Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

65 Contoh Kalimat Simpleks : Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Kalimat Simpleks

Contoh Kalimat Simpleks – Ketika kita menyusun sebuah kalimat tentunya harus sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia yang baik dan benar. Setidaknya kalimat yang benar memiliki unsur subjek dan predikat. Kalimat itu bisa dikatakan sebagai kalimat simpleks. Nah, di kesempatan kali ini Kursiguru akan mengajak kalian membahas mengenai contoh kalimat simpleks.

Materi mengenai kalimat simpleks bisa kita temukan dalam setiap tulisan. Baik itu tulisan fiksi maupun non fiksi. Selain itu, materi ini selalu muncul di materi pelajaran bahasa Indonesia semua jenjang. Materi ini diajarkan agar siswa dapat menyusun kalimat dengan baik dan benar.

Sebelumnya, Kursiguru telah menulis sebuah materi mengenai contoh kalimat deskripsi. Materi tersebut bisa kamu pelajari setelah mempelajari kalimat simpleks. Hal itu agar lebih lengkap untuk mempelajari mengenai kalimat.

Pembahasan artikel ini tidak hanya mengenai contoh kalimat simpleks, namun juga akan dijelaskan mengenai pengertian dan ciri-ciri dari kalimat simpleks. Nah, bagi kamu yang sedang mempelajari mengenai materi ini bisa terus ikuti artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Kalimat Simpleks

Kalimat simpleks juga dikatakan sebagai kalimat tunggal. Artinya, sebuah kalimat yang berdiri sendiri. Setidaknya dalam kalimat tunggal memuat satu klausa atau unsur predikat saja. Selain itu kalimat simpleks memiliki fungsi sebagai subjek, predikat, objek, dan keterangan. Perbedaan dari jenis kalimat lainnya kalimat ini lebih sederhana bentukya.

Kita baca contoh berikut, Andi sedih . Contoh tersebut dikatakan sebagai kalimat simpleks. Karena sudah memuat subjek dan predikat. Namanya juga simple, makanya sederhana.

promo
Baca  8 Buku Materi Kelas 3 Semester 2 Tematik K13 : Siswa & Guru 2022

Ciri-ciri Kalimat Simpleks

Adapun dari kalimat tunggal memiliki ciri-ciri sebagai pembeda dengan kalimat lainnya. Terdapat lima ciri dalam kalimat tunggal. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Memuat Klausa yang Lengkap

Ciri pertama adalah memuat klausa lengkap. Maksudnya susunan kalimatnya bersifat final. Apabila sebuah teks dikatakan kalimat ditandai dengan tanda titik. Klausa lengkap bisa terdiri dari Subjek (S) – Predikat (P), S-P-Objek, S-P-O-Keterangan atau S-P-O-K-Pelengkap.

Kalimat Lebih Sederhana

Ciri kedua adalah kalimat lebih sederhana. Maksudnya susunan kalimatnya hanya terdiri dua sampai tiga kata, tidak lebih dari itu. Seperti pembahasan di awal kalimatnya simple.

Hanya Memuat Satu Peristiwa

Selain kedua ciri di atas, ciri selanjutnya yaitu hanya memuat satu peristiwa saja. Tidak boleh lebih dari satu kejadian. Apabila lebih dari satu maka dikatakan sebagai kalimat kompleks.

Tidak Ada Konjungsi

Selanjutnya adalah tidak ada konjungsi. Hal ini ditandai penggunaan kata yang sederhana dan sedikit. Maka dari itu tidak boleh adanya konjungsi dalam kalimat simpleks.

Tidak Ada Tanda Baca Koma

Terakhir, ciri kalimat tungggal ialah tidak ada tanda baca koma. Biasanya penggunaan koma dikarenakan menjelaskan peristiwan yang berbeda. Namun kita ketahui bahwa di ciri ketiga tidak boleh lebih dari satu peristiwa.

Kumpulan Contoh Kalimat Simpleks

Dari ciri-ciri di atas mari kita coba susun dalam contoh kalimat bahasa Indonesia. Beberapa contoh di bawah ini sudah Kursiguru susun berdasarkan aturan yang berlaku. Kamu bisa berlatih dari beberapa contoh berikut.

  • Andi Sakit Perut.
  • Bapak pergi ke kantor.
  • Kakak sedih.
  • Ibu menyapu halaman.
  • Adik memakai seragam putih.
  • Paman membaca koran.
  • Paman minum kopi.
  • Sapi pemakan rumput.
  • Ayah membeli hewan kurban.
  • Andi sedih karena tidak punya uang.
  • Ayah sudah mulai tua.
  • Bapak kepala sekolah marah ke Ratih.
  • Ibu mengajar matematika.
  • Tante Andin sedang membuat roti ulang tahun.
  • Kakak bermain sepakbola.
  • Eri membaca cerpen di sekolah.
  • Ibu pergi ke pasar manis.
  • Bayu berasal dari Jawa Timur.
  • Kakek giginya tinggal dua.
  • Ayah mendaki gunung Slamet.
Baca  5 Materi PJOK Kelas 11 Semester 2 K13 & Download File PDF 2022

Download Buku Tentang Kalimat

Dari seluruh pembahasan di atas, kita sudah memahami tentang contoh kalimat tunggal. Agar menambah pemahaman mengenai materi kita ini, penulis sudah menyediakan buku rekomendasi tentang kalimat. Silakan download file buku di bawah ini untuk pegangan referensi.

Download Buku Tentang Kalimat

Akhir Kata

Akhirnya kita sudah memahami secara mendalam artikel mengenai contoh kalimat simpleks. Kursiguru berharap dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan mengenai bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan lainnya tentang dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Suara.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *