Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Biografi Raja Haji Fisabilillah : Pahlawan Nasional Indonesia

Biografi Raja Haji Fisabilillah

Biografi Raja Haji Fisabilillah – Di mata pelajaran bahasa Indonesia dan sejarah tentunya kita mempelajari biografi tokoh. Tidak lain untuk menumbuhkan apresiasi ke para tokoh di Indonesia. Selain itu juga untuk memperkenalkan para pahlawan Indonesia ke generasi-generasi Indonesia.

Perihal biografi tokoh, kali ini Kursiguru akan mengajak kalian mengenal Biografi Raja Haji Fisabilillah. Apabila anak ditanya mengenai tokoh tersebut, pastinya masih terlalu asing di telingannya. Memang Raja Haji Fisabilillah belum sering diceritakan di sekolah-sekolah. Tentunya artikel ini sangat membantu dalam mengenalkan tokoh tersebut ke generasi-generasi muda saat ini.

Ketika kita mempelajari biografi tokoh, pastinya kita harus bisa memahami bagaimana menulis sebuah teks biografi. Apabila kamu belum tahu mengenai cara menulis teks bigorafi, kamu bisa membaca artikel Kursiguru berjudul materi bahasa Indonesia kelas 10. Di artikel tersebut telah tersedia buku materi mengenai biografi. Jadi, apabila kamu ingin menulis biografi tokoh, buku tersebut sangat berguna.

Untuk mengetahui perjalanan Raja Haji Fisabilillah, mari kita bahas bersama di artikel ini. Bagi kamu yang belum tahu mengenai tokoh tersebut, silakan simak tulisan ini sampai selesai. Di akhir artikel juga akan disedikan buku mengenai tokoh-tokoh pahlawan nasional.

Siapa Itu Raja Haji Fisabilillah

Raja Haji Fisabilillah atau dikenal sebagai Raja Haji Marhum Teluk Ketapang merupakan salah satu dari banyaknya pahlawan di Indonesia yang lahir di Kota lama, Ulusungai, Provinsi Riau, tahun 1725. Tepat 238 tahun, Ia meninggal pada tanggal 18 Juni 1784. Dimakamkan di Pulau Penyengat, Indera Sakti, Provinsi Riau. Selain itu, Raja Haji Fisabilillah adalah adik dari Sultan Selangor I, Sultan Salehudin.

Baca  √ 5 Materi Ekonomi Kelas 11 Semester 2 K13 Download Modul PDF

Sebagai bentuk penghormatan sebagai pahlawan Indonesia, pemerintah telah mengabadikan namanya di nama bandar udara di Tanjung Pinang yang bernama Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Selain itu, penetapan sebagai pahlawan nasional juga telah dipututuskan di Surat Keputusan Presiden RI No 072/TK/1887.

Kehidupan Raja Haji Fisabilillah Saat Muda

Di kehidupan kecil,Raja Haji Fisabilillah telah menjadi sebagai Engku Kelana saat masih berumur 19 tahun. Hal itu dikarenakan sang Ayah meninggal dunia tahun 1744. Sebagai seorang Engku Kelana, Ia bertugas mengatur pemerintahan dan menjaga semua keamanan seluruh wilayah kerajaan.

Ketika masih menjabat Engku Kelana, Raja Haji sempat terlibat dalam pertempuran bersama Belanda. Pertempuran tersebut disebut sebagai Perang Langgi yang terjadi pada tahun 1756 hingga 1758. Selain berhasil menjaga keutuhan kerajaan, Raja Haji mampu memberikan pemikiran dalam kemajuan di bidang pertahanan, ekonomi, dan sosial budaya di kerajaannya.

Perjalanan Karir Raja Haji Fisabilillah

Dalam perjalanan karir Raja Haji Fisabillah, dirinya telah memberikan pengaruh besar terhadap kerajaannya dan bangsa Indonesia. Salah satunya mengadakan perjanjian dengan Belanda mengenai kapal asing sitaan Belanda. Selain itu, ia berhasil mendirikan pulau Biram Dewa di sungai Riau Lama.

Dari kegigihannya, Raja Haji Fisabillah dikenal sebagai Pangeran Sutawijaya atau Panembahan Senopati di Jambi. Di akhir perjuangannya, Ia gugur saat terjadi peperangan luar biasa antara rakyat Malaka dengan Belanda dalam penyerangan pangkalan maritim Belanda di Teluk Ketapang, Melaka di tahun 1784.

Buku Tentang Biografi Pahlawan Indonesia

Nah, untuk mengetahui tokoh pahlawan lainnya, kamu harus memiliki buku pegangan. Di bawah ini, Kursiguru telah menyediakan buku mengenai perjalanan tokoh-tokoh pahlawan di Indonesia. Ada sekitar sembilan puluh pahlawan di buku tersebut. Langsung saja download file di bawah ini secara gratis dan mudah sekali.

Baca  Diksi Adalah Pilihan Kata : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh

Buku Tentang Biografi Pahlawan Indonesia

Akhir Kata

Dari kisah perjalanan Raja Haji Fisabilillah di atas, kita bisa mengambil banyak hal-hal baik. Mulai dari kepercayaan, kegigihan, semangat, dan optimisme tokoh tersebut. Sebagai generasi muda, kita tentunya harus memiliki semangat yang sama seperti Raja tersebut, sehingga kita bisa ikut memperjuangkan bangsa Indonesia di era saat ini.

Itulah pembahasan kita mengenai biografi Raja Haji Fisabilillah bersama Kursiguru. Semoga dengan adanya tulisan ini, generasi mudah mengenal banyak para pahlawan di Indonesia. Selalu jadikan artikel Kursiguru menjadi sumber utama dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *