Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

RPP Tematik Kelas 2 Semua Semester [Download]

RPP Tematik Kelas 2

RPP Tematik kelas 2 sekolah dasar akan kamu dapatkan dengan mudah pada artikel ini. Salah satu perangkat pembelajaran tersebut memiliki kebaruan karena sudah melalu proses revisi. Kursiguru akan menyajikan RPP tematik kelas 2 mulai dari semester 1 hingga semester 2. Akan tetapi sebelum Kursiguru memberikan file RPP, kita terlebih dulu membahasnya. Agar kita mengetahui apa saja yang ada dalam RPP.

Di dalam kurikulum 2013, seluruh pendidik harus memiliki strategi dalam proses pembelajaran demi mewujudkan keberhasilan pembelajaran dengan peserta didik. Bentuk strategi tersebut dituangkan di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Pendidik harus menciptakan strategi melalui tahapan pembelajaran baik secara teori maupun praktik.

RPP diciptakan supaya pendidik tidak mengalami kegagalan dalam proses pembelajaran. RPP dapat dijadikan sebagai acuan apa yang harus dilakukan seorang pendidik supaya mendapatkan hasil yang baik dari proses pembelajaran. Pendidik dapat menjabarkan dan mengembangkan kompetensi dasar ke dalam indikator pencapaian kompetensi serta tujuan pembelajaran. RPP memuat aktivitas pembelajaran sebagai upaya pencapaian dan pengusaan kompetensi bagi peserta didik.

Pengertian Tematik

Tematik dalam pembelajaran di sekolah merupakan bentuk model pembelajaran terpadu dari penggabungan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi dalam satu tema atau topik. Dari hal tersebut menjadi topik pembahasan sehingga terjadi integrasi pengetahuan, keterampilan, dan nilai yang menjadikan peserta didik aktif menemukan konsep secara holistik, bermakna, dan otentik.

Pembelajaran tematik melibatkan peserta didik untuk mengembangkan kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator dari suatu mata pelajaran. Peserta didik dapat belajar dan bermain dengan kreativitas tinggi melalui pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik menerapkan konsep belajar dengan melakukan sesuatu. Selain itu, pembelajaran tersebut dapat membentuk pengalaman pembelajaran peserta didik terkait kebermaknaan belajar.

Baca  RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7 Semester 1 & Download

Karakteristik Pembelajaran Tematik

Adapun karakteristik pembelajaran tematik yang berdasar pada keaktifan peserta didik dalam mempelajaran konsep dari materi yang didapat.

1. Holistik

Holistik adalah suatu gejala atau peristiwa menjadikan pusat perhatian dalam pembelajaran tematik. Hal tersebut dapat dilalui dengan pengamatan dan pengkajian dari beberapa bidang studi sekaligus.

2. Bermakna

Bermakna artinya mengkaji suatu fenomena dari berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut memungkinkan terbentuknya semacam jalinan antar-skema peserta didik. Pada akhirnya peserta didik mendapatkan kebermaknaan dari materi yang dipelajari.

3. Otentik

Dengan memiliki karakteristik otentik, peserta didik dapat memahami secara langsung konsep dan prinsip yang dipelajari dari pembelajaran tematik.

4. Aktif

Pembelajaran temati diusahakan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal itu dikarenakan, pembelajaran tematik dikembangkan melalui pendekatan inquiry discovery.

Langkah-langkah Pembelajaran Tematik

Dalam pembelajaran tematik memiliki beberapa langkah-langkah melakukan proses pembelajaran. Antara lain yaitu, pertama, pendidik harus berpatok pada tema sebagai bahan mata pelajaran dalam satu tahun. Kedua, pendidik harus melakukan analisis standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan membuat indikator dengan memperhatikan materi. Ketiga, pendidik membuat hubungan kompetensi dasar dan indikator menjadi satu tema. Keempat, menyusun jaringan kompetensi dasar dan indikator. Kelima, pendidik melaraskan silabus. Keenam, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific.

Download RPP Tematik Kelas 2

Dari pembahasan di atas, maka Kursiguru akan membagikan RPP tematik kelas 2 semua semester. Di dalam perangkat ini terdapat beberapa struktur yang meliputi kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode, media dan bahan, sumber belajar, serta langkah-langkah pembejaran. Kamu bisa mengunduh file RPP tematik kelas 2 ini dengan mudah dan tentunya gratis. Tidak hanya itu, format file RPP ini berbentuk word supaya kamu bisa melaraskan dengan kondisi sekolahmu.

Baca  7 Contoh Soal PTS Kelas 7 Semester 1 PJOK & Jawaban

Download Semester 1

Download Semester 2

Demikian penjabaran artikel mengenai RPP tematik kelas 2 semua semester yang bisa Kursiguru susun. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam melaksanakan tugas mendidik anak bangsa Indonesia. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *