Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Modul Ajar Kurikulum Merdeka : SD, SMP, SMA PDF [Download]

Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini, pemerintah telah menetapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Mau tidak mau, seluruh pihak mulai dari kepala dinas, guru, dan peserta didik harus merombak tatanan pembelajaran yang sebelumnya menggunakan kurikulum K13. Salah satu perombakan yang harus dilakukan adalah membuat modul ajar kurikulum merdeka.

Modul ajar menjadi pegangan guru untuk proses belajar mengajar di kelas. Selain itu, dengan adanya modul ajar juga akan membantuk peserta didik belajar secara mandiri. Tanpa modul, maka guru hanya angan-angan dalam mengajar peserta didik.

Sebelumnya, telah dibahas mengenai komponen RPP 1 lembar K13. Dari artikel tersebut akan ditemukan perbedaan dengan buku ajar kurikulum merdeka. Nah, bagi kamu yang belum sempat membacanya, bisa membuka artikel tersebut sebagai pembeda artikel ini.

Artikel ini tidak hanya membagikan buku ajar kurikulum merdeka, namun juga akan dibahas definisi kurikulum merdeka, definisi modul ajar, serta komponen dalam buku ajar. Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Kurikulum Merdeka

Dilansir dari pernyataan Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menyatakan bahwa kurikulum merdeka sebuah sistem kurikulum yang lebih fleksibel serta bisa memfokuskan materi yang esensial. Selain itu, melalui kurikulum baru ini diharapkan bisa memberi keleluasaan guru agar menggunakan modul ajar sesuai kebutuhan dan karakter peserta didik.

Apa Itu Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Modul ajar memiliki arti yaitu sekelompok alat/media, petunjuk, metode, dan pedoman yang disusun secara terstruktur dan menarik. Modul ajar kurikulum merdeka sendiri merupakan pengembangan dari capaian pembelajaran dari profil pelajar pancasila yang menjadi sasaran utama.

tisu murah
Baca  Download RPP Kurikulum Merdeka SMP [TERLENGKAP]

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Dalam proses penyusunan modul ajar, guru tentu harus memenuhi komponen yang sudah ditetapkan. Namun, isi setiap komponen guru bisa memodifikasi sesuai situasi dan keadaan di sekolah masing-masing. Berikut beberapa komponen yang harus disusun oleh guru.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka Identitas Modul

Identitas modul menjadi komponen pertama dalam modul ajar. Identitas modul berisi seperti nama penulis, tahun penulisan, nama sekolah, jenjang sekolah, tingkatan kelas, dan alokasi waktu belajar mengajar sesuai dengan kondisi sekolah.

Kompetensi Awal

Sama halnya dengan kurikulum K13, buku ajar kurikulum merdeka juga memiliki kompetensi awal. Kita ketahui bahwa kompetensi merupakan pengetahuan dan keterampilan yang harus dicapai peserta didik. Namun, sebelum pembelajaran dilaksanakan, guru lebih dulu melakukan asesmen untuk mengetahui kemampuan peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila

Salah satu pembeda dari kurikulum sebelumnya, kurikulum menerapkan capaian pelajar pancasila. Profil ini merupakan capaian pembelajaran yang mengutamakan pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran. Jadi, di dalam modul ajar harus memuat profil pelajar pancasila.

Sarana dan Prasarana

Komponen lainnya adalah sarana dan prasaran. Komponen ini memuat alat dan materi sebagai penunjang proses belajar mengajar. Kurikulum merdeka mengutamakan teknologi sebagai sarana dan prasarana utama untuk kegiatan pembelajaran di kelas.

Target Peserta Didik

Selain ke empat komponen di atas, ada pula komponen target peserta didik. Komponen dilaksanakan untuk menghindari kesulitan dan tidak pahamnya materi yang disampaikan oleh guru. Komponen ini sangat penting dilakukan, karena di akhir belajar mengajar guru memiliki data peserta didik yang berhasil melewati mata pelajaran.

Model Pembelajaran

Komponen terakhir yaitu model pembelajaran. Komponen terakhir ini menjadi komponen utama penyusun buku ajar kurikulum merdeka. Karena model pembelajaran akan menentukan arahnya proses belajar mengajar seperti apa. Contoh menggunakan model pembelajaran blended learning atau lainnya. Model pembelajaran bisa menyesuaikan dengan keadaan sekolah.

Baca  √ Download RPP Kelas 4 Semester 2 Lengkap Format Doc 2022

Download Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Sesuai judul pada artikel ini, Kursiguru akan membagikan modul ajar kurikulum merdeka semua jenjang sekolah. Silakan download modul di bawah ini secara mudah dan diberikan secara cuma-cuma.

Download Modul SD

Download Modul SMP

Download Modul SMA

Akhir Kata

Akhirnya dengan memiliki modul atau buku pengajaran kurikulum merdeka di atas, kita bisa melaksanakan proses belajar mengajar di kelas secara baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk seluruh guru di Indonesia serta dapat menciptakan generasi emas yang luar biasa. Nanti pembahasan lainnya bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Unida.gontor.ac.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.