Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

30 Contoh Soal Olimpiade Astronomi SMA PDF

Contoh Soal Olimpiade Astronomi

Contoh Soal Olimpiade Astronomi – Di tahun ini, semua sekolah sibuk mempersiapkan ajang dalam olimpiade dari semua mata pelajaran. Salah satunya olimpiade Astronomi. Tentunya pihak sekolah perlu mempersiapkan sejak dini. Mulai dari memilih siswa berbakat dan memberi banyak contoh soal latihan. Maka dari itu, Kursiguru akan membagikan pembahasan mengenai contoh soal olimpiade Astronomi.

Pastinya dari teman-teman di sini belum banyak mengetahui apa itu olimpiade astronomi kan. Kursiguru kasih tahu yaa. Jadi, ajang olimpiade tersebut merupakan sebuah kegiatan yang mempertemukan perwakilan-perwakilan dari setiap sekolah untuk diuji kemampuan dalam materi tentang Astronomi. Astronomi sendiri merupakan ilmu mengenai benda-benda langit.

Sebelumnya Kursiguru juga telah menulis berbagai contoh soal olimpiade. Salah satunya contoh soal olimpiade bahasa Inggris antar SMP. Dari artikel kamu bisa memiliki kumpulan contoh soal dengan mudah dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya.

Artikel ini akan membagikan kumpulan contoh soal olimpiade Astronomi untuk SMA dengan kunci jawabannya. Selain itu, di akhir artikel juga akan disediakan beberapa contoh soal dalam bentuk file PDF. Bagi kamu yang sedang bingung mencari contoh soal tentang olimpiade Astronomi, simak tulisan ini sampai selesai yaa.

Gambaran Materi Soal Olimpiade Astronomi

Sebelum kita membahas kumpulan contoh soal, kita lebih dulu mengetahui dan membahas gambaran materi soal olimpiade Astronomi. Dari sumber yang beredar, terdapat 10 materi yang diujikan dalam olimpiade Astronomi. Apa saja materinya, berikut penjabarannya dan penjelasannya.

Astronomi Dasar

Di materi ini, kamu harus bisa mengerti definisi, asal mula, dan sifat dari astronomi. Untuk mempelajari materi tersebut, kamu harus banyak memiliki sumber buku yang memadai. Kamu bisa mendowload file ini tentang astronomi dasar.

Baca  √ 2 Cara Sinkron PMP EDS Offline Patch Terbaru Download [2022]

Mekanika Benda Langit

Dalam materi ini, kamu akan menemukan soal mengenai gerak dan lintasan benda langit. Contohnya satelit, asteroid, pergerakan planet, komet, galaksi, dan bintang. Kamu bisa mempelajari materi di file ini tentang mekanika benda langit.

Astrofisika (Astrometri, Spektroskopi, dan Fotometri)

Materi astrofisika salah satunya mempelajari kuantitas, kualitas, dan arah pancaran radiasi elektromagnetik dari benda langit. Kamu bisa mempelajari materi tersebut di file ini.

Matahari

Dalam materi matahari, kita harus memahami apa itu matahari, ciri-ciri matahari, dan bagian-bagian dari matahari. Di materi ini kamu bisa mendapatkan banyak sumber materi, salah satunya di file ini.

Sistem Tata Surya dan Planet Ekstrasolar

Di materi sistem tata surya dan planet ekstrasolar, kita bisa mempelajari mulai dari definisi, teori, dan sistem pembentuknya. Materi tersebut bisa kita pelajari di file ini.

Astronomi Bola

Astronomi bola merupakan salah satu cabang ilmu astronomi yang mempelajari penentuan arah atau posisi setiap objek-objek langit dalam satu waktu. Kamu bisa mempelajari materi tersebut melalui file ini.

Sistem Kalender

Sistem kalender merupakan materi yang mempelajari sistem pengaturan satuan-satuan waktu guna penandaan dan perhitungan waktu dalam waktu yang panjang.

Observasi dan Instrumentasi

Pada materi observasi dan instrumentasi, kita akan dipertemukan dengan soal mengenai alat-alat dalam pengamatan posisi-posisi benda langit. Kamu harus tahu langkah-langkah melakukan penelitian mengenai astronomi. Kita bisa mempelajari dalam buku ini.

Koreksi Astronomi

Dalam materi ini, kita akan dipertemukan dengan soal mengenai bagaimana pengamatan benda-benda langit. Seperti koreksi diameter matahari. Kamu bisa mempelajari materi tersebut di file ini.

Kosmologi

Kosmologi merupakan materi yang mempelajari hubungan ruang dan waktu di alamt semesta. Untuk mempelajari materi tersebut, kamu bisa membaca materi di file ini.

Kumpulan Contoh Soal Olimpiade Astronomi

Setelah kita mengetahui gambaran materi di atas, selanjutnya kita mencoba mengerjakan contoh soal olimpiade. Contoh soal di bawah ini juga sudah disertai dengan kunci jawaban. Walaupun sudah terdapat kunci jawaban, kita tetap harus tahu mengapa dan bagaimana proses menjawabnya. Jadi langsung saja kita bahas persoalan di bawah ini.

Baca  110 Contoh Soal Seni Rupa Dua Dimensi : Pilihan Ganda & Essay

Contoh Soal Olimpiade 1

Apabila di suatu lokasi tengah matahari tongkat dipancangkan tegak luruh di tanah dan tidak memiliki bayangan, maka lokasi tersebut berada di….
A. Tepat khatulistiwa
B. Di bumi belahan utara
C. Di bumi belahan selatan
D. Di antara 23,50 LS dan 23,50 LU
E. Saat tangal 23 September atau 21 Maret
Jawaban : D

Contoh Soal Olimpiade 2

Ketika bintang berwarna, maka hal itu menunjukkan…
A. Jarak bintang
B. Umur bintang
C. Temperatur permukaan bintang
D. Diameter bintang
E. Komposisi kimia bintang
Jawaban : C

Contoh Soal Olimpiade 3

Terjadinya Gerhana Bulan tidak berlangsung setiap bulan, karena…
A. Orbit bulan tidak di lingkaran eliptik
B. Tidak terjadi di jarak terjauh antara bulan dan bumi
C. Tidak terjadi pada fase bulan baru
D. Tidak terjadi setelah matahari terbenam
E. Orbit bulan dan bumi tidak berada di bidang sama

Jawaban : ….

Download Contoh Soal Olimpiade Astronomi

Seperti apa yang sudah disampaikan di awal artikel ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal lainnya dalam bentuk file PDF. Di bawah ini, penulis telah menyediakan file kumpulan contoh soal selain di atas. Kamu bisa langsung memiliki file di bawah ini dengan cara mendownloadnya. Silakan langsung saja download file di bawah ini. Dan jadikan sebagai bahan belajar kamu di rumah.

Download Contoh Soal Olimpiade Astronomi Tingkat Daerah

Download Contoh Soal Olimpiade Astronomi Tingkat Provinsi

Download Contoh Soal Olimpiade Astronomi Tingkat Nasional

Akhir Kata

Demikian uraian pembahasan kita mengenai contoh soal olimpiade Astronomi bersama Kursiguru. Dengan adanya tulisan ini, semoga bisa memberikan sumbangsih dalam motivasi kamu belajar. Selain itu, di olimpiade nanti kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Pantau selalu tulisan-tulisan Kursiguru mengenai seputar dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *