Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Sejarah Pendidikan Indonesia Sejak Sebelum Kemerdakaan

Sejarah Pendidikan Indonesia

Sejarah Pendidikan Indonesia – Dalam perjalanan bangsa Indonesia, pendidikan Indonesia selalu melewati banyak perubahan. Hal itu dikarenakan setiap tahun memiliki perkembangan yang berbeda. Lalu bagaimana sejarah pendidikan Indonesia sebelum kemerdekaan sampai saat ini. Kursiguru akan membahas hal itu di artikel ini.

Pendidikan bisa dikatakan sebagai sektor terpenting bagi sebuah negara. Salah satunya negara Indonesia. Karena dari pendidikan akan menciptakan penerus bangsa yang memiliki karakter yang hebat dan mampu memajukan bangsa Indonesia.

Hingga kini, pemerintah terus berinovasi dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Antara lainnya tenaga pendidik, sekolah, guru, dan siswa. Dengan mengembangkan pendidikan yang baik, maka akan membawa perubahan positif untuk negara Indonesia.

Di artikel ini, penulis akan mengajak kalian untuk melihat bagaimana perjalanan pendidikan di Indonesia sebelum kemerdekaan hingga sekarang ini. Hal ini tentunya perlu kita ketahui agar tahu bagaimana perjuangan-perjuangan pahlawan memperjuangkan pendidikan.

Sejarah Terciptanya Pendidikan Di Dunia

Adanya pendidikan di dunia bermula dari zaman Hellenisme antara 150 SM hingga 500, zaman pertengahan abad 500 hingga 1500, zaman Humanisme serta zaman reformasi di tahun 1600-an. Namun, pendidikan di zaman tersebut belum sama sekali memberikan sumbangsih pada pendidikan zaman sekarang.

Setelah berakhir masa pendidikan di atas, baru mulailah muncul pendidikan di zaman baru. Zaman tersebut antara lainnya, zaman realisme, rasionalisme, naturalisme, develomentalisme, nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme . Dari zaman-zaman tersebut maka ada penemuan-penemuan baru, teori-teori baru, muncul tokoh-tokoh keilmuan, dan lain sebagainya. Dari situlah ada beberapa yang masih digunakan di era pendidikan sekarang.

Baca  10 Contoh Paragraf Pembuka : Penghubung dan Penutup

Awal Mula Pendidikan Indonesia Sebelum Kemerdekaan

Awal dikenalkannya pendidikan di Indonesia adalah pada saat masa penjajahan Belanda. Semua sistem pendidikan di Indonesia diatur juga oleh pemerintah Belanda. Sistem tersebut bernama Query String yang berarti sistem pendidikan yang berdasarkan dari status sosial.

Di awal tahun 1870, bangsa Belanda memberi kesempatan orang pribumi dapat bersekolah. Dari itulah menjadi awal mula sekolah dasar di Indonesia. Lalu, di tahun 1871, pemerintah Belanda menjadi undang-undang baru tentang pendidikan agar sistem pendidikan seragam dan merata sampai pelosok desa. Namun dalam perjalanannya, pemerintah Belanda khawatir dalam perluasan pendidikan di Indonesia akan menciptakan ancaman ke Belanda.

Pendidikan Indonesia Setelah Kemerdekaan

Setelah kemerdekaan bangsa Indonesia, pemerintah Indonesia langsung merubah sistem dari awal dan menolak sistem kolonial. Maka terciptalah undang-undang tentang pendidikan Indonesia yang berbunyi setiap warga negara berhak atas pendidikan.

Pada saat itu, lembaga pendidikan baru berusaha melahirkan pendidikan yang anti elitis, kapitalis, dan diskriminatif. Hal itu agar bisa memajukan cinta kepada bangsa Indonesia. Dari usaha tersebut maka terciptalah keputusan bahwa agama harus lebih diperhatikan. Sehingga munculah dukungan berdirinya pesantren dan madrasah Islam.

Sejarah Pendidikan Indonesia Saat Ini

Di tahun ini, pemerintah Indonesia masih berusaha menciptakan pendidikan Indonesia yang maju. Namun, dalam perkembangannya, pendidikan Indonesia bisa dikatakan sudah baik. Hal itu ditandai dengan pendidikan yang merata. Hampir semua anak bisa merasakan bangku sekolah.

Tentunya dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas tidaklah mudah. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan di Indonesia. Maka dari itu, sesama masyarakat Indonesia harus turut serta membangun bersama agar pendidikan di Indonesia lebih baik.

Download Buku Tentang Sejarah Pendidikan Indonesia

Dari semua uraian di atas, setidaknya kita sedikit mengetahui mengenai sejarah pendidikan Indonesia. Agar melengkapi penjelasan di atas, Kursiguru telah menyediakan buku mengenai materi bahasan kita kali ini. Buku ini berbentuk file PDF, jadi kamu bisa langsung memiliki buku ini dengan cara mendownloadnya.

Baca  9 Materi Sejarah Kelas 11 Semester 2 K13 : Peminatan & Wajib

Download Buku Tentang Sejarah Pendidikan Indonesia

Akhir Kata

Demikian pembahasan kita mengenai sejarah pendidikan di Indonesia. Pendidikan di masa lalu telah mewariskan banyak peradaban yang memiliki nilai-nilai luhur yang bisa kita pertahankan dan diteruskan ke generasi penerus.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menumbuhkan semangat dalam ikut memajukan pendidikan Indonesia. Selain itu, kita bisa lebih semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. ikuti selalu tulisan-tulisan dari Kursiguru mengenai dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *