Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Cara Bayar UKT Unsoed Lewat Bank Jateng Terbaru [2020]

2 Cara Bayar UKT Unsoed Melalui Bank Jateng

Cara bayar UKT Unsoed melalui Bank Jateng menggunakan beberapa layanan perbankan seperti melalui Teller dan ATM. Langkah-langkah yang akan dibahas mengenai cara bayar UKT ini berfokus pada Bank Jateng yang telah ditunjuk oleh Unsoed. Dimana Bank Jateng adalah salah satu penyedia layanan untuk membayar UKT universitas di Jawa Tengah, termasuk Unsoed.

Bank Jateng merupakan bank yang didirikan pada tahun 1963 dengan kantor pusat di Semarang, dimana pada awalnya diberi nama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (PT BPD Jateng). Tujuan dari didirikannya bank ini tidak lain adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya untuk daerah Jawa Tengah.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Universitas Jenderal Soedirman atau kerap disingkat menjadi Unsoed memiliki kampus utama di Purwokerto, Jawa Tengah. Karena lokasinya tersebut, Bank Jateng terpilih menjadi satu dari 5 (lima) bank yang bekerja sama dengan Unsoed dalam mengurus keuangan termasuk urusan pembayaran UKT.

UKT atau Uang Kuliah Tunggal adalah biaya wajib seorang mahasiswa jika ingin mengikuti perkuliahan disebuah kampus, tak terkecuali di Unsoed.  Karena itu sebagai mahasiswa Unsoed anda dapat menggunakan layanan dari Bank Jateng untuk membayar biaya kuliah Unsoed. Untuk itu perlu bagi mahasiswa Unsoed mengetahui cara membayar biaya UKT melalui Bank Jateng.

Jika anda mahasiswa Unsoed yang ingin membayarkan UKT melalui Bank Jateng namun belum mengetahui caranya, anda tidak perlu khawatir karena Kursiguru akan menjelaskan cara serta langkahnya. Selengkapnya mengenai cara bayar UKT di Bank Jateng dapat anda simak dipenjelasan berikut ini.

Cara Bayar UKT Unsoed Melalui Bank Jateng

Terdapat 2 (dua) cara yang dapat anda gunakan jika ingin membayarkan UKT Unsoed melalui Bank Jateng. Cara pertama adalah dengan mendatangi Teller dan cara kedua adalah menggunakan mesin ATM. Langkah pembayaran UKT Unsoed dengan kedua cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Cara Bayar Melalui Teller Bank

Cara bayar ini tergolong cukup simpel dan mudah dilakukan, Anda hanya perlu menyiapkan uang sejumlah tagihan UKT. Uang tersebut dapat berupa cash maupun tabungan pada rekening Bank Jateng. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membayar UKT menggunakan cara ini adalah:

  1. Pertama pergilah ke kantor cabang Bank Jateng terdekat.
  2. Selanjutnya berikan informasi Nomor Induk Mahasiswa (NIM) Unsoed kepada teller.
  3. Setelah itu teller akan memproses memverifikasi tagihan sesuai NIM Unsoed tersebut.
  4. Jika sudah, hanya perlu memberikan uang yang telah disiapkan.
  5. Kemudian tunggulah hingga teller menyelesaikan proses pembayaran
  6. Terakhir teller akan memberikan bukti pembayaran UKT Unsoed seperti contoh di bawah ini.

Bukti Pembayaran UKT Unsoed Melalui Teller

Pada contoh bukti bayar tersebut terdapat beberapa poin dengan keterangan:

  1. NIM Unsoed.
  2. Kode Pembayaran dan Nama Tagihan.
  3. PIN Anda.

Poin-poin tersebut penting untuk dicek ulang agar memastikan pembayaran UKT Anda sudah benar. Sebagai tambahan untuk Anda yang berdomilisi di Purwokerto, alamat beberapa Kantor Cabang Bank Jateng terdekat adalah:

Alamat Kantor Cabang Bank Jateng di Purwokerto

  •  Jalan Jend. Gatot Subroto No. 101, Seberang SMK N 2 Purwokerto
  • Jalan DI. Panjaitan No. 78, Komplek Pasar Wage
  • Jalan Profesor DR. HR Boenyamin No. 133, Seberang FISIP Unsoed

2. Cara Bayar Menggunakan ATM Bank Jateng

Cara bayar UKT Unsoed menggunakan ATM dapat dilakukan bagi yang memiliki rekening dan kartu ATM Bank Jateng. Cara ini tergolong lebih praktis karena tidak perlu mengatre di Kantor Cabang Bank Jateng. Namun, sebelum melakukan cara ini ubahlah NIM Unsoed Anda agar semuanya menjadi angka, dimana huruf pada NIM akan diubah seperti contoh konversi berikut.

Konversi NIM Menjadi Angka

Konversi huruf ke angka dengan ketentuan A = 01, B = 02, C = 03, dan seterusnya hingga Z = 26.

Contoh : H1C013052 akan menjadi 08103013052

Setelah mengkonversi NIM, maka langkah untuk melakukan cara ini adalah:

  1. Pertama pergilah ke ATM Bank Jateng terdekat.
  2. Setelah sampai di ATM, masukkan Kartu ATM kemudian masukkan PIN.2. Masukkan kartu ATM dan PIN
  3. Selanjutnya pada layar akan menampilkan menu transaksi, lalu pilih menu “Pembayaran“.3. Selanjutnya pada layar akan menampilkan menu transaksi lalu pilih menu Pembayaran.
  4. Kemudian pilihlah menu “Universitas“.4. Kemudian pilihlah menu Universitas
  5. Setelah itu pilih menu “Nomor Induk Edukasi“.5. Setelah itu pilih menu Nomor Induk Edukasi.
  6. Masukkan 3 digit angka nomor ID Universitas (Nomor ID Unsoed : 020).6. Masukkan 3 digit angka nomor ID Universitas.
  7. Selanjutnya masukkan NIM yang telah dikonversi, kemudian klik lanjutkan.7. Selanjutnya masukkan NIM yang telah dikonversi kemudian klik lanjutkan.
  8. Lalu pilih rekening yang akan digunakan.8. Lalu pilih rekening yang akan digunakan.
  9. Kemudian pada layar akan muncul rincian tagihan Anda, lalu pilih “Bayar Tagihan No 1“.9. Kemudian pada layar akan muncul rincian tagihan Anda lalu pilih Bayar Tagihan No 1.
  10. Perlu diingat, pilihan “Bayar Semua Tagihantidak digunakan untuk proses pembayaran UKT Unsoed.
  11. Jika proses bayar UKT Unsoed sukses maka ATM akan mencetak bukti pembayaran seperti contoh di bawah ini.11. Jika proses bayar UKT Unsoed sukses maka ATM akan mencetak bukti pembayaran seperti contoh di bawah ini.

Seperti pada cara sebelumnya pada contoh bukti bayar tersebut terdapat beberapa poin yang penting untuk dicek ulang agar memastikan pembayaran UKT Anda sudah benar.

Demikian di atas informasi mengenai cara bayar UKT Unsoed melalui layanan Bank Jateng yang dapat Kursiguru berikan. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.