Ketentuan terkait dokumen tambahan beasiswa Kaltim Tuntas 2021 bisa kamu simak langsung pada file PDF di bawah ini.

Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2021

Pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas 2021 dibuka hingga jangka waktu akhir pada tanggal 12 Mei. Dimana tata cara atau alur pendaftaran beasiswa Kaltim Tuntas atau BKT sendiri adalah:

  1. Pendaftar melakukan proses registrasi atau pembuatan akun melalui link berikut.
    Beasiswa Kaltim Tuntas Prestasi Akademik (PA).
    Beasiswa Kaltim Tuntas Prestasi Non-Akademik (PNA).
    Beasiswa Kaltim Tuntas Khusus.
  2. Selanjutnya lengkapi data serta mengunggah (upload) berkasi asli yang sudah di scan berwarna.
  3. Kemudian tunggu hingga Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas (BP-BKT) melakukan verifikasi.
  4. Apabila berhasil verifikasi maka tinggal menunggu kabari baik dari pihak BP-BKT.

Bila ternyata tidak lolos seleksi beasiswa Kaltim Tuntas 2021, tidak perlu khawatir karena pemerintah Indonesia masih menyediakan banyak program beasiswa lain seperti Beasiswa Dikti.

Call Center Beasiswa Kaltim Tuntas

Jika kamu membutuhkan informasi lanjutan terkait beasiswa Kaltim Tuntas 2021, maka bisa ditanyakan secara langsung ke pihak pengelola lewat call center. Dimana call center beasiswa Kaltim Tuntas bisa dihubungi melalui beberapa kontak berikut.

Atau melalui salah satu nomor Contact Person (CP) BP-BKT di bawah.

  1. Faisal : 0852 4683 6836
  2. Novita : 0853 8779 9361
  3. Nona : 0811 4636 099
  4. Fernanda : 0815 2268 0091
  5. Naurah : 0831 4046 4746
  6. Riska : 0853 5010 8788
  7. Ani : 0813 4778 1507

Catatan :
– Bila sudah mencoba menghubungi salah satu CP, maka tunggulah hingga mendapatkan respon balasan.
– Jangan hubungi CP lain apabila sudah menghubungi salah satunya.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar beasiswa Kaltim Tuntas 2021 beserta informasi penting terkait pendaftarannya. Semoga bisa membantu kamu sebagai seorang mahasiswa asli Kalimantan Timur dalam mendapatkan uang tunjangan selama melaksanakan proses belajar di universitas.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *