Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Terbaru 2020 [DOWNLOAD]

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS 7

Silabus bahasa Indonesia kelas 7 yang digunakan saat ini bersandar panduan dari kurikulum 2013. Namun, ada sebagian sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP. Kursiguru akan membagikan silabus bahasa Indonesia kelas 7 dari panduan kurikulum 2013 dan 2006. Seperti halnya Silabus Bahasa Inggris K13 Kelas 8 juga bersandar pada kurikulum 2013. Sebelum itu, Kursiguru akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian, manfaat, dan prinsip pengembangan silabus.

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru adalah silabus. Guru akan berpatok pada silabus sebelum memulai proses belajar mengajar. Silabus dibuat berdasarkan kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu.

Silabus dapat diartikan sebagai rincian mengenai rencana pembelajaran yang dipimpin oleh guru. Silabus berisi tema mata pelajaran tertentu yang berdasarkan komponen seperti kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator kompetensi, materi pembelajaran, alokasi waktu, penilaian, dan sumber belajar yang digunakan oleh guru.

Download Silabus Bahasa Indonesia 7

Manfaat Silabus

Dibuatnya silabus tentunya memiliki manfaat bagi guru. Antara lain:

  1. Silabus menjadi sumber acuan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
  2. Silabus akan memudahkan guru dalam memetakan ragam variasi pembelajaran.
  3. Silabus juga akan memudahkan guru untuk memetakan indikator-indikator pencapaian hasil belajar peserta didik.
  4. Silabus akan memudahkan guru dalam perancangan bentuk-bentuk penilaian dari indikator-indikator yang ingin dicapai.

Prinsip Pengembangan Silabus

Dalam proses penyusunan silabus, tentu terdapat prinsip-prinsip pengembangan silabus. Prinsip-prinsip ini menjadi kaidah akan mendasari pelaksanaan kurikulum yang ada. Menurut Departemen Nasional (2008: 16), Ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai,/adequate, aktual, fleksibel dan menyeluruh yang menjadi prinsip-prinsip dalam pengembangan silabus dan dijadikan dasar pengembangan silabus. Kursi akan menjabarkan prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut:

1. Ilmiah

Secara keilmuan, materi dan kegiatan yang disusun di silabus harus benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal itu dikarenakan, silabus berisi seluruh materi yang akan dipelajari peserta didik. Perlu melibatkan para ahli bidang keilmuan di masing-masing mata pelajaran .

2. Relevansi

Prinsip relevansi di silabus diartikan sebagai cakupan, kedalama, tingkat kesukaran dan urutan penyusunan materi harus sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual dalam diri peserta didik. Selain itu, prinsip relevansi mendasari dalam pemilihan materi, strategi, dan pendekatan proses belajar mengajar.

3. Sistematis

Secara garis besar, silabus bersifat sistemik. Komponen-komponen yang ada di silabus harus saling berkaitan untuk mencapai kompetensi. Pada dasarnya, silabus merupakan suatu sistem yang disusun oleh ahli dalam pendidikan.

4. Konsisten

Proses pengembangan silabus menjadi prinsip konsistensi antara komptensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan instrumen penilaian.  Prinsip konsistensi memberi sifat searah dalam pencapaian standar kompetensi.

5. Memadai/Adequate

Prinsip memadai menjadi patokan di setiap komponen-komponen yang ada di silabus. Hal ini akan dapat menunjang dalam pencapaian kompetensi dasar.

6. Aktual

Dengan adanya sifat aktual di silabus maka sepenuhnya memberikan arahan dalam perkembangan ilmu, teknologi yang selalu berkembang. Silabus dirancang berdasarkan kehidupan yang ada di sekitar kita.

7. Fleksibel

Prinsip fleksibelitas memberi arahan dalam penyusunan silabus yang berdasarkan keragaman, peserta didik, guru, lingkungan belajar, dan perubahan sosial yang terjadi masyarakat. Silabus diharapkan dibuat secara flesibel.

8. Menyeluruh

Prinsip menyeluruh memberikan arahan dalam proses penyusunan silabus yang mencakup komponen-komponen. Prinsip menyeluruh diusahakan dapat berkaca pada pengetahuan, nilai, sikap, dan perbuatan kehidupan peserta didik.

Selanjutnya, Kursiguru akan membagikan contoh silabus Bahasa Indonesia kelas 7 berdasarkan kurikulum 2013 dan 2006. Andab bisa mengunduh di bawah ini dengan sesuka hati.

Download Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7

Demikian, beberapa silabus Bahasa Indonesia kelas 7 yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya materi silabus di atas memberikan kelancaran guru dalam mendidik peserta didik.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *