Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Cara Bayar UKT UB Lewat BTN : Jadwal & Sanksi Keterlambatan

Cara Bayar UKT UB Lewat BTN

Cara bayar UKT UB lewat BTN – membahas mengenai langkah-langkah membayar biaya kuliah semester Universitas Brawijaya lewat fasilitas transfer langsung Bank Tabungan Negara.

Membayar UKT UB lewat bank milik pemerintah tersebut tidaklah sulit dilakukan asalkan sudah memiliki kode pembayaran. Selain itu cara bayar ini tergolong fleksibel karena dapat dilakukan di seluruh Indonesia.

UKT UB sendiri menjadi hal wajib seluruh mahasiswanya apabila ingin tetap mengikuti proses pembelajaran di kampus. Apabila UKT UB tidak dibayarkan, maka mahasiswa tersebut akan dikenai beberapa jenis sanksi.

Sebagai salah satu bank yang bekerja sama dengan UB, BTN memberikan cara bayar UKT paling sederhana. Untuk mengetahui selengkapnya, silakan simak pejelasan Kursiguru terkait UKT UB serta bank BTN.

Bank Penyedia Fitur Bayar UKT UB

Universitas Brawijaya atau UB sendiri telah bekerja sama dengan beberapa perbankan dalam menyediakan cara bayar biaya kuliahnya. Beberapa diantaranya adalah Bank Mandiri, Mandiri Syariah, BNI 46, BRI, BRI Syariah, serta BTN.

Artinya proses bayar UKT UB bisa kamu coba lakukan lewat layanan milik Bank Mandiri, BTN, atau lewat perbankan lain di atas. BTN sendiri termasuk dalam daftar perbankan dengan cara bayar UKT termudah.

Sanksi Keterlambatan UKT UB

Sebelum membahas mengenai cara bayar, akan lebih baik jika kamu tahu pentingnya melakukan proses bayar UKT UB. Dimana untuk mendapatkan status aktif, mahasiswa UB harus melakukan registrasi administrasi.

Pasalnya UKT adalah bagian utama dari proses registrasi administrasi di UB. Dengan kata lain, jika seorang peserta studi tidak bayar UKT, maka Ia akan kehilangan statusnya sebagai mahasiswa aktif.

Apabila tidak membayar UKT UB dilakukan sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut tanpa keterangan, maka secara langsung akan dikenai sanksi Gagal Studi atau Drop Out. Itulah alasan dibalik pentingnya bayar UKT UB.

Jadwal Pembayaran UKT UB

Agar terhindar dari masalah keterlambatan bayar UKT UB, kamu perlu mengetahui jadwal pembayarannya. Berikut kursiguru bagikan jadwal umum pembayaran UKT UB.

  • Jadwal Bayar UKT UB Semester Ganjil
    Pada semester ganjil biasanya jadwal dibuka pada tanggal 25 Januari serta ditutup pada tanggal 4 Februari.
  • Jadwal Bayar UKT UB Semester Genap
    Pada semester genap jadwal bayar UKT UB adalah di tanggal 10 hingga 27 Agustus.

Cara Bayar UKT UB Lewat BTN

Setelah memahami pentingnya membayar UKT UB beserta jadwal bayarnya, selanjutnya kamu perlu mengetahui tentang cara bayar biaya kuliah tersebut. Dimana pada kesempatan kali ini, penulis akan memaparkan cara bayar UKT UB khusus lewat layanan BTN.

1. Mendatangi Kantor Cabang BTN

Orangtua atau mahasiswa langsung datang ke cabang BTN. Carilah kantor BTN terdekat agar lebih efektif serta efisien waktu.

2. Isil Formulir Setoran

Sesampainya di BTN, orangtua atau mahasiswa isilah formulir setoran yang tersedia di meja formulir.

3. Tuliskan NIM dan Besar Tagihan

Cara selanjutnya adalah menuliskan NIM pada bagian Kode Pembayaran serta jumlah pembayaran jangan lupa ditulis pada kolom nominal setoran.

4. Berikan Formulir dan Uang Tunai

Setelah pengisian formulir selesai, temuilah salah satu teller. Kemudian berikan formulir yang telah diisi data UKT beserta uang tunai sejumlah tagihan UKT semester tersebut.

5. Tunggu Bukti Bayar

Terakhir jika sudah berhasil, maka data pembayaran akan masuk pada data base perguruan tinggi serta teller BTN akan memberikan bukti pembayaran.

Simpanlah bukti bayar UKT baik-baik, karena jika terjadi masalah pada sistem BTN maka kamu dapat menggunakannya sebagai data yang sah.

Call Center Universitas Brawijaya (UB)

Jika masih memiliki pertanyaan seputar UKT silakan tanyakan ke call center UB. Dimana nomor call center UB terkait urusan UKT adalah:

  • Bagian Akademik BAK UB : (0341) 551611, (0341) 575754.
  • Bagian Anggaran dan Perbendaharaan Biro Keuangan : (0341) 575812.

FAQ

1. Apakah mahasiswa cuti tetap harus bayar UKT UB?

Tidak, UB tidak membankan UKT pada mahasiswa berstatus cuti kuliah.

2. Apa cara bayar di atas bisa digunakan untuk semua mahasiswa UB?

Ya, semua peserta studi di UB bisa menggunakan cara bayar UKT melalui BTN.

Akhir Kata

Sekian pembahasan terkait cara bayar UKT UB lewat layanan perbankan milik BTN. Semoga bahasan di atas mampu memberikan pencerahan seputar cara bayar biaya kuliah Universitas Brawijaya lewat BTN.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.