Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 20 Contoh Soal Monohibrid Dihibrid Persilangan Biologi 2021 [PDF]

Contoh Soal Monohibrid

Contoh Soal Monohibrid merupakan salah satu materi dari mata pelajaran (mapel) biologi siswa SMA & MA kelas 12 IPA. Dimana materi ini akan memberikan gambaran persilangan tumbuhan dan hewan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Persilangan mahluk hidup dalam konteks biologi adalah proses mengkawinkan beberapa jenis tumbuhan atau hewan dengan tujuan mendapatkan jenis genetik tertentu. Persilangan di sini, baik monohibrid dan dihibrid, menggunakan dasar ilmu genetika, jadi pengerjaan contoh soal akan memfokuskan pada dasar gen.

Dibalik ilmu biologi persilangan mahluk hidup monohibrid ini, adalah ilmuwan berkebangsaan Austria bernama Gregor Johann Mendel atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Pak Mendel. Bapak Mendel ini mengemukakan 2 (dua) hukum mengenai penyilangan genetika modern ini.

Agar tidak kesulitan ketika mempelajari materi dan contoh soal genetika modern, di sini kursiguru akan membahas seputar cara mengerjakannya. Untuk mempersingkat waktu, silakan baca artikel persilangan kursiguru berikut ini.

Contoh Soal Monohibrid & Dihibrid Mendel

Sebelum masuk ke contoh soal biologi, hal terbaik adalah mempelajari dasar ilmunya terlebih dahulu. Simaklah penjelasan dari kursiguru berikut.

Dasar Ilmu Mendel

Setelah berhasil dalam penelitiannya, Bapak Mendel menjelaskan bahwa sifat induk mahluk hidup diwariskan turun temurun kepada pewarisnya pada sebuah pola khusus. Hal itu dijelaskan oleh Bapak Mendel di 2 (dua) hukum (segregasi-asortasi), yaitu:

Segregasi Mendel I dan II

Keterangan:

  • Alel (Allele), secara sederhana bisa dijelaskan sebagai pasangan gen pada kromosom homolog. Ada alel homozigot serta heterozigot. Contoh homozigot = AA, BB, CC, DD. Contoh heterozigot : Aa, Bb, Cc, Dd, dan seterusnya.
  • Gamet, bisa digambarkan sebagai sel kelamin induk (parental) maupun anakan (filial) hasil penyilangan. Gamet sendiri dapat dihitung
Baca  4 Contoh Soal PH Kelas 3 Tema 4 (Materi, Pembahasan & Jawaban)

Dua Jenis Monohibrid

Saat mengerjakan soal monohibrid pastikan dahulu jenis persilangan monohibrid apa yang ada di soal tersebut. Karena monohibrid terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu:

  • Monohibrid Dominasi Penuh (Full Domination Monohybrid-Cross)
    Monohibrid jenis ini terjadi ketika salah satu gen (dominan) mendominasi gen penyilangan lemah (resesif) sehingga fenotip kedua nya menjadi sangat sedikit.
  • Monohibrid Dominasi Tak Penuh/Intermediet (Intermediate Monohybrid-Cross)
    Kebalikan dari monohibrid di atas, jenis monohibrid ini terjadi ketika kedua gen induk sama kuatnya.

Gambaran Contoh Soal Monohibrid

Supaya kamu mudah dalam memahami materi biologi ini, langsung saja simak contoh soal monohibrid/dihibrid dari kursiguru berikut.

Soal Monohibrid 1

Nami adalah seorang petani jeruk yang menyilangkan tanaman jeruk berbuah besar (JJ) dengan jeruk berbuah kecil (jj). Tentukanlah F2 hasil contoh soal persilangan monohibrid tanaman milik Nami tersebut jika tanaman berbuah besar dominan terhadap tanaman berbuah kecil !

Contoh Soal Persilangan Monohibrid Dominasi Penuh

Soal Monohibrid 2

Contoh soal ini masih bersama Nami dan tanaman jeruknya. Jika penyilangan Nami merupakan jenis intermediet, tentukan penyelesaian contoh soal tersebut hingga F2!

Contoh Soal Persilangan Monohibrid Intermediet

Soal Dihibrid

Setelah membahas penyelesaian contoh soal-soal monohibrid, mari langsung bahas contoh soal dihibrid. Dimana contoh kali ini cukup berbeda dari monohibrid, karena fokus sifat yang ditinjau dari sebuah induk tak hanya 1. Agar lebih mudah memahaminya, langsung simak contoh soal dihibrid berikut.

Usopp menyilangkan melon Yubari buah berbiji dengan melon Yubari buah kecil tanpa biji. Tentukan hasil persilangan melon Yubari milik Usopp hingga F2!

Contoh Persilangan Dihibrid 1Contoh Persilangan Dihibrid 2

Download Soal Monohibrid & Dihibrid

Untuk kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi jurusan yang berkaitan dengan ilmu genetika biologi, pastikan untuk benar-benar memahami ilmu monohibrid serta dihibrid ini.

Baca  8 Contoh Soal Angka Penting : Pengertian, Materi, Kalkulator & Rumus

Download Contoh Soal Biologi Persilangan Monohibrid dan Dihibrid

Perlu diketahui bahwa contoh soal dari kursiguru seputar mapel biologi khususnya seputar persilangan didapatkan dari buku, internet serta pengetahuan pribadi penulis. Sehingga mohon dimaklumi jika contoh soalnya sedikit nyeleneh.

 

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *