Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Beasiswa APERTI BUMN 2022 : Syarat, Jadwal & Tahapan Pendaftaran

Beasiswa APERTI BUMN
Advertisements

Beasiswa APERTI BUMN – membahas mengenai sebuah program milik perguruan tinggi di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni beasiswa kuliah. Dimana beasiswa tersebut bisa dimanfaatkan oleh para calon mahasiswa di PTN APERTI.

Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN merupakan sebuah organisasi beberapa perguruan tinggi yang mempunyai hubungan erat dengan beberapa BUMN Indonesia. Tujuannya pendirian APERTI sendiri adalah menjadi tempat institusi terkait untuk menjalin hubungan baik.

Untuk tahun ini, setidaknya sudah ada 8 (delapan) anggota APERTI BUMN dari berbagai bentuk kampus, mulai dari institut, universitas, politeknik hingga sekolah tinggi. Calon mahasiswa APERTI BUMN bisa mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa asal sudah memenuhi syarat.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan menjelaskan mengenai beasiswa APERTI BUMN mulai dari informasi syarat, tahapan hingga jadwal pendaftarannya. Demi mempersingkat waktu silakan simak saja ulasan beasiswa APERTI berikut.

Apa Itu Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa APERTI BUMN merupakan sebuah produk dari organisasi beberapa kampus di bawah naungan BUMN dalam negeri. Nantinya pada saat pendaftaran mahasiswa baru dibuka, seluruh siswa lulusan SMA, MA, maupun SMK yang memilih sekolah tujuan APERTI BUMN boleh mendaftarkan dirinya.

Dimana bentuk beasiswa APERTI BUMN sendiri adalah beasiswa fully funded, sehingga biaya kuliah para penerimanya akan ditanggung secara penuh (full) dari awal hingga akhir masa studi. Tentunya hal ini akan sangat membantu bagi para calon peserta didik perguruan tinggi APERTI BUMN dengan masalah keuangan.

Tujuan utama dari pemberian bantuan APERTI BUMN sendiri adalah memenuhi kebutuhan SDM dunia industri dari beberapa bidang berikut.

  • Digital Financial Technology & Technopreneur (DFTT).
  • Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK).
  • Supply Chain (SC).
  • Pos.
  • Ketenagalistrikan.
  • Energi.
  • Bisnis & Teknologi Persemenan (BTP).
  • Teknologi Telekomunikasi.

Perguruan Tinggi APERTI BUMN

Di atas penulis sudah menyinggung di atas bahwa beasiswa APERTI dikhususkan bagi para calon mahasiswa kampus APERTI. Oleh karena itu, pertama-tama sebaiknya kamu tahu terlebih dulu perguruan tinggi apa saja yang tergabung dalam APERTI BUMN.

Baca  √ Pendaftaran Unsoed Jalur Mandiri 2022 : Syarat, Jadwal & Biaya

Berikut adalah 8 (delapan) kampus ataupun perguruan tinggi anggota APERTI BUMN.

  1. Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute) : bidang DFFT.
  2. Telkom University (Tel-U) : bidang TIK.
  3. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) : bidang SC.
  4. Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) : bidang Pos.
  5. Institut Teknologi PLN (IT PLN) : bidang tenaga listrik.
  6. Universitas Pertamina (UP) bidang energi.
  7. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) : bidang BTP.
  8. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) : bidang telekomunikasi.

Dengan kata lain, bila kampus tujuanmu berada di bawah naungan BUMN namun belum termasuk sebagai anggota organisasi APERTI maka kamu belum bisa mendaftarkan diri.

Syarat Beasiswa APERTI BUMN

Selanjutnya penulis akan menjelaskan mengenai syarat pendaftaran beasiswa APERTI BUMN. Dimana pihak organisasi mempunyai syarat serta ketentuan daftar bantuan APERTI BUMN sebagai berikut.

  • Merupakan siswa lulusan SMA, SMK atau MA.
  • Dinyatakan lulus maksimal 2 (dua) tahun sebelum mendaftar.
  • Mempunyai nilai rapor baik dari semester 1 hingga 5.
  • Pendaftar memilih 3 program studi di salah satu universitas APERTI BUMN.
  • Melakukan pendaftaran online melalui website masing-masing kampus.

Apabila syarat umum di atas sudah dipenuhi, maka kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen atau berkas persyaratan bantuan APERTI BUMN seperti:

  • Scan KTP & KK.
  • Scan Ijazah.
  • Scan Rapor (semester 1-5).
  • Scan dokumen penunjang seperti piagam penghargaan, portofolio atau hasil karya (bila ada).

Untuk dokumen penunjang biasanya akan ditentukan oleh pihak kampus APERTI. Bila dilihat dari berkas persyaratan di atas, bisa dikatakan bahwa syarat beasiswa APERTI BUMN cukup mudah didapatkan. Apalagi jika dibandingkan dengan Beasiswa Pertamina sendiri, padahal Universitas Pertamina adalah salah satu anggota APERTI BUMN.

Biaya Pendaftaran APERTI BUMN

Seperti halnya beasiswa perguruan tinggi BUMN lainnya, beasiswa Asosiasi Perguruan Tinggi tidak membebani biaya daftar sepeser pun (gratis). Artinya bila dalam proses mendaftarkan diri beasiswa ada pihak yang mengatasnamakan pihak APERTI BUMN ataupun pihak kampus meminta uang maka tak perlu dihiraukan.

Baca  7 Beasiswa Dikti Pemerintah & Pendaftaran Online 2022

Jadwal Pendaftaran Beasiswa APERTI

Perihal penting berikutnya adalah jadwal pendaftaran beasiswa APERTI BUMN. Dimana meskipun proses daftarnya dilakukan di website masing-masing universitas, namun jadwal pendaftarannya ditetapkan menjadi jadwal tunggal.

Pada tahun lalu, jadwal pendaftaran beasiswa APERTI dibuka mulai dari tanggal 14 Mei hingga 1 Juli. Sehingga besar kemungkinan jadwal daftar beasiswa APERTI BUMNsendiri tidak jauh berbeda dari rentang tersebut.

Selain jadwal periode pendaftaran, di sini penulis juga akan menguraikan gambaran terkait tahapan atau proses seleksi beasiswa APERTI. Berikut adalah tahapan seleksi penerimaan beasiswa APERTI secara garis besar.

  1. Pendaftaran online : pembuatan akun sesuai perguruan tinggi beserta proses upload berkas persyaratan.
  2. Pengumuman seleksi berkas : pemberian daftar peserta lolos seleksi berkas APERTI BUMN.
  3. Tes online (CBT) : tes online menggunakan sistem CBT.
  4. Pengumuman tes online : pemberian daftar peserta lolos tes APERTI beserta nilai keseluruhan pendaftar.
  5. Interview online : wawancara dengan pihak APERTI.
  6. Pengumuman akhir : pemberitahuan hasil akhir seleksi beasiswa APERTI.

Tips Mendaftar Beasiswa APERTI

Sebelum mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa APERTI, berikut adalah beberapa tips agar bisa lolos dalam proses seleksi beasiswa APERTI.

  • Tentukan secara matang mengenai kampus serta jurusan di kampus APERTI BUMN.
  • Siapkan semua syarat dengan baik, yakni harus bisa terbaca dengan jelas.
  • Pahami baik-baik tahapan pendaftaran beasiswa APERTI.
  • Hindari mendaftar beasiswa lain sebelum hasil akhir seleksi APERTI diumumkan.

Call Center APERTI BUMN

Jika masih penasaran serta ingin tahu informasi lebih lanjut seputar beasiswa APERTI BUMN, maka kamu bisa langsung hubungi saja call center APERTI BUMN. Dimana kontak call center APERTI BUMN diantaranya adalah:

  • Nomor telepon : (021) 29044308
  • Email : info@apertibumn.org
  • Alamat Kantor Pusat APERTI BUMN : Komplek Universitas Pertamina, Jakarta.

Selain kontak serta alamat di atas, calon pelamar beasiswa APERTI bisa meminta info ke pihak kampus pilihan masing-masing.

Akhir Kata

Demikian bahasan seputar beasiswa APERTI BUMN yang dapat Kursiguru berikan. Semoga mampu menambah pengetahuan terkait beasiswa perguruan tinggi serta mampu menjadi acuan bagi para siswa seluruh Indonesia.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.