Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Faktor Mempengaruhi Adaptasi Kurikulum Pendidikan Indonesia

Faktor Mempengaruhi Adaptasi Kurikulum

Faktor Mempengaruhi Adaptasi Kurikulum – Perkembangan sebuah pendidikan ditentukan oleh kurikulum yang ada. Dalam proses perkembangan pendidikan di Indonesia, sering kali kurikulum berganti. Banyak faktor dalam perubahan tersebut. Lalu apa saja faktor yang memperngaruhi adaptasi kurikulum. Kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mengetahui faktor-faktor tersebut.

Adaptasi atau perkembangan kurikulum dilakukan guna menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di sebuah negara. Namun, dalam perubahan kurikulum tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Perlu adanya penelitian dan pertimbangan dalam merubah sebuah kurikulum yang sudah ada.

Dalam pelaksanaan adaptasi kurikulum, sering kali menimbulkan pro dan kontra dari orang yang terkena imbas. Mulai dari sekolah, tenaga pendidik, guru, dan siswa. Karena semua harus bisa merubah sebuah kebiasaan baru. Seperti halnya fasilitas yang harus mendukung penuh untuk sistem pembelajaran baru.

Lalu, apa saja faktor yang bisa mempengaruhi adaptasi kurikulum. Dari banyaknya sumber referensi, Kursiguru akan merangkumnya di artikel ini. Bagi kamu yang ingin memahami kurikulum pendidikan, simak artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu Kurikulum

Menurut Nasution, kurikulum merupakan sebuah susunan rencana guna mempelancar proses belajar mengajar di sekolah. Selain itu, Sudjana juga berpendapat, bahwa kurikulum merupakan harapan yang terbentuk dalam program pendidikan, kemudian dilaksanakan oleh guru dan siswa di sekolah.

Dari kedua pendapat di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa kurikulum seperangkat rencana, tujuan, dan cara mengajar. Dari seperangkat tersebut lalu digunakan sebagai pedoman bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Baca  Materi Matematika Kelas 6 SD Semester 2 & Download PDF

Sejarah Kurikulum

Dari pasca kemerdekaan, pendidikan di Indonesia telah menerapkan banyak kurikulum. Meskipun telah berganti banyak kurikulum, pendidikan di Indonesia selalu mengikuti perkembangan dunia yang begitu pesat.

Dari sumber sejarah, kurikulum di pendidikan telah berganti 11 kurikulum, sampai hari ini. Mulai dari Kurikulum Rentjana Pelajaran 1947, Rentjana Pelajaran Terurai 1952, Rentjana Pendidikan 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1975 yang disempurnakan, Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004, KTSP 2006, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adaptasi Kurikulum

Dari banyaknya adaptasi kurikulum di atas, lalu faktor apa saja yang mempengaruhi adaptasi kurikulum di Indonesia. Artikel ini telah merangkum faktor-faktornya. Mari kita bahas satu persatu.

Faktor Perguruan Tinggi

Faktor dari perguruan tinggi sangatlah berpengaruh untuk perkembangan kurikulum di sekolah. Hal itu dikarenakan, perguruan tinggi mampu memberikan sumbangsih ide dan pemikiran untuk sebuah tujuan pendidikan. Selain itu, juga dalam pemerolehan tenaga pendidikan diperoleh dari perguruan tinggi.

Faktor Pemangku Kebijakan

Dalam adaptasi kurikulum, pemangku kebijakan salah satu elemen terpenting. Hal ini dikarenakan semua keputusan dalam merubah sistem di negara ditentukan oleh pemangku kebijakan. Maka, dalam setiap pergantian pemerintahan, tidak jarang kurikulum pendidikan juga mengikutinya.

Faktor Perkembangan Negara atau Dunia

Selain itu, dalam proses adaptasi kurikulum, perkembangan negara atau dunia juga sangat berpengaruh. Hal itu dikarenakan sebuah sistem belajar mengajar harus mengikuti kehidupan baru, baik dari segi apapun itu.

Faktor Ilmu dan Teknologi

Ilmu dan teknologi juga sangat berpengaruh dalam perkembangan kurikulum. Karena tanpa ilmu dan teknologi, proses belajar mengajar tidak berjalan. Seperti penemuan-penemuan baru, kemudian ada alat-alat teknologi baru dalam pendidikan.

Faktor Masyarakat

Sekolah dan masyarakat memiliki keterkaitan yang erat. Di antaranya sekolah memiliki peran penting dalam menciptakan generasi-generasi yang baik. Selain itu, kebudayaan atau kebiasaan masyarakat di wilayah sekolah juga akan berdampak penting dalam perkembangan kurikulum. Karena sejatinya, sekolah harus mengikuti kebiasaan masyarakat di sekitar berdirinya sekolah tersebut.

Baca  Struktur Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Download Semua Modul Kurikulum

Nah, dari pembahasan di atas, akhirnya kita mengetahui banyak sekali faktor yang berpengaruh dalam adaptasinya sebuah kurikulum pendidikan di Indonesia. Kemudian, di bawah ini Kursiguru akan menyediakan beberapa modul yang bisa digunakan oleh pendidik, manakala dibutuhkan. File di bawah ini berbentuk PDF, jadi kamu bisa menyimpannya dalam smartphone kamu.

Download Semua Modul Kurikulum

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita mengenai faktor yang mempengaruhi adaptasi kurikulum pendidikan. Semoga dari tulisan artikel Kursiguru ini dapat memberikan sumbangsih pengetahuan mengenai kurikulum. Jadikan semua artikel Kursiguru menjadi sumber utama dalam informasi dunia pendidikan di Indonesia.

Sumber Gambar : Jawapos.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *