Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Biaya Kuliah Unindra S1 S2 2021 : Semua Jalur & Akreditasi

Biaya Kuliah Unindra Universitas Indraprasta PGRI

Biaya Kuliah Unindra – memberikan penjelasan mengenai besarnya dana atau tarif wajib semua mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, baik bagi siswa baru ataupun lama. Dimana besaran biaya kuliah tersebut disesuaikan pada jenis kelasnya.

Unindra merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta dengan fokus bidang ilmu pendidikan. Sebagai sebuah PTS di area ibukota, Unindra tergolong memiliki besaran biaya studi yang ramah di kantong masyarakat Indonesia.

Biaya perkuliahan Unindra bisa dikatakan murah karena jika dibandingkan pada Biaya Kuliah Binus maka akan terlihat jelas perbedaan diantara keduanya. Namun hal tersebut sebanding dengan kualitas serta nilai akreditasi kedua kampus.

Maka dari itu, di sini Kursiguru akan membagikan informasi seputar rincian biaya kuliah Unindra seluruh jurusan maupun kelas. Pada artikel kali ini, penulis juga akan mebagikan informasi mengenai nilai akreditasi semua jurusan di Unindra.

Akreditasi Jurusan Unindra

Karena sudah berdiri cukup lama, Unindra tentunya telah mendapatkan penilaian dari BAN-PT. Data BAN-PT terakhir menunjukkan bahwa Unindra telah mampu mendapatkan nilai akreditasi B. Artinya kamu tak perlu ragu jika ingin mendaftar kuliah di Unindra.

Untuk menambah referensimu dalam memilih jurusan di Unindra, berikut akan Kursiguru tampilkan data akreditasi semua program studi (prodi) S1 serta S2 kampus PGRI tersebut.

Jurusan UnindraJenjang StudiAkreditasi
Pendidikan Bahasa InggrisS2A
Pendidikan Bahasa IndonesiaS2B
Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS2B
Pendidikan MIPAS2B
Desain Komunikasi VisualS1A
Pendidikan FisikaS1A
ArsitekturS1B
Bimbingan Dan KonselingS1B
Pendidikan Bahasa Dan Sastra IndonesiaS1B
Pendidikan Bahasa InggrisS1B
Pendidikan BiologiS1B
Pendidikan EkonomiS1B
Pendidikan MatematikaS1B
Pendidikan SejarahS1B
Teknik IndustriS1B
Teknik InformatikaS1B

Kelas Kuliah Unindra

Kampus Unindra sendiri membagi kelas perkuliahannya menjadi 3 (tiga) jenis, dimana ketiganya mempunyai besaran biaya kuliah khusus. Ketiga pilihan kelas Unindra diantaranya adalah:

  • Kelas Reguler
  • Kelas Sore
  • Kelas Ekstensi

Pilihan reguler serta sore ditujukan kepada calon mahasiswa yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas dan juga bagi mahasiswa pindahan kampus lain. Sedangkan untuk kelas ekstensi dikhususkan bagi calon peserta studi dengan status pekerjaan sebagai karyawan.

Rincian Biaya Kuliah Unindra

Selanjutnya adalah bahasan mengenai besar biaya kuliah Unindra untuk semua jurusan. Tarif pendidikan di Unindra sendiri terbagi menjadi 2 (dua), yakni:

  • Uang Pembangunan
    Merupakan biaya sarana dan prasarana kampus yang wajib dibayarkan mahasiswa sebanyak satu kali sebelum dimulainya masa studi semester 1.
  • Uang Kuliah (SPP)
    Merupakan biaya SPP wajib bayar seluruh mahasiswa Unindra setiap semester. Biaya atau uang kuliah SPP S1 Unindra merupakan salah satu sumber kelebihan universitas, karena dana tersebut bisa dibayar dengan diangsur atau dicicil.

Dimana kebijakan PTS PGRI tersebut tidak menggolongkan besar biaya kuliah pada pilihan program studi, melainkan kelas serta jenjang studinya.

Biaya Kuliah S1 Universitas Indraprasta

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 150.000.
  • Biaya Kemahasiswaan : Rp. 30.000.
  • Biaya Administrasi Mahasiswa Baru : Rp. 75.000 (khusus kelas ekstensi & mahasiswa pindahan).
Jenis KelasUang Pembangunan (Rp.)Biaya SPP Per Semester (Rp.)Cicilan Per Bulan SPP (Rp.)
Reguler1.750.0001.080.000180.000
Sore2.000.0001.290.000215.000
Ekstensi2.500.0002.040.000340.000

Biaya Kuliah S2 Universitas Indraprasta

  • Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000.
  • Biaya Kemahasiswaan : Rp. 30.000.
Jenis KelasUang Pembangunan (Rp.)Biaya SPP Per Semester (Rp.)
Reguler3.600.0002.500.000
Non-Reguler3.600.0002.750.000

Khusus bagi alumni S1 Unindra dan STKIP PGRI Jakarta, uang pembangunan S2 akan diberi diskon sebesar Rp. 2.000.000.

Besaran biaya kuliah di atas bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti keputusan pihak kampus Unindra terbaru.

Pendaftaran Unindra

Sekarang ini, Unindra telah menggunakan sistem pendaftaran masuk kuliah secara online. Jadi jika kamu berminat untuk mendaftarkan diri menjadi peserta studi di Undindra silakan kunjungi website resmi dengan link www.daftar.unindra.ac.id atau www.pmb.unindra.ac.id.

Buatlah akun Unindra lalu masukkan semua persyaratan daftar kuliah. Selanjutnya lakukan pembayaran biaya pendaftaran. Kemudian hanya perlu menunggu kabar baik dari pihak Unindra. Jika lolos pendaftaran, silakan lanjutkan proses registrasi ulang dengan membayar biaya kuliah.

Call Center Unindra

Jika kamu masih punya pertanyaaan seputar biaya kuliah serta proses pendaftaran masuk Unindra, bisa ditanyakan secara langsung ke pihak kampus lewat layanan call center PMB.

  • Telepon : (021) 7818718 atau (021) 87797409
  • Email : kampus@unindra.ac.id
  • Instagram : @officialunindra

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung langsung ke lokasi Universitas Indraprasta PGRI. Karena memiliki dua lokasi, silakan kunjungi salah satu alamat Unindra berikut.

FAQ

1. Apakah Unindra membebankan biaya ujian dan praktikum?

Kedua biaya tersebut mengikuti keputusan terbaru dari pihak kampus.

2. Apakah lulusan D3 bisa melanjutkan pendidikan S1 di Unindra?

Ya, PMB Unindra biasanya membuka pendaftaran S1 untuk lulusan D3.

Akhir Kata

Sekian bahasan Kursiguru terkait biaya kuliah Universitas Indraprasta PGRI atau kerap disebut Unindra. Besar harapan penulis agar informasi di atas bisa menjadi acuan ketika melakukan pendaftaran ke kampus Unindra.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.