Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

12 Contoh Soal Pengamalan Pancasila & Pembahasan [Download]

pengamalan pancasila

Contoh soal pengamalan pancasila akan Kursiguru bahas di kesempatan kali ini. Contoh soal akan disajikan berupa beberapa soal yang bersumber dari beberapa sumber seperti buku dan internet. Selain itu, Kursiguru menyajikan dengan beberapa contoh soal dengan pembahasannya. Dengan demikian, kamu bisa mempelajari dengan mudah.

Perlu kamu ketahui kembali, artikel ini berusaha membantu kamu dalam memeroleh informasi mengenai dunia pendidikan. Tidak hanya itu, Kursiguru juga berusaha memberikan informasi-informasi yang akan membantu kamu memeroleh pekerjaan. Seperti contoh soal pengamalan pancasila yang akan Kursiguru sajikan adalah merupakan uji kompetensi salah satunya tes calon pegawai negeri sipil. Sebelum Kursiguru sajikan contoh soalnya, akan sangat baik jika kita membahas terlebih dahulu hal-hal terkait pengamalan Pancasila.

Pada dasarnya materi pengamalan pancasila adalah materi yang dipelajari saat kita masih duduk di sekolah dasar.  Pemerintah memasukan materi pengamalan pancasila memiliki tujuan agar para calon pegawai negeri ketika bekerja dapat mengamalkan pancasila dengan baik.

Selain dapat mengamalkan pancasila di lingkungan kerja, pancasila sangat penting diamalkan karena pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Demi menanamkan nilai dan moral masyarakat dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara maka masyarakat perlu menanamkan pancasila.

Pancasila mengandung nilai-nilai luhur secara langsung dari kebudayaan di Indonesia. Nilai-nilai yang terdapat pada setiap sila-sila pancasila merupakan bukan hal baru melainkan sebuah bagian identitas dan jati diri negara Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat harus menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila-sila pancasila antara lain, nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai kerakyatan, nilai keadilan, dan nilai persatuan dan kesatuan.

Contoh Soal Pengamalan Pancasila

Pengertian Pancasila

Kata pancasila terdiri dari dua kata, yaitu panca dan sila. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa sanskerta. Panca berarti lima, serta sila artinya prinsip atau asas. Dengan demikian, pancasila memiliki arti secara keseluruhan yakni sebuah lima prinsip atau asas yang dimiliki sebuah negara.

Dimana kelima prinsip atau asas Pancasila sudah diberikan materinya sejak kamu berada di sekolah dasar. Kelimanya yaitu:

Pengamalan Pancasila Kursiguru

Pengamalan Pancasila

Adapun pengamalan setiap butir-butir sila Pancasila. Pengamalan ini diupayakan untuk menerapkan di kehidupan sehari-hari.

Tentu saja contoh dari pengamalan Pancasila sila ke 1 Ketuhanan Maha Esa di tengah masyarakat akan dibahas pertama kali, yaitu:

1. Bangsa Indonesia memiliki kepercayaan & ketakwaan pada Tuhan yang Maha Esa

2. Masyarakat Indonesia mempercayai & bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa.

3. Masyarakat Indonesia dapat mengembangkan sikap hormat serta menghormati antar pemeluk agama di Indonesia.

4. Masyarakat bisa membina kerukunan sesama umat beragama di seluruh Indonesia.

5. Masalah memiliki agama dan kepercayaan pada Tuhan yang Maha Esa adalah kepribadian yang menyangkut pribadi umat beragama.

Selanjutnya kursiguru akan memberikan gambaran dari pengamalan Pancasila sila ke 2, Kemanusiaan yang adil dan beradab, yaitu:

1. Masyarakat bisa menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

2. Masyarakat sering melakukan kegiatan kemanusiaan.

3. Setiap manusia berani membela kebenaran dan keadilan.

4. Masyarakat Indonesia memperlakukan manusia secara keseluruhan sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa pemilik harkat serta martabat, dimana kedua hal itu akan senantiasa dilindungi.

5. Memiliki rasa saling mencintai antar masyarakat.

Pengamalan Pancasila sila Persatuan Indonesia sebagai sila ke 3 bergambar banteng ini adalah:

1. Bahwa persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara adalah milik bersama.

2. Setiap masyarakat harus rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa.

3. Memiliki rasa cinta kepada tanah air dan bangsa Indonesia.

4. Memiliki rasa bangga bernegara Indonesia.

5. Memiliki & mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggka Ika.

Pengamalan Pancasila sila ke 4 menggambarkan bagaimana masyarakat negara ini menjunjung tinggi nilai kerakyatan serta musyawarah. Pancasila dengan bunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh himat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan memiliki contoh sebagai berikut.

1. Setiap masyarakat Indonesia mempunyai kedudukan, hak, & kewajiban yang sama.

2. Masyarakat tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

3. Melakukan musyawarah dengan mufakat kekeluargaan.

4. Setiap masyarakat menghormati & menjunjung tinggi setiap keputusan dari hasil musyawarah.

5. Memiliki itikad baik & rasa tanggung jawab dari hasil musyawarah.

Contoh pengamalan Pancasila terakhir atau sila ke 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia mempunyai bentuk kongkrit di tengah masyarakat, yaitu:

1. Memiliki sikap adil antar masyarakat.

2. Menjaga keseimbangan antar hak & kewajiban.

3. Senang menolong orang lain.

4. Masyarakat senang bekerja keras

5. Memiliki rasa menghargai setiap karya orang lain.

Download Contoh Soal Pengamalan Pancasila

Dari semua pengamalan butir-butir pancasila di atas, maka Kursiguru membuatkan contoh soal mengenai pengamalan pancasila. File di bawah ini berbentuk word. Kamu bisa mengunduh atau mendownload dengan mudah dan pastinya gratis. Tidak hanya itu, contoh soal di bawah ini disertai juga pembahasan. Dengan demikian, kamu bisa mempelajari dengan mudah dengan teman-temanmu.

Download Contoh Soal

Itulah beberapa mengenai contoh soal pengamalan pancasila. Adanya contoh soal tersebut, Kursiguru mengharapkan kamu bisa mengerjakan soal-soal mengenai pengamalan pancasila di semua tes apapun.

 

 

 

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.