Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

3 Beasiswa Bank Indonesia 2021 : Unggulan, Reguler & Vokasi

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia – merupakan program bantuan pendidikan dari Bank Indonesia kepada para mahasiswa di perguruan tinggi yang telah menjalin kerja sama. Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk tetap dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Adapun tujuan jenjang dari beasiswa ini meliputi jenjang S1, D3, dan D4.

Sebagai Bank sentral di Indonesia yang memiliki tugas mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah, Bank Indonesia turut berpartisipasi di dunia pendidikan dengan memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia.

Berdasarkan informasi resmi dari Bank Indonesia, program tunjangan studi Bank Indonesia telah dibuka kembali pendaftaran di tahun ini. Pembukaan akan dimulai sejak bulan Januari hingga Desember, dimana nantinya proses daftarnya akan terbagi menjadi beberapa gelombang.

Nah, bagi kamu yang berminat dengan program beasiswa tersebut, Kursiguru akan membahas secara jelas hal-hal penting tentang beasiswa Bank Indonesia. Mulai dari daftar kampus, jenis beasiswa, fasilitas yang didapat, syarat, dan pendaftaran.

Pengertian Beasiswa Bank Indonesia

Sebagai bank central negara, BI tentunya mempunyai berbagai program pengembangan pilar utama Indonesia, termasuk bidang pendidikan. Salah satu wujud nyata pengembangan negara oleh BI dalam dunia pendidikan adalah penyediaan beasiswa. Program tersebut kemudian lebih dikenal sebagai beasiswa Bank Indonesia.

Fokus utama dari beasiswa BI yakni memberikan kesempatan bagi mahasiswa kompeten dengan keterbatasan dana agar dapat terus melanjutkan proses kuliah. Tentu saja beasiswa BI dibagikan kepada seluruh daerah di Indonesia.

Sistem pembagian uang tunjangan kuliah Bank Indonesia adalah menggunakan kuota. Dengan kata lain, sebuah universitas atau perguruan tinggi negeri akan mendapatkan kuota beasiswa BI ini.

Jenis Beasiswa Bank Indonesia

Seperti telah dibahas di atas, terdapat 3 jenis beasiswa yang diprogramkan oleh Bank Indonesia, yakni beasiswa unggulan dan reguler. Adapun penjelasan dan perbedaan dari kedua jenis tersebut, di bawah ini.

Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan merupakan salah satu jenis beasiswa Bank Indonesia dengan syarat dan ketentuan lebih pada memiliki prestasi. Seperti halnya harus memiliki IPK minimal 3,50 dan memiliki skor TOEFL minimal 500. Adapun jumlah dana tunjangan beasiswa BI diberikan sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan.

Beasiswa Reguler

Berbeda dengan beasiswa unggulan, beasiswa reguler diberikan kepada mahasiswa secara umum. Mahasiswa hanya perlu memiliki IPK minimal 3,0. Adapun jumlah beasiswa sebesar Rp. 1.000.000,- per bulan.

Beasiswa Vokasi

Beasiswa BI terakhir adalah beasiswa vokasi. Sesuai namanya, beasiswa BI ini hanya ditujukan bagi mahasiswa pada jenjang pendidikan sekolah vokasi dengan minimal IPK 3,00. Namun besaran uang beasiswa vokasi BI adalah sama dengan beasiswa reguler, yakni sebesar Rp. 1.000.000,- per bulan.

Syarat Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia akan memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa dari penjuru nusantara apabila memenuhi persyaratan dan ketentuan seperti berikut.

Syarat

  • Mahasiswa S1/D3/D4
  • Telah menyelesaikan minimal 40 SKS atau 3 semester
  • Dari keluarga kurang mampu
  • Bagi beasiswa reguler serta vokasi, IPK minimal 3,00
  • Bagi beasiswa unggulan, IPK minimal 3,50
  • Berusia maksimal 23 tahun
  • Sedang tidak bekerja di dinas maupun instansi
  • Sedang tidak menerima beasiswa lain
  • Memiliki pengalaman aktivitas sosial yang bermanfaat bagi masyarakat
  • Siap berperan aktif mengembangkan komunitas dengan mahasiswa penerima beasiswa.

Dokumen

  • KHS semester akhir
  • Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/jaskesmas
  • Fotocopy transkrip nilai terlegalisir
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy kartu keluarga
  • CV (daftar riwayat hidup)
  • Surat keterangan penghasilan orangtua
  • Fotocopy mahasiswa
  • Fotocopy buku rekening (bagian depan)
  • Surat pernyataan tidak sedang bekerja
  • Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa lain
  • Surat rekomendasi dari pihak fakultas
  • Surat pernyataan bersedia aktif di komunitas mahasiswa penerima beasiswa
  • Surat keterangan dari kepala desa tempat tinggal orangtua bahwa calon penerima benar tidak mampu
  • Seluruh dokumen di atas dibuat 2 salinan dalam 1 map

Selain dokumen persyaratan di atas, beberapa PTN juga mewajibkan pendaftar beasiswa untuk melampirkan motivation letter. Jadi sebelum melakukan pendaftaran beasiswa BI, sebaiknya buatlah motivation letter terlebih dahulu karena proses membuatnya cukup memakan waktu.

Jika belum tahu bagaimana cara membuatnya silakan cek bahasan Kursiguru mengenai Contoh Motivation Letter Beasiswa.

Contoh Dokumen Beasiswa Bank Indonesia

Berikut penulis lampirkan beberapa contoh dokumen pendaftaran beasiswa BI dalam bentuk gambar.

Contoh Biodata Beasiswa BI
Contoh Motivation Letter Beasiswa Bank Indonesia
Contoh Surat Pernyataan Beasiswa BI
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa BI

Pendaftaran Beasiswa Bank Indonesia

Pelaksanaan pendaftaran beasiswa perbankan Indonesia tidak dilakukan secara individualis, melainkan lewat sistem kolektif di setiap perguruan tinggi. Dengan kata lain, kamu hanya perlu mengumpulkan data pada pihak kampus saja. Dimana tiap universitas mempunyai batas waktu pendaftaran tersendiri.

Selain itu, proses pendaftaran beasiswa BI mempunyai beberapa tahapan seleksi, yakni:

  1. Seleksi tahap pertama : administrasi
  2. Seleksi tahap kedua : wawancara
  3. Pengumuman penerima beasiswa BI
  4. Pembentukan organisasi GenBI
  5. Pengembangan kompetensi anggota GenBI sebagai persiapan aktivitas sosial masyarakat.

Call Center Beasiswa Bank Indonesia

Apabila kamu masih punya pertanyaan seputar beasiswa Bank Indonesia, maka pertanyaan itu bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan kampus atau langsung ke call center BI. Berikut adalah beberapa kontak Bank Indonesia yang bisa dihubungi pada jam kerja.

  • Telepon : 1500131
  • Email : bicara@bi.go.id

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar salah satu beasiswa terbaik di dalam negeri yakni beasiswa Bank Indonesia. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat serta mampu menjadi referensi ketika kamu akan mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa milik BI.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.