Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ RPP IPS Kelas 3 Pendekatan Kognitif : Pengertian & Tujuan PDF [2021]

RPP IPS Kelas 3 Pendekatan Kognitif

RPP IPS Kelas 3 Pendekatan Kognitif akan kursiguru bahas pada artikel kali ini. Dimana kini pada kurikulum pembelajaran k13 berlandaskan pada pendekatan kognitif, afektif serta psikomotor, baik itu rpp untuk semester 1 maupun 2.

Pada dasarnya, karena sekarang penyusunan RPP sudah mengarah ke RPP 1 LEMBAR , seluruh komponennya pasti memiliki pendekatan ke arah kognitif, afektif dan psikomotor. Hal ini berlaku untuk semua jenjang sekolah, termasuk sekolah dasar kelas 1, 2, 3, 4, 5, serta kelas 6.

Karena itu, sekarang ini RPP kelas 3 sd mapel ilmu pengetahuan sosial juga harus menggunakan dasar penyusunan RPP satu lembar tersebut. Namun jika memang merasa dibutuhkan, aspek lain juga boleh dimasukkan dalam susunan RPP IPS kelas 3 itu.

Untuk memudahkanmu ketika menyusun RPP IPS kelas 3, silakan langsung simak pembahasan dari kursiguru di bawah. Pembahasan RPP IPS kelas 3 di artikel kursiguru ini akan berfokus pada aspek pendekatan kognitif.

RPP IPS Kelas 3 Pendekatan Kognitif

Sebelum membahas ke bagian inti, kamu perlu memahami dulu tentang konsep pendekatan kognitif pada pembelajaran di sekolah.

Pendekatan Kognitif Pada Siswa Kelas 3 SD

Kata kognitif di sini diperoleh dari istilah bahasa Latin yaitu cognoscere (mengetahui). Sehingga pendekatan kognitif di sebuah proses pembelajaran bisa dipahami sebagai pendekatan yang menitik beratkan pada perilaku para peserta didik. Dimana prosesnya dilakukan dengan memahami perkembangan mental dilihat dari segi keaktifannya terhadap sebuah materi pelajaran. Segi keaktifan yang ditinjau diantaranya adalah:

  • Pertama bagaimana siswa kelas 3 menangkap materinya.
  • Kemudian bagaimana siswa kelas 3 menilainya.
  • Apakah siswa kelas 3 mampu membuat perbandingan.
  • Lalu terakhir seperti apa responnya.

Setelah peserta didik mampu secara aktif melakukan semua hal di atas, maka penilaian terhadap perkembangan kognitif dapat dilakukan.

Tujuan RPP IPS Kelas 3

Setelah sudah memahami ilmu seputar pendekatan kognitif, maka selanjutnya kamu harus memahami tujuan pendekatan kognitif dalam RPP IPS untuk siswa kelas 3. Dimana tujuan pembelajaran menggunakan pendekatan kognitif di RPP itu adalah siswa bisa melakukan berbagai hal terkait materi, yaitu:

1. Mampu menyebutkan peralatan yang digunakan.

2. Dapat memberi penjelasan sejarahnya.

3. Dapat menjelaskan fungsinya.

4. Bisa menyebutkan jenisnya.

5. Mampu menjelaskan cara memakainya untuk memenuhi kebutuhan.

6. Mampu menjelaskan manfaatnya.

7. Mengetahui proses lanjutan dari materi.

Indikator Pedekatan Kognitif RPP IPS Kelas 3

Dalam proses penyusunan RPP IPS untuk kelas 3, kamu harus mampu menyesuaikan materi dengan kegiatan di atas. Sebagai contoh, jika materinya membahas seputar uang maka muridmu harus mampu memahami informasi seputar:

1. Alat berbelanja,

2. Sejarah uang,

3. Fungsi uang,

4. Jenis uang,

5. Proses menabung,

6. Dan pengiriman uang.

Itulah contoh bagaimana membuat indikator pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan tema materinya. Meskipun format RPP terbaru tidak perlu memasukkan indikator ini, tapi sebagai guru harus tetap membuatnya. Karena jika kamu mempunyai indikator, maka penilaianmu tidak akan melenceng.

Komponen Lain RPP Pendekatan Kognitif

Jika menggunakan dasar rpp 1 lembar, maka selain tujuan seperti di atas, RPP IPS untuk peserta didik kelas 3 sd akan memiliki komponen lain seperti:

1. Jenis kegiatan.

2. Penjabaran atau Deskripsi lengkap kegiatan pembelajaran.

3. Pengalokasian waktu rinci setiap kegiatan.

Download RPP IPS Kelas 3 Pendekatan Kognitif

Agar lebih mudah memahami tentang RPP kelas 3 sekolah dasar, ada baiknya kamu melihat contoh wujud RPP nya secara langsung. Untuk itu, di sini kursiguru akan membagikan contoh RPP kelas 3 yang memperhatikan atau berlandaskan pada pendekatan kognitif. Silakan langsung download melalui link yang kursiguru sediakan di bawah ini.

Download RPP IPS Kelas 3 Berlandaskan Pendekatan Kognitif

Selesai sudah pembahasan seputar RPP mapel ilmu pengetahuan sosial untuk jenjang pendidikan SD kelas 3 pada artikel ini. Ingatlah bahwa dalam proses belajar-mengajar RPP hanyalah alat bantu saja, sedangkan penjelasan dan penyampaian oleh guru sebagai pengajar lah yang terpenting.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *