Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 9 RPP Kelas 4 Semua Semester : Lengkap & Bisa Edit [Download] 2021

RPP KELAS 4

RPP kelas 4 SD semua semester akan dibahas di kesempatan kali ini. RPP ini pun diperuntukkan bagi kamu yang sedang mengajar di sekolah dasar khususnya di kelas 4. Salah satu perangkat pembelajaran tersebut akan Kursiguru bagikan secara lengkap mulai dari tema 1 hingga 8 setiap semesternya. Karena RPP dirasa penting bagu guru, maka sebelum lari ke RPP, Kursiguru akan menjelaskan mengenai apa itu RPP.

RPP menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru. Di saat guru mengajar pun, RPP dijadikan sebagai pegangan guru. RPP akan membantu guru dalam mengkondisikan kelasnya. Berkaitan dengan perkiraan atau proyeksi tentang apa yang ingin diajarkan guru, semuanya diatur dalam perangkat tersebut.

Sistematika penyusunan RPP pun sudah diatur dalam Permendikbud nomor 65 tahun 2013. Berdasarkan peraturan tersebut, RPP harus disusun untuk pembelaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Selain itu, untuk mengembangkan sebuah RPP harus berdasarkan silabus yang disusun oleh satuan pendidikan.

RPP Kelas 4 : Pengertian, Prinsip & Komponen Lengkap

Pengertian RPP Kelas 4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen guru yang berisi rencana kegiatan pembelajaran tatap muka. Dokumen tersebut dibuat untuk memudahkan untuk memperkirakan waktu maupun materi yang akan dilaksanakan di kelas. Acuan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran berasa dari silabus. Penyusunan RPP diupayakan untuk mencapai kompetensi dasar.

Adapun implementasi rencana pelaksanaan pembelajaran yang meliputi dari beberapa tahapan. Tahapan pertama, dalam pembelajaran harus mewujudkan dengan kegiatan penyusunan RPP. Tahap selanjutnya adalah proses pengembangan RPP secara terrinci berdasarkan materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.

Setiap guru di suatu pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal itu dikarenakan agar pembelajaran berlangsung sceara interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang sesuai dengan visi belajaran kemendikbud.

Prinsip Pengembangan RPP Kelas 4

Selain diimplementasi, RPP juga perlu dikembangkan yang mengikuti prinsip-prinsip berikut:

1. RPP berdasarkan kebijakan pemerintah pusat berupa ide kurikulum (silabus) yang sudah dikembangkan di tingkat nasional.

2. RPP dikembangkan melalui acuan dari silabus dengan tetap mengacu kondisi setiap sekolah, kelas, dan peserta didik. Kondisi tersebut meliputi kemampuan, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, dan gaya belajar peserta didik.

3. RPP diupayakan dapat menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.

4. RPP berpedomen pada tujuan kurikulum 2013 yaitu menghasilkan peserta didik mandiri dan terus belajar.

5. RPP diupayakan menumbuhkan minat baca dan tulis.

6. RPP dirancang bisa mengembangkan pemahaman membaca peserta didik dalam suatu bacaan.

7. RPP harus memuat rancangan umpan balik positif peserta didik di dalam seluruh proses pembelajaran di kelas.

8. RPP harus memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara komptensi inti dan kompetensi dasar, materi, kegiatan, penilaian, dan sumber belajar.

9. Guru wajib melakukan proses penyusunan RPP agar bisa sesuai dengan teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai kondisi dan situasi sekolah (terpadu, sistematis, dan efektif).

Komponen dalam RPP Kelas 4

Komponen dalam RPP sudah diatur dalam Permendikbud nomor 81 A tahun 2013 pada lampiran IV, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Tujuan Pembelajaran
  • Materi Pembelajaran
  • Metode Pembelajaran
  • Sumber Belajar
  • Penilaian

Dari kelima komponen tersebut adalah komponen paling sedikit, selanjutnya bisa dikembangkan kembali oleh guru.

Download RPP Kelas 4

Dari rangkuman mengenai RPP di atas, maka Kursiguru akan membagikan RPP kelas 4 dari semua semester dan tema di dalamnya. Bentuk file RPP ini berbentuk word, sehingga bisa diedit kamu sesuai kondisi sekolah kamu. File ini bisa diunduh atau didownload sangat mudah dan tentunya gratis.

Semester 1

Tema 1

Tema 2

Tema 3

Tema 4

Tema 5

Semester 2

Tema 6

Tema 7

Tema 8

Tema 9

Demikian artikel ini mengenai RPP Kelas 4 semua semester yang bisa Kursiguru berikan. Semoga salah satu perangkat pembelajaran ini bisa memberikan referensi kamu dalam melengkapi adminitrasi kamu di sekolah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.