Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√2 Beasiswa Astra Unggulan: Koperasi Anggota dan Merdeka Vokasi 2022

BEASISWA ASTRA
Advertisements

Beasiswa Astra – merupakan program bantuan pendidikan dari yayasan Astra kepada lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Di tahun ini, program beasiswa Astra membuka 2 jenis beasiswa. Kedua jenis tersebut akan Kursiguru jelaskan di artikel ini secara jelas.

Melalui program beasiswa ini, PT. Astra Internasional memiliki tujuan yaitu turut serta membantu mencerdaskan kehidupan pendidikan generasi muda Indonesia. Maka, dari itu diharapkan para calon mahasiswa mulai mempersiapkan diri guna mendapatkan beasiswa Astra tersebut.

Namun, tingginya minat dari masyarakat ternyata belum diimbangi dengan ketersediaan informasi di ranah publik. Padahal adanya program pembiayaan tersebut sangat meringankan bagi calon mahasiswa kedepannya. Jadi perlu adanya penjelasan secara lengkap tentang beasiswa Astra.

Guna membantu anda yang sedang mencari informasi terkait beasiswa Astra, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap. Silahkan simak setiap poin pembahasan mengenai beasiswa tersebut agar dapat mengetahui prosedur untuk mendapatkannya.

Advertisements

Jenis-jenis Beasiswa Astra Unggulan

Sebagai salah satu perusahaan besar di tanah air, PT Astra International memang kerap mengadakan program beasiswa untuk seluruh peserta didik. Hal tersebut dilakukan demi misi mencerdaskan serta meringankan beban biaya pendidikan yang ditanggung.

Setidaknya terdapat 2 (dua) jenis beasiswa yang terkenal dari perusahaan di sektor otomotif tersebut. Berikut jenis-jenis bantuan keuangan pendidikan yang dimiliki oleh Astra.

  • Koperasi Astra
  • Merdeka Vokasi

1. Koperasi Astra

Jenis beasiswa satu ini ditujukan khusus bagi putra dan putri anggota koperasi yang masih menempuh jalur pendidikan. Dalam hal ini adalah anggota koperasi Astra yang sudah tergabung selama 1 tahun (Setara golongan 1 sampai 3).

2. Merdeka Vokasi

Jenis bantuan keuangan Merdeka Vokasi ditujukan khusus untuk calon maupun mahasiswa di Politeknik Manufaktur Astra. Bagi calon mahasiswa, nilai untuk proses seleksi akan mengacu pada raport. Sedangkan mahasiswa, penilaian akan didasarkan pada minimal rata-rata IPK.

Syarat Beasiswa Astra

Sebelum mulai melakukan proses pendaftaran beasiswa, maka penting untuk mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Nantinya, beberapa persyaratan tersebut akan digunakan dalam proses seleksi administratif.

Baca  6 Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2022 & Alur Pendaftaran

Berikut syarat-syarat untuk mendapatkan biaya pendidikan dari Astra.

1. Jenjang Pendidikan Beasiswa Astra

Apakah beasiswa tersebut hanya berlaku untuk calon mahasiswa saja? Astra selaku penyelenggara menyediakan bantuan keuangan untuk berbagai jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi (D3 Politeknik Astra). Jadi semua peserta didik memiliki kesempatan.

2. Dokumen Data Diri Beasiswa Astra

Selain jenjang pendidikan, calon kandidat juga harus melengkapi dokumen data diri. Kalian harus menyiapkan scan KK (Kartu Keluarga) baik dalam format PDF maupun JPEG.

3. Scan atau Foto Dokumen Lain

Selain data diri, adapula dokumen penting lainnya yang harus diikutsertakan dalam berkas. Berikut beberapa dokumen penting lainnya dalam pengajuan beasiswa.

  • Scan Buku Tabungan Payroll/Gaji (Maks 1mb)
  • Scan SK (Surat Keterangan) nilai setidaknya 2 semester terakhir yang sudah di legalisasi oleh pihak sekolah (dibuktikan dengan TTD/Cap Sekolah) maksimal 1mb.
  • Scan penghargaan siswa dari berbagai kegiatan (Sertifikat maupun Piagam Penghargaan) maksimal 1 mb.

Ketentuan Beasiswa Astra

Selain persyaratan, pihak Astra juga menerapkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh pendaftar. Adanya ketentuan ini membuat proses seleksi beasiswa menjadi lebih sehat dan juga menghindarkan dari segala tindak kecurangan.

Berikut beberapa ketentuan untuk mendapatkan biaya pendidikan dari Astra.

1. Tergabung sebagai Anggota Koperasi Astra

Sebelum mendaftarkan putra dan putri peserta didik, maka orang tua wali harus terlebih dahulu tergabung sebagai anggota Koperasi Astra. Setidaknya anggota sudah menjadi golongan 1 sampai 3 untuk dapat menerima beasiswa.

2. Kelengkapan Berkas Persyaratan

Segala persyaratan yang sudah tercantum dalam poster pendaftaran maupun pengumuman wajib untuk dipenuhi. Apabila nantinya terdapat berkas yang kurang lengkap, maka panitia akan menggugurkan kandidat saat proses seleksi.

3. Keabsahan Informasi

Calon penerima beasiswa bertanggung jawab penuh atas informasi yang sudah dicantumkan baik melalui formulir maupun dokumen persyaratan. Apabila nantinya ditemukan ketidaksesuaian fakta di lapangan, maka penyelenggara berhak membatalkan beasiswa.

4. Biaya Pendaftaran

Astra selaku penyelenggara program bantuan keuangan pendidikan tidak memungut biaya apapun selama proses seleksi berlangsung. Apabila nantinya terdapat permintaan atau pungutan biaya, maka hal tersebut merupakan penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

5. Siklus Pembayaran Beasiswa

Setelah resmi terdaftar sebagai penerima beasiswa, maka dana bantuan akan dikirimkan tiap 3 bulan sesuai dengan kontrak atau perjanjian. Dana akan langsung masuk kedalam rekening Anggota yang terdaftar sebagai penerima beasiswa.

6. Media Sosial

Sebagai pendaftar, baik orang tua maupun wali harus mengikuti beberapa akun media sosial dan subscribe channel Youtube dari Koperasi Astra. Berikut beberapa media sosial dari Koperasi Astra.

Baca  5 Beasiswa LPDP S2 S3 2022 : Syarat, Jadwal & Cara Daftar

7. Ketentuan Rata-rata Nilai

Lantas berapakah kriteria nilai yang harus dimiliki untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa? Agar dapat melakukan persiapan mulai hari ini maupun beberapa tahun kedepan, maka berikut rincian nilai rata-rata dari masing-masing jenjang pendidikan.

  • Sekolah Dasar (SD): Nilai Raport Rata-rata 7,5
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP): Nilai Raport Rata-rata 7,5
  • Sekolah Menengah Atas (SMA): Nilai Raport Rata-rata 7,5
  • D3 Perguruan Tinggi: Minimal Rata-rata IPK 2,75

Cara Daftar Beasiswa Astra Koperasi Anggota

Setelah mengetahui tentang segala syarat dan ketentuan berlaku, maka tibalah saatnya untuk membahas tentang cara daftar. Setidaknya terdapat serangkaian prosedur yang harus dilakukan oleh calon penerima beasiswa.

Berikut beberapa cara daftar bantuan keuangan Astra.

1. Daftar Beasiswa

  • Silahkan masuk kedalam website resmi Astra melalui (https://beasiswa.koperasi-astra.com/) tanpa tanda kurung.
  • Apabila sudah berada pada halaman website, maka silahkan klik menu Daftar Beasiswa.
  • Lakukan proses login dengan mengisikan Nomor Anggota, kemudian isikan Nomor Anggota diikuti dengan Tanggal Lahir pada kolom password.
  • Guna mengakses halaman pengisian formulir, maka klik LOGIN.

2. Pengisian formulir

  • Pada halaman utama, silahkan klik menu Beasiswa, kemudian pilih sub-menu Pendaftaran di bagian kanan tampilan.
  • Silahkan isi data anggota secara lengkap sesuai kolom yang tersedia pada formulir.
  • Upload file scan berkas sesuai keterangan pada kolom pengisian formulir.
  • Apabila semua data sudah diisi secara lengkap dan benar, maka silahkan klik Kirim.

3. Proses Konfirmasi HRD

Apabila formulir pendaftaran sudah terkirim, maka pihak HRD akan mulai melakukan proses seleksi. Nantinya akan ada pemberitahuan lebih lanjut melalui kontak yang tertulis pada saat proses pengisian formulir.

Call Center Resmi Beasiswa Astra

  • Call Center Resmi Koperasi Astra: 021 – 21242525
  • WhatsApp Resmi Koperasi Astra: 628111695160
  • Email Resmi Koperasi Astra: Customer Care Koperasi Astra

Akhir Kata

Setelah mengetahui segala hal tentang beasiswa Astra, pastinya kalian sudah bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Usahakan semua persyaratan serta ketentuan yang berlaku diperhatikan kembali agar tidak menimbulkan kendala pada saat proses pendaftaran.

Sekian pembahasan tentang beasiswa dari Kursiguru. Apa yang kami sampaikan sudah berdasarkan edaran dari pihak Astra selaku penyelenggara bantuan keuangan pendidikan. Semoga kalian terpilih sebagai salah satu kandidat penerima beasiswa tersebut.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.