Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

RPP Daring Kelas 1 Semester 1 SD/MI Format Word [2020]

RPP Daring Kelas 1 Semester 1

RPP daring kelas 1 semester 1 ini bisa digunakan sebagai acuan mengajar di SD dan MI. Dimana file tersebut merupakan versi terbaru dari RPP metode pengajaran luring yang kemudian diubah dan disesuaikan agar dapat digunakan dalam metode pengajaran daring. RPP tersebut terbagi menjadi 4 (empat) tema utama dan beberapa sub-tema untuk setiap tema tersebut.

Pada bulan Desember tahun lalu, Kemendikbud mengeluarkan sebuah surat edaran yang isinya menyatakan tentang revisi dalam sistem administrasi guru. Salah satu poin pentingnya adalah menyangkut pembaruan perangkat ajar agar menjadi lebih simpel. Simpel yang dimaksud disini adalah guru dapat membuat perangkat ajar yang efisien dalam hal biaya, pemikiran, dan juga efisien waktu. RPP menjadi salah satu perangkat ajar yang mendapat pembaruan sesuai surat edaran tersebut. Perubahan bentuk yang paling signifikan adalah jumlah halaman yang diringkas menjadi hanya satu lembar, dimana sebelumnya berjumlah puluhan lembar untuk sebuah RPP.

Pada dasarnya penyusunan RPP dilakukan seorang guru sebagai acuan dalam proses belajar-mengajar di kelas. Dalam prosesnya, penyusunan berkas tersebut memberikan efek baik kepada guru karena secara tidak langsung seorang guru akan mempelajari terlebih dahulu materi yang harus disampaikan kepada para siswanya. Sesuai dengan kebijakan baru yang ada, titik berat penyusunan RPP dilakukan pada tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian (asesmen).

Susunan RPP untuk jenjang pendidikan SD/MI dibuat untuk setiap pertemuan. Dalam satu kali pertemuan tersebut RPP sudah harus mencakup beberapa mata pelajaran sekaligus. Mata pelajaran untuk kelas 1,2, dan 3 terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, PJOK, SBDP, dan PKN. Sedangkan untuk kelas 4,5, dan 6 cakupan mata pelajarannya adalah IPA, IPS, PKN, SBDP. Khusus untuk mata pelajaran Matematika dan PJOK kelas 4,5,6 RPP nya akan dibuat secara terpisah untuk masing-masing mata pelajaran.

Download RPP Daring Kelas 1 Semester 1

Metode pembelajaran daring merupakan metode yang masih tergolong baru untuk sebagian besar guru di Indonesia. Metode ini memberikan permasalahan baru kepada para guru, karena harus membuat RPP yang sesuai dengan metode pembelajaran daring. Padahal sebelumnya RPP yang dibuat hanya digunakan untuk metode pembelajaran tatap muka di kelas. Untuk menyesuaikan RPP jenjang sekolah dasar memang cukup sulit, terlebih untuk kelas bawah yang seharusnya dilakukan dengan tatap muka secara langsung.

Karena itu disini Kursiguru mencoba memberikan contoh RPP kelas 1 yang sesuai dan dapat digunakan dalam metode pembelajaran daring. Terdapat 4 tema dalam contoh RPP yang akan kami bagikan dan setiap tema terbagi menjadi beberapa sub-tema. Untuk lebih jelasnya silahkan download langsung contohnya pada link berikut ini.

Download RPP Kelas 1 Semester 1 Tema 1

Download RPP Kelas 1 Semester 1 Tema 2

Download RPP Kelas 1 Semester 1 Tema 3

Download RPP Kelas 1 Semester 1 Tema 4

Semua file di atas kami sediakan dengan format Word agar dapat anda edit setelah mendownloadnya. File yang kami sediakan juga dapat langsung dicetak menggunakan printer seperti biasa, namun akan lebih baik jika anda mengeditnya dahulu agar lebih sesuai dengan kebutuhan murid anda di sekolah. Untuk mengedit file-file tersebut dapat menggunakan aplikasi seperti WPS Office, Microsoft Word, ataupun aplikasi sejenisnya.

Demikian di atas adalah contoh RPP yang dapat Kursiguru bagikan untuk kali ini. Semoga metode pembelajaran daring ini tidak mengurangi keinginan untuk mencerdaskan generasi bangsa masa depan. Terimakasih dan Selamat Mengajar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *