Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 10 Contoh Soal AKM untuk Guru Terbaru [Download] 2021

contoh soal akm untuk guru

Contoh soal AKM untuk guru akan disajikan secara luas pada kesempatan kali ini. Tidak hanya berupa contoh soal pada artikel ini, namun pembahasan mengenai apa itu AKM untuk guru juga akan dibahas. Sebelum berlari ke contoh soal, Kursiguru akan membahas terlebih dulu mengenai AKM dan khususnya untuk guru.

Jika saat ini kamu sedang diamanahi menjadi guru, maka artikel ini akan sangat membantu kamu. Karena nantinya semua guru akan mengajari peserta didik mengerjakan soal-soal AKM. Dengan demikian, sebelum guru mengajari peserta didik, guru harus  lebih dulu mempelajari soal-soal AKM. Sehingga guru dapat mengajari peserta didiknya dengan baik.

Jika kita mendengar kata AKM, tentu terdengar masih baru di telinga. AKM merupakan sebuah program baru dari pemerintah. Hal itu berkaitan dengan program merdeka belajar. AKM menjadi pengganti dari program ujian nasional yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Adanya program baru ini, pemerintah berharap ada perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem pendidikan di Indonesia. Adapun tujuan utama dari program ini adalah perbaikan mutu pembelajaran dan hasil peserta didik.

Contoh Soal AKM untuk Guru

Pengertian AKM

AKM atau singkatan dari Asesmen Kompetensi Minimum adalah kompetensi secara minimum dengan memetakkan sekolah-sekolah di semua daerah Indonesia berdasarkan kompetensi yang dimiliki. AKM menjadi kompetensi dasar dari kemampuan setiap peserta didik atau pengalaman setiap peserta didik. adapun materi AKM meliputi dari aspek literasi atau baca tulis dan literasi numerasi.

Kemampuan membaca suatu bacaan tentu perlu, akan tetapi literasi baca tulis di AKM bukan sekadar membaca saja melainkan harus mampu menganalisis dari suatu bacaan dan mampu mengerti atau memahami isi di balik bacaan. Sedangkan literasi numerasi merupakan kemampuan menganalisis suatu bacaan menggunakan angka-angka. Perlu digaris bawahi, bahwa soal-soal AKM bukan terdiri dari mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan dari kemampuan setiap peserta didik. Dari hal itu, maka guru harus menerapkan konsep literasi untuk menganalisis sebuah materi.

Baca  10 Soal PH Kelas 1 Tema 2 (Materi, Jawaban & Pembahasan)

Perbedaan AKM dengan Ujian Nasional

Adapun perbedaan antara soal AKM dengan soal-soal ujian nasinal pada tahun-tahun sebelumnya. Inilah bentuk soal AKM:

1. Pada soal pilihan ganda, peserta memilih satu jawaban benar.

2. Pada soal pilihan ganda kompleks, peserta memilih lebih dari satu jawaban benar.

3. Peserta menjodohkan antara satu titik dengan titik lainnya sesuai dengan pertanyaan.

4. Pada isian singkat, peserta menjawab berupa bilangan dengan menyebutkan nama, benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.

5. Pada uraian, peserta menjawab soal berupa kalimat-kalimat.

Pelaksanaan AKM

Berdasarkan informasi dari Kemendikbud, semua pelaksanaan AKM di seluruh jenjang akan digelar pada tahun 2021. Setiap jenjang akan dibagi jadwal pada setiap bulannya. Kelas 5 sekolah dasar akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Sedangkan untuk kelas 11 SMA/MA dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021, dan kelas 11 SMK pada awal kedua bulan Maret 2021.

Untuk kelas 8 SMP sendiri akan dilaksanakan pada pekan ketiga bulan Maret 2021. Kemudian dilanjutkan paket C pada pekan keempat. Di awal bulan April 2021, giliran paket A dan B melaksanakan AKM.

Download Soal AKM untuk Guru

Sesuai dengan pembahasan pada paragraf pertama artikel ini, di bawah ini Kursiguru akan sajikan contoh soal mengenail AKM untuk kamu yang sedang menjadi guru di sekolah SD, SMP, maupun SMA. Selain contoh soal, Kursiguru juga akan membagikan beberapa soal berupa jawabannya. File di bawah ini berbentuk PDF dan tentunya bisa diunduh atau didownload dengan sangat mudah.

Download Soal AKM Khusus Guru

Nah, demikian artikel dengan pembahasan mengenai contoh soal AKM untuk guru. Kursiguru berharap artikel ini dapat membantu kamu dalam membimbing peserta didik kamu mengerjakan soal-soal AKM.

Baca  √ 10 Contoh Soal Indeks Harga : Tertimbang & Tak Tertimbang [2021]
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *