Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√15 Contoh Soal Cermin Cekung Fisika SMP/MTs 2021 [Download]

CERMIN CEKUNG

Contoh soal cermin cekung akan Kursiguru bahas dan berikan di artikel ini. Contoh soal ini diperuntukkan untuk kamu murid di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau MTs. Adanya soal ini, kamu bisa menggunakan sebagai bahan belajar saat di rumah. Selain itu, kamu bisa berdiskusi dengan temanmu. Sebelum Kursiguru berikan contoh soalnya, kita akan terlebih dulu mengenai materi cermin cekung.

Materi cermin cekung merupakan salah satu materi di mata pelajaran fisika sekolah menengah pertama. Materi cermin cekung juga merupakan salah satu jenis cermin yang berdasarkan pada bentuk muka cermin. Ada dua jenis cermin yaitu cermin cembung dan cekung.

Jika kita mengartikan cermin, pasti kita menyamakan arti dengan lensa. Pada antara cermin dan cekung sangatlah berbeda. Pada cermin, cermin hanya memiliki satu sisi yang berfungsi memantulkan cahaya yaitu posisi muka cermin. Sedangkan lensa, jika lensa diberi benda pantulan, maka lensa tidak akan memberikan pantulan pada sisi muka lensa maupun belakang.

Pengertian Cermin Cekung

Jika kita mencari tahu seperti apa bentuk cermin cekung, kita bisa menyamakan pada alat-alat masak di rumah, seperti wajan. Karena wajan memiliki bentuk cekung. Begitu juga dengan bentuk cermin cekung yang membentuk cekungan atau memiliki muka cermin berbentuk cekungan. Cermin cekung merupakan cermin dengan fungsi memantulkan benda yang di depan. Cermin cekung bisa dikatakan sebagai cermin positif, artinya cermin cekung bersifat memfokuskan sinar cahaya yang datang.

Cermin juga bisa disamakan dengan sendok. Dikarenakan sendok berbentuk cekung. Jika bertemu dengan sendok berbahan aluminium, maka kita bisa menyamakan sifat dari cermin cekung. Jika kita memberi cahaya pada sisi cekung sendok, maka di sisi tersebut akan memantulkan cahaya. Sifat itulah yang sama dengan cermin cekung.

Baca  √ 50 Contoh Soal Pedagogik Untuk Guru 2021 [Free Download]

Sifat Cermin Cekung

Cermin cekung memiliki beberapa sifat. Sifat ini bisa kamu jadikan sebagai cara mengetahui apakah cermin milikmu cermin cekung atau bukan. Berikut sifat-sifat cermin cekung:

1. Cermin cekung mampu mengumpulkan cahaya

2. Cahaya yang dipantulkan cermin cekung bernilai positif

3. Pada jarak dan letak benda, bayangan yang dipantulkan cermin cekung bersifat nyata

4. Arah cahaya yang dipantulkan cermin cekung bersifat sejajar

Rumus Cermin Cekung

Pada materi cermin cekung di sekolah menengah pertama, terdapat rumus yang dijadikan untuk menghitung soal-soal. Misalnya berapa jarak benda dengan jarak bayangan yang menghasilkan jarak fokus. Jarak benda bisa disebut (s), jarak bayangan (s’), sedangkan jarak fokus (f). Hubungan antara tiga jarak tersebut secara matematik bisa dirumuskan sebagai berikut:

rumus 1

Keterangan:

s = jarak benda

s’ = jarangan bayangan

f = jarak fokus

R = jari-jari cermin

Selain rumus untuk mencari jarak fokus, adapun rumus untuk mencari perbesaran bayangan atau sering disebut dengan (M). Nilai perbesaran bayangan bisa diperoleh dengan melakukan perhitungan sederhana, yaitu cukup membandingkan tinggi bayangan, tinggi benda/jarak bayangan, dan jarak bendanya. Perhitungan simpel tersebut bisa kamu lakukan menggunakan rumus dasar berikut:

rumus 2

Keterangan:

M = perbesaran bayangan

h’ = tinggi bayangan

h = tinggi benda

s’ = jarak bayangan

s = jarak benda

Adapun rumus untuk mencari nomor ruang benda dan nomor ruang bayangan pada cermin cekung. Pencarian tersebut dapat dihitung melalui rumus sangat simpel seperti berikut:

Nomor ruang dimana benda berada + nomor ruang dimana bayangan berada = V

Contoh Soal Cermin Cekung

Sesuai dengan judul artikel ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal mengenai contoh soal cermin cekung khusus untuk jenjang pendidikan SMP/MTs. Soal di bawah ini terdiri dari 15 soal uraian dan pilihan ganda. Contoh soal bisa dijadikan sebagai bahan belajar di rumah maupun di sekolah dengan teman-teman. Selain itu, contoh soal bisa diunduh atau didownload dengan mudah dan tentunya gratis sama seperti CONTOH SOAL AKM SMP.

Baca  √ 4 Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas : Pembahasan & Jawabannya [2021]

Download Contoh Soal Cermin Cekung

Demikian artikel mengenai contoh soal cermin cekung yang bisa Kursiguru berikan. Artikel ini bisa dikatakan masih jauh dari sempurna. Akan tetapi Kursiguru mencoba memberikan yang terbaik untuk kamu-kamu agar dapat lancar mengerjakan soal-soal yang ada di sekolah. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kamu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *