Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

100 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 : Jawaban

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2 – Kita akan kembali membahas artikel tentang kumpulan soal di salah satu mata pelajaran. Kali ini, Kursiguru mengajak kalian untuk ikut membahas contoh soal bahasa Indonesia kelas 8 semester 2. Pembahasan artikel ini seperti biasa akan juga membagikan kumpulan soal tersebut dalam bentuk file PDF.

Artikel ini tidak ditulis secara mentah-mentah, melainkan juga mendapatkan sumber referensi yang terpecaya. Kumpulan soal ini masih mengacu pada kurikulum 2013. Namun, Kursiguru akan mencoba memberikan contoh soal dengan acuan kurikulum saat ini yaitu kurikulum merdeka.

Sebelum artikel ini dibagikan kepada kalian, Kursiguru telah menulis Contoh Soal PTS Kelas 9 Semester 1 Bahasa Indonesia. Nah, bagi kalian yang belum membuka, silakan mampir sebentar untuk membacanya. Kumpulan soal tersebut akan bisa dijadikan sebagai referensi belajar saat kamu beranjak ke kelas 9.

Berbeda dengan artikel sebelumnya, kali ini Kursiguru akan mengupas secara tuntas tentang contoh soal bahasa Indonesia kelas 8 semester 2. Berikut ulasanya artikelnya.

Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Setiap materi bahasa Indonesia tentunya harus mengacu 4 keterampilan berbahasa Indonesia yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Keempat keterampilan tersebut harus selalu jalan beriringan agar peserta didik mampu menguasainya dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia yang artinya setiap masyarakat harus bisa.

Baca  87 Contoh Majas Ironi : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Di semester 2 kelas 8, peserta didik akan mempelajari 4 materi yaitu teks ulasan, teks persuasif, drama, serta buku fiksi dan non fiksi. Berikut ulasan setiap materi tersebut.

promo

Teks Ulasan

Teks ulasan menjadi materi pertama yang diajarkan di semester 2 kelas 8. Teks ulasan sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah teks yang menguraikan penilaian dari suatu objek karya. Seorang penikmat sebuah karya memberikan penilaian terhadap suatu objek secara tertulis. Teks ulasan memiliki struktur antara lain identitas, orientasi, dan sinopsis.

Pada materi ini, peserta didik akan diajak memahami pengertian teks ulasan kemudian disampaikan kembali di depan kelas. Kedua, peserta didik menelaah struktur dari teks ulasan. Ketiga, peserta didik mencoba menyusun teks ulasan dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang benar.

Teks Persuasif

Materi kedua yang dipelajari adalah teks persuasif. Teks persuasif merupakan sebuah teks yang memiliki sifat membujuk. Teks ini memiliki tujuan menyakinkan pembaca supaya tertarik dan pembaca bisa menentukan tindakan yang diinginkan. Tindakan ini bersifat untuk kebaikan bukan keburukan.

Sama halnya dengan materi sebelumnya, materi ini peserta didik harus memahami pengertian teks persuasif dan bisa menyampaikan kembali di depan kelas. Selain itu juga, peserta didik harus mengetahui struktur dari teks persuasif dan bisa menyusun sebuah teks persuasif dengan penerapannya lingkungan sekitar.

Drama

Materi drama menjadi materi sastra pertama yang diajarkan di kelas 8 semester 2. Berbeda dengan materi sebelumnya, materi ini peserta didik akan diajarkan bagaimana untuk melalukan drama dalam sebuah panggung. Bagaimana peserta didik bisa bermain peran dengan teman satu kelasnya.

Peta konsep pada materi ini adalah peserta didik memahami unsur-unsur, karakteristik, dan menafsirkan isi dalam sebuah pementasan drama. Selain itu, peserta didik juga harus bisa menulis sebuah teks drama yang akan diajakan rujukan temannya untuk bermain peran di kelas.

Baca  15 Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 Semester 2 K13 & Jawabannya PDF

Buku Fiksi dan Nonfiksi

Materi yang terakhir diajarkan adalah materi buku fiksi dan nonfiksi. Pada materi ini, peserta didik akan dihadapkan dengan dua contoh buku yaitu fiksi dan nonfiksi. Peserta didik harus mampu membedakan antara kedua buku tersebut. Bagaimana strukturnya, isinya, dan kaidah kebahasaanya. Selain itu juga peserta didik harus bisa menyampaikannya di depan kelas secara lisan dan tulisan.

Kumpulan Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Setelah memahami pembahasan materi bahasa Indonesia kelas 8 semester 2, saatnya kita akan membahas kumpulan soalnya. Berikut beberapa contoh soal bahasa Indonesia kelas 8 semester genap beserta jawabannya.

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 – 1

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 1

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 – 2

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 2

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 – 3

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 3

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 – 4

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 4

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 – 5

Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 5

Download Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Di atas adalah beberapa contoh soal yang disediakan pada artikel ini. Kali ini Kursiguru akan membagikan file yang berisi kumpulan soal bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 lainnya. File ini berbentuk format PDF. Tentunya bisa kalian download dengan sangat gampang dan gratis. Berikut file kumpulan soal bahasa Indonesia kelas delapan semester genap.

Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap

Akhir Kata

Dengan membaca keseluruhan artikel ini tentunya kalian sudah mengerti betul bagaimana untuk mengerjakan contoh soal bahasa Indonesia kelas 8 semester 2. Semoga artikel ini bisa memberikan referensi belajar kamu di rumah atau bisa digunakan oleh guru sebagai referensi membuat soal.

Sumber Gambar : Narabahasa.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *