Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 5 Contoh Soal C3 IPS SD Kurikulum Terbaru 2021 [Download]

CONTOH SOAL C3 IPS

Contoh soal C3  IPS SD akan dibahas pada artikel ini. Artikel ini khusus berisi mengenai beberapa contoh soal C3 IPS SD yang bersumber dari buku dan bank soal. Contoh soal ini bisa kamu jadikan sebagai bahan latihan guru maupun peserta didik. Sebelum beranjak pada contoh soal. Kursiguru akan menjelaskan terlebih dulu mengenai apa itu soal C3 IPS SD.

Agar proses hasil belajar dapat dikatakan bermutu maka diperlukan persiapan merancang pembelajaran dan bagaimana guru meramu dalam pembuatan-pembuatan soal. Pembuatan soal digunakan sebagai proses penilaian untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil tes dapat digunakan untuk mengukur hasil dengan tepat. Agar tepat, maka tes perlu dikembangkan dengan benar.

Adapun cara pembuatan perencanaan tes yang baik:

1. Tes bisa dikatakan penting apabila butir-butir soal tertuju hal penting dan mewakili seluruh materi yang diujikan. Guru memilih butir-butir soal berdasarkan pertimbangan konsep dan dalil teorti yang diuji terhadap bidang secara keseluruhan. Kemudian, dibuatnya kisi-kisi soal sebagai acuan guru menyusun butir-butir soal. Kisi-kisi memuat beberapa informasi antara lain materi, kompetensi, tingkat kesukaran soal, dan jumlah butir soal.

2. Penyusunan setiap butir-butir soal terdiri dari pengukuran yang dipelajari dari proses pembelajaran. Guru bisa melihat materi yang sudah diajarkan ke peserta didik. Selain itu, tes disusun sesuai dengan tujuan pelaksanaan tes.

Contoh Soal C3 IPS SD

Pengertian Soal C3 IPS SD

Soal C3 IPS SD merupakan soal dari hasil penerapan (application) peserta didik sekolah dasar. Penerapan terdiri dari penggunaan prinsip, aturan, atau metode yang sudah dilakukan oleh peserta didik berdasarkan situasi baru atau situasi kongkrit. Soal C3 bisa dikatakan sebagai soal kognitif.

Bila soal C3 diterapkan di mata pelajaran IPS, maka butir-butir soal terdiri dari pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat. Kita tahu bahwa IPS merupakan mata pelajaran dari ilmu sosial yang meliputi geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi.

Tujuan C3 IPS SD

Adapun tujuan dari pelaksanaan C3 IPS di sekolah dasar. Pertama, sebagai pencapaian perilaku setiap peserta didik. Kedua, mencapai tujuan mata pelajaran IPS  baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Dari kedua tujuan tersebut, pencapaian paling utama mengenai pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu peserta didik.

Indikator Soal C3 IPS SD

Guna mencapai proses belajar yang baik, maka diperlukannya indikator materi. Indikator materi juga digunakan untuk menyusun soal C3 IPS SD. Berikut indikator pencapaian materi yang harus dikuasai oleh peserta didik:

1. Peserta didik dapat menjelaskan peranan perjuangan dari tokoh-tokoh pahlawan Indonesia melawan Belanda.

2. Peserta didik dapat menjelaskan peranan perjuangan dari tokoh-tokoh pahlawan Indonesia melawan Jepang.

3. Peserta didik mampu mengidentifikasi ikrar sumpah pemuda.

Download Contoh Soal C3 IPS SD

Dari penjelasan di atas, kemudian disusun contoh soal C3 IPS SD guna melaksanakan uji kemampuan peserta didik setelah melalui proses pembelajaran. Contoh soal ini digunakan sebagai tolok ukur dari kemampuan peserta didik. Selain itu, contoh soal ini bisa dijadikan pembelajaran sebelum melaksanakan tes. Contoh soal C3 dari kursiguru di bawah ini bisa kamu unduh atau download secara mudah dan tentunya tanpa biaya (free). Tidak hanya berupa soal, file di bawah ini berupa kunci jawaban.

Download Soal

Demikian artikel yang memuat pembahasan mengenai contoh soal C3 IPS SD. Semoga artikel yang disusun oleh Kursiguru bisa memberikan manfaat bagi kamu khususnya pendidik dan peserta didik di sekolah dasar. Selain memberi tambahan contoh soal di atas, contoh soal tersebut tentunya memberi keberhasilan proses pembelajaran kamu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.