Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Cara Membayar UKT Unsoed Melalui Bank BTN 2020

Cara Bayar UKT Unsoed Melalui Bank BTN

Cara membayar UKT Unsoed lewat Bank BTN memanfaatkan layanan perbankan yang tersedia seperti Teller dan Mobile Banking. Dimana untuk melakukan pembayaran UKT kamu perlu menggunakan layanan di salah satu bank yang menjalin kerja sama dengan Unsoed. Sebagai mahasiswa Unsoed tentunya kamu harus mengetahui mengenai cara membayar UKT tersebut.

Bank Tabungan Negara (BTN) adalah sebuah bank dengan bentuk perseroan terbatas. Bank BTN juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa keuangan perbankan. Cikal bakal Bank BTN sudah berdiri sejak tahun 1897 , namun baru pada tahun 1963 penggunaan nama dan bentuk resmi bank seperti saat ini mulai diterapkan.

Pada awalnya tugas BTN adalah sebagai wadah pembiayaan proyek perumahan untuk rakyat. Namun seiring perkembangan zaman, pemerintah Indonesia kemudian menunjuk Bank BTN sebagai salah satu penyedia layanan pengelola keuangan bidang pendidikan. Karena itulah, sekarang ini Bank BTN juga melayani pembayaran UKT perguruan tinggi.

SPP perguruan tinggi atau sekarang disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan biaya wajib bagi seorang mahasiswa agar dapat berkuliah di sebuah kampus, termasuk dalam hal ini Unsoed. Unsoed sebagai salah satu perguruan tinggi negeri secara langsung menjalin kerjasama dengan Bank BTN dalam menjalankan kampusnya. Dengan demikian, semua mahasiswa Unsoed dapat membayarkan biaya kuliahnya di Bank BTN. Jika kamu adalah mahasiswa Unsoed yang hendak membayar UKT melalui layanan Bank BTN, ada baiknya memperhatikan langkahnya agar tidak terjadi kesalahan.

Cara Membayar UKT Unsoed Lewat Bank BTN

Pihak BTN telah menyediakan 2 (dua) buah layanan sebagai cara membayar UKT Unsoed, yaitu melalui Teller dan Mobile Banking. Untuk itu, pada kesempatan ini Kursiguru akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah membayar UKT mahasiswa Unsoed melalui Bank BTN. Demi mempersingkat waktu kamu dapat langsung membaca penjelas di bawah ini.

1. Cara Membayar UKT Unsoed Melalui Teller

Cara membayar UKT paling sederhana adalah dengan datang ke bank yang bersangkutan, dalam hal ini Bank BTN. Langkah untuk melakukan cara ini adalah:

  1. Pergilah ke Kantor Cabang Bank BTN terdekat, kemudian temuilah teller bank tersebut.
  2. Setelah itu kamu harus memberikan informasi berupa Nomor Induk Mahasiswa (NIM) Unsoed pada teller.2. Memberikan informasi berupa NIM
  3. Selanjutnya teller akan memberi informasi tagihan yang harus kamu bayar.3. Selanjutnya teller akan memberi informasi tagihan yang harus kamu bayar.
  4. Kemudian serahkan sejumlah uang pada teller sesuai dengan nominal tagihan.4. Kemudian serahkan sejumlah uang pada teller sesuai dengan nominal tagihan.
  5. Tunggulah hingga proses pembayaran selesai dan teller memberikan bukti/resi pembayaran UKT.5. Tunggulah hingga proses pembayaran selesai dan teller memberikan bukti pembayaran UKT.

Setelah mendapatkan bukti pembayaran tersebut lakukan pengecekan kembali untuk memastikan pembayaran UKT telah dilakukan dengan benar.

  • Kantor Cabang Bank BTN Purwokerto

Sebagai informasi tambahan bagi kamu yang hendak membayarkan UKT Unsoed dan berdomisili di Purwokerto, Kursiguru akan memberikan informasi mengenai alamat Kantor Cabang BTN Purwokerto.

PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk

Kantor Cabang Purwokerto, Jalan Jend. Sudirman No. 431, Purwokerto 53116

(0281)-641114

2. Cara Membayar UKT Unsoed Melalui Mobile Banking

Cara membayar UKT melalui Mobile Banking (m-Banking) memiliki kelebihan menarik yaitu dapat dilakukan dimana saja selama memiliki koneksi internet. Syarat untuk menggunakan cara ini tentunya kamu harus mempunyai Rekening Bank BTN, telah mengaktifkan layanan Mobile Banking, dan memiliki aplikasinya di hp. Jika semua syarat tersebut telah kamu penuhi, selanjutnya kamu harus melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Pertama bukalah aplikasi m-Banking pada hp mu.
  2. Selanjutnya Login ke aplikasi tersebut.2. Selanjutnya Login ke aplikasi tersebut.
  3. Kemudian pilih menu “Pembayaran”.3. Kemudian pilih menu Pembayaran.
  4. Setelah itu pilih menu “Pendidikan”.4. Setelah itu pilih menu Pendidikan.
  5. Selanjutnya pilih Universitas Jenderal Soedirman pada bagian “Institusi”, Biaya Pendidikan pada bagian “Tipe Pembayaran”, dan masukkan NIM pada kolom yang tersedia.5. Selanjutnya pilih Universitas Jenderal Soedirman pada bagian Institusi Biaya Pendidikan pada bagian Tipe Pembayaran dan masukkan NIM pada kolom yang tersedia.
  6. Lalu tekan tombol “Kirim”
  7. Setelah itu lakukan pengecekan tagihan, jika sudah benar kemudian masukkan PIN m-Banking dan tekan tombol “OK” untuk melanjutkan proses pembayaran.7. Setelah itu lakukan pengecekan tagihan jika sudah benar kemudian masukkan PIN m Banking dan tekan tombol OK untuk melanjutkan proses pembayaran lalu.
  8. Jika transaksi berhasil maka akan muncul tampilan bukti pembayaran pada layar aplikasimu seperti contoh di bawah ini.8. Jika transaksi berhasil maka akan muncul tampilan bukti pembayaran pada layar aplikasimu seperti contoh di bawah ini.

Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan layanan m-Banking juga lebih aman karena kamu bisa mengecek tagihan secara langsung ketika melakukannya.

Itulah tadi 2 (dua) cara membayar UKT kampus Unsoed melalui layanan Bank BTN yang dapat Kursiguru bagikan. Sebaiknya selain teliti dalam bertransaksi, kamu juga perlu melakukan pembayaran UKT sebelum tanggal waktu terakhir pembayaran agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terimakasih telah berkunjung dan Selamat Mencoba.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.