Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

21 Contoh Sajak : Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri

Contoh Sajak

Contoh Sajak – Membahas tentang materi berkaitan dengan sastra. Kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian semua mempelajari contoh sajak. Materi ini tentunya selalu diajarkan di tiap semester. Bagi kamu sedang mendapatkan tugas mencari contoh sajak, artikel ini akan membantumu.

Kebanyakan dari orang mengatakan sajak dan puisi itu sama. Namun, nyatanya ada perbedaan antara kedua karya sastra tersebut. Salah satu unsur pembeda adalah dari bunyi. Berbeda dengan puisi, sajak lebih dipengaruhi oleh unsur lagu, kerharmonisan bunyi, dan irama.

Sering kali, penulis sajak menggunakan kosakata emotif. Hal itu dilakukan untuk memberikan nilai emosi perasaaan seorang penulis. Dan harapannya pembaca akan ikut merasakannya.

Lalu apa sebenarnya pengertian, jenis-jenis, dan ciri-ciri sajak itu? Di bawah ini Kursiguru akan membahasnya satu persatu disertai dengan contoh. Simak artikel ini sampai selesai yaa.

Pengertian Sajak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sajak diartikan sebagai salah satu bentuk dari karya sastra disajikan dalam baris-baris. Selain itu, sajak juga mementingkan kepaduan bunyi, kesamaan, dan kekontrasan.

Apabila memahami secara seksama, memang sajak dan puisi hampir sama. Akan tetapi kembali lagi pada unsur bunyi. Hal itu membedakan kedua karya sastra tersebut.

tisu murah

Jenis-jenis Sajak

Adapun sajak sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis sajak yang sudah dirangkum oleh Kursiguru.

Unsur Bunyi Akhir Kata

Jenis sajak pertama yaitu berdasarkan unsur bunyi. Maksud dari unsur tersebut adalah peletakan huruf yang sama diakhir kalimat atau baris. Bisa kita simak contohnya berikut ini:

Baca  110+ Contoh Majas Asosiasi : Pengertian, Ciri, dan Fungsi

Kami hidup di dunia fana
Penuh dengan kebohongan
Kebenaran hanya terletak di hati kita

Unsur Bunyi Suku Kata

Jenis kedua adalah berdasarkan unsur bunyi di suku kata. Berbeda dengan unsur bunyi akhir kata, unsur bunyi suku kata memiliki bunyi yang sama di akhir suku kata. Untuk lebih paham, simak contoh berikut:

Iman ini telah goyang
karena aku lupa sembahyang
Sungguh sayang
Nyawa ini sudah melayang

Ciri-ciri Sajak

Selain memiliki beberapa jenis, sajak juga memiliki ciri-ciri untuk membedakan dengan karya sastra lainnya. Ciri-cirinya meliputi, memiliki pola bebas, imajinatif, dan memiliki makna kiasan. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Memiliki Pola yang Bebas

Sama halnya dengan puisi, sajak juga memiliki pola yang bebas. Hal ini untuk membebaskan para penyair menciptakan keindahannya masing-masing berdasarkan pola.

Imajinatif

Selain memiliki pola yang bebas, sajak juga memiliki sifat imajinatif. Seperti halnya dengan karya sastra lainnya seperti puisi, cerpen, novel, dan teks drama. Kata imajinatif sendiri merupakan kata memiliki sifat khayalan.

Memiliki Makna Kiasan

Ciri terakhir yaitu memiliki makna kias. Maksud dari makna kias adalah setiap kata yang terdapat dalam sajak memiliki makna yang rumit diartikan. Perlu adanya pemahaman lebih ketika membaca sajak. Seperti halnya buku KBBI menjadi pegangan untuk mengartikan setiap kata.

Kumpulan Contoh Sajak

Setelah membaca materi tentang sajak di atas, Kursiguru akan membagikan contoh sajak berdasarkan jenis-jenisnya. Mari kita pelajari tentang sajak dari contoh di bawah ini.

Contoh Sajak 1

berjalan dalam darah
menghitam pada luka
seperti tujuh puluh lima duka
menunggu para pertapa
yang semakin pesakitan

Karya: Aditya Setiawan

Contoh Sajak 2

diam-diam menyulapnya
sepasang raksasa
dalam masa kejayaan

Karya: Aditya Setiawan

Contoh Sajak 3

di malam tanpa gemintang
air, tanah, api, dan udara telah
membangkitkan roh daya cipta
sebagai tangan kiri tuhan

Karya: Aditya Setiawan

Contoh Sajak 4

Di balik sebongkah batu purba
aku menemukan
selembar catatan tuhan
sebagaimana aku
adalah pendosa

Karya: Aditya Setiawan

Contoh Sajak 5

Ia pulang
melintas sebuah gang
dengan wajah terisak
semua terlipat dalam hening,
ketika bayangan
melewati masa silam

Karya: Aditya Setiawan

Download Buku Materi Tentang Sajak

Download Buku Materi Tentang Sajak

Baca  10 Contoh Soal Jembatan Wheatstone : Jawaban + Format PDF

Akhir Kata

Akhirnya kurang lebih kita memahami mengenai materi tentang sajak disertai dengan contoh. Kursiguru berharap artikel ini dapat digunakan untuk bahan referensi bagi para peserta didik. Simak selalu pembahasan seputar dunia pendidikan bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Antaranews.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.