40 Contoh Soal Matematika Kelas 4 Lengkap Semester 1 & 2

Contoh Soal Matematika Kelas 4 – Sebagian besar siswa ketika melihat soal-soal matematika tentunya merasa jengkel. Alasannya harus dihitung dengan rumus-rumus yang begitu banyak. Namun dari itu, kita tetap harus belajar matematika untuk bisa menghitung banyak hal di kehidupan sehari-hari.

Nah. di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kamu semua untuk membahas contoh soal matematika kelas 4 sekolah dasar. Kumpulan contoh soal ini bisa digunakan kamu untuk belajar tambahan di luar kelas.

Seperti di pembahasan sebelumnya di artikel contoh soal UTS matematika kelas 4 semester 1, para siswa mempelajari materi dasar di mata pelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar. Para siswa akan belajar menghitung dari tambahan, pengurangan, perkalihan, dan pembagian.

Dari artikel ini, penulis akan mencoba memberikan terbaik bagi kamu dengan membagikan gambaran materi dan kumpulan contoh soal matematika kelas empat sekolah dasar. Simak artikel ini secara tuntas agar tahu dan paham.

Materi Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2

Di mata pelajaran matematika kelas 4, baik di semester 1 dan 2 semua siswa akan mempelajari matematika dasar. Seperti yang sudah dibahas di atas. Para siswa akan mempelajari cara menghitung bilangan dengan rumus yang benar. Berikut penjabaran dari materi matematika kelas 4.

Materi Semester 1

Operasi Bilangan

Di awal semester 1, siswa akan mempelajari mengenai operasi bilangan. Di materi ini, guru akan memberi pemahaman sifat-sifat dari operasi bilangan, mengurutkan, mengoperasikan, dan membulatkan sebuah bilangan.

Baca  30 Contoh Soal PKK Kelas 12 Semester 1 Beserta Kunci Jawaban

Kelipatan dan Faktor Bilangan

Setelah itu, materi berikutnya mempejari kelipatan dan faktor dari sebuah bilangan. Siswa akan mengenali apa itu kelipatan dan faktor dari suatu bilangan, memahami kelipatan dan faktor sekutuan bilangan, serta memahami besar persekutuan dari kelipatan paling kecil.

Menghitung Panjang, Sudut, Berat, dan Waktu

Materi ketiga di semester 1, siswa akan mempelajari mengenai hitungan panjang, sudut, berat, dan waktu. Guru akan memberi pemahaman lebih dulu semua itu. Kemudian, baru siswa akan mencoba menghitung besaran sudut dan menghubungkan antar panjang, berat, dan waktu.

Mengukur Luas dan Keliling Bangun Datar

Setelah itu, di akhir semester 2, siswa akan mempelajari ukuran luas dan keliling dari sebuah bangun datar. Guru akan menuntun siswa bagaimana menghitung keliling luas dari jajar genjang dan segitiga.

Materi Semester 2

Bilangan Bulat

Di awal semester 2, para siswa akan mempelajari mengenai bilangan bulat. Di mana guru akan memberi pemahaman mengenai bilangan bulat, baca dan tulis lambang bilangan bulat, garis dari bilangan bulat, membandingkan bilangan bulat, mengurutkan, dan mengoperasi bilangan.

Bilangan Pecahan

Kemudian, setelah selesai belajar mengenai bilangan bulat, siswa akan belajar bilangan pecahan. Guru akan memberi penjelasan mengenai bilangan pecahan, mengurutkan bilangan pecahan, mengurutkan, dan mengoperasi bilangan pacahan.

Bilangan Romawi

Di pertengahan semester 2, siswa akan belajar mengenai bilangan romawi. Para siswa kelas 4 sekolah dasar akan mengenali lambang bilangan romawi, menulis kembali bilangan asli ke bilangan romawi, dan mengubah bilangan romawi ke bilangan asli.

Pencerminan, Simetri, dan Bangun Ruang

Di akhir semester 2, para siswa akan mempelajari tentang pencerminan, simetri, dan bangun ruang. Guru akan memberi pemahaman awal mengenai bangun-bangun ruang, jaring-jaring kubus dan balok, dan simetri bangun datar.

Baca  55 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 SD : Jawaban & File Word

Kumpulan Contoh Soal Matematika Kelas 4

Dari semua penjelasan di atas, kita sudah tahu dan paham mengenai materi matematika di kelas 4 semua semester. Untuk memberi tambahan pemahaman, kita beralih membahas contoh soal. Penulis telah menyediakan kumpulan contoh soal matetikan kelas 4 sekolah dasar semua semestet. Mari kita bahas satu persatu contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal Matematika 1

Berapakah hasil dari 4 jam + 50 menit = …..menit
a. 100
b. 200
c. 300
d. 290
Jawaban : d

Contoh Soal Matematika 2

Sebuah segitiga memiliki tinggi 15cm. Apabila area dasarnya 27cm, areanya adalah….cm
a. 186
b. 187
c. 188
d. 189
Jawaban : a

Contoh Soal Matematika 3

Hasil dari 40 x 30 – 300 + 750 adalah…
a. 730
c. 740
c. 750
d. 760
Jawaban : c

Download Contoh Soal Matematika Kelas 4

Contoh soal di atas hanyalah beberapa. Contoh soal lainnya telah Kursiguru sediakan dalam bentuk file PDF. Jadi, kamu bisa memiliki file contoh soal ini dan menyimpannya di memori handphonemu. Silakan download link di bawah ini.

Download Contoh Soal Matematika Kelas 4

Akhir Kata

Kiranya itu pembahasan kali ini bersama Kursiguru. Adanya artikel tentang contoh soal matematika kelas 4 semua semester kita tahu dan memahami dengan mudah. Selanjutnya kamu bisa mengikuti guru di sekolah.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Tinggalkan komentar