Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 35 Contoh Soal Jurnal Penyesuaian & Pembahasannya Download [2021]

contoh soal jurnal penyesuaian

Contoh soal jurnal penyesuaian akan dibahas pada artikel ini. Tidak hanya berupa contoh soal, pembahasan mengenai soal juga akan disajikan Kursiguru. Beberapa contoh soal mengenai jurnal penyesuaian di ambil dari berbagai sumber seperti buku materi, internet, dan lain-lain. Sebelum berlari pada contoh soal, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu jurnal penyesuaian agar kamu bisa mengerjakan soal-soal.

Jika kamu berada di lingkungan bisnis, tentu jurnal penyesuaian tidak asing bagimu. Jurnal Penyesuaian diterapkan pada setiap pengusaha agar usahanya dapat berjalan baik. Mengapa perlu dilakukan dengan jurnal penyesuaian, dikarenakan pada setiap usaha pasti mengalami banyak kasus. Kasus paling banyak dihadapi pengusaha adalah rugi dalam perhitungan.

Agar terhindar rugi, maka perlu dilakukan pencatatan. Pencatatan dilakukan dengan mengikuti aturan mendebit dan mengkredit. Tidak hanya itu, pencatatan bisa dilakukan pada setiap transaksi secara berpasangan dalam debit maupun kredit. Hal tersebut sering dinamakan dengan double entry accounting. Pencatatan dengan sistem tersebut pun harus dilakukan secara sama atau seimbang.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian

Pengertian Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian adalah bentuk pelaporan keuangan, berisi informasi berguna demi membantu pengambilan keputusan bagi pemilik. Jurnal penyesuaian erat kaitannya dengan dunia jurnal akuntansi. Jurnal akuntansi sendiri merupakan bentuk catatan yang tersusun secara sistematis berdasarkan kejadian dan bentuk transaksi. Bentuk transaksi berupa waktu kejadian, keterangan transaksi serta debit dan kredit. Dari semua bentuk transaksi tersebut dijadikan sebagai sumber pencatatan di mana digunakan sebagai bukti.

Baca  20 Contoh Soal GGL Induksi Semua Kelas : Pengertian, Materi & Rumus

Contoh bentuk transaksi berupa catatan seperti, transaksi sewa dibayar dimuka, asuaransi dibayar di muka, pendapatan diterima di muka, dan penyusutan aktiva tetap.

Konsep Jurnal Penyesuaian

Terdapat konsep di dalam jurnal penyesuaian. Konsep ini dijadikan sebagai dasar akuntansi, kemudian digunakan sebagai landasan untuk membuat jurnal penyesuaian. Contohnya, ketika seorang pegawai minimarket sebagai akuntan menyiapkan laporan keuangan, pegawai tersebut berasumsi masa ekonomis minimarket dapat dibagi-bagi dalam periode waktu. Misalnya, bulanan, triwulan, atau tahunan.

Pegawai itu akan menggunakan konsep periode akuntansi agar bisa menentukan pada periode mana pendapatan dan beban perusahaan harus dilaporkan. Agar tepat dalam penentuan maka pegawai itu bisa mengacu pada prinsip berterima umum atau PABU yang mengharuskan penggunaan akuntansi berbasi akrual.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Adapun fungsi utama dari jurnal penyesuaian adalah sebagai bentuk catatan transaksi dalam sebuah peristiwa yang sudah terjadi maupun belum terjadi. Selain itu, terdapat fungsi lainnya, antara lain:

1. Penetapan saldo dalam catatan akun buku besar di akhir periode, agar setiap perkiraan saldo jelas, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah pasti.

2. Menghitung perkiraan nominal yang sebenarnya selama periode.

Download Contoh Soal Penyesuaian

Sesuai judul pada artikel ini, Kursiguru akan menyajikan gambaran soal mengenai jurnal penyesuaian. Dari semua contoh soal di bawah ini merupakan pengambilan referensi dari berbagai sumber seperti internet, buku, dan lain-lain. File contoh soal bisa kamu unduh atau download dengan mudah dan tentunya gratis. Bentuk file di bawah ini sengaja Kursiguru buat bentuk word agar kamu bisa mengeditnya.

Download Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Word [Docx]

Itulah beberapa uraian mengenai jurnal penyesuaian dan contoh soal jurnal penyesuaian yang bisa Kursiguru susun. Agar lebih mudah untuk menjawab contoh soal, kamu bisa membaca pembahasan jurnal penyesuaian mulai dari paragraf pertama hingga paragraf delapan. Semoga dengan adanya artikel ini, usaha kamu bisa berjalan dengan baik.

Baca  √ 20 Contoh Soal Faktorial : Pembahasan & Penjelasannya Lengkap 2021
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *