Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 14 Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut & Pendaftaran 2022

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut – akan membahas mengenai biaya yang diperlukan oleh para calon santri ketika mendaftarkan diri di pesantren Darussalam Garut. Dimana biaya ponpes Darussalam Garut terbagi menjadi 3 (tiga) bagian.

Mempunyai buah hati yang memahami ilmu duniawi serta Aqidah dan Tauhid tentunya didambakan oleh mayoritas orang tua di Indonesia. Dimana salah satu cara mendidiknya adalah dengan memasukkan ke pondok pesantren Darussalam Garut.

Untuk para orang tua atau wali yang berdomisili di area Garut seharusnya sudah mendengar tentang pondok pesantren Darussalam Garut. Tapi sayangnya informasi seputar pendaftaran dan biaya masuk pondok pesantren Darussalam Garut belum tersebar luas.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini Kursiguru hendak membahas mengenai biaya pondok pesantren Darussalam Garut beserta informasi seputar fasilitas, jadwal, serta syarat pendaftarannya. Silakan simak ulasan berikut untuk mengetahui biaya ponpes Darussalam Garut.

Sekilas Tentang Pesantren Darussalam Garut

Awalnya pondok pesantren Darussalam Garut didirikan sebagai madrasah, lalu sejak tahun 1986 tepatnya di tanggal 9 Desember, pendiri pesantren Darussalam Garut memutuskan untuk menggunakan sistem pendidikan di pondok modern Darussalam Gontor.

Sejak saat itu, pembelajaran di pondok pesantren Darussalam Garut menggunakan sistem 6 tahun (kelas reguler lulusan SD/MI) dan 4 tahun (kelas intensif lulusan SMP & SMA). Selain diterima di area Indonesia, ijazah pondok pesantren Darussalam Garut juga bisa dijadikan sebagai sarana mendaftarkan diri di luar negeri, tepatnya di Mesir.

Fasilitas Pondok Pesantren Darussalam

Selain mempunyai sejarah yang baik, pondok pesantren Darussalam Garut juga mempunyai fasilitas penunjang pendidikan mumpuni. Berikut adalah daftar fasilitas tambahan pondok pesantren Darussalam Garut yang mampu menunjang kegiatan para santri.

  • Perpustakaan.
  • Koperasi.
  • Laboratorium : IPA, komputer, elektro, Al-Quran, bahasa, multimedia.
  • Ruang keterampilan & kesenian.
  • Lapangan : sepakbola, badminton, tenis meja, futsal, basket, voli.
  • Bengkel otomotif.
Baca  √ Biaya Kuliah Pelamonia Makassar & Pendaftaran 2022

Dari daftar di atas bisa diketahui bahwa selain belajar tentang materi pelajaran serta kitab kuning, para santri di pondok pesantren Darussalam Garut juga dapat mengasah berbagai keterampilan sesuai minat dan bakat masing-masing.

Jumlah Santri Pondok Pesantren Darussalam Garut

Jadi berapa jumlah santri di pondok pesantren Darussalam Garut sekarang ini? Untuk saat ini, banyaknya santri di pondok pesantren Darussalam Garut berjumlah sekitar 2500 orang. Namun total penerimaan atau kuota pendaftarannya hanya sebanyak 750 santri per tahun ajaran. Artinya jika ingin mendaftarkan diri ke pondok pesantren Darussalam Garut maka harus secepat mungkin agar tidak kehabisan kuota.

Biaya Pondok Pesantren Darussalam Garut

Selanjutnya penulis ingin mengajak kamu semua memahami besar biaya pondok pesantren Darussalam Garut. Seperti sudah disinggung di atas bahwa biaya pondok pesantren Darussalam Garut terbagi ke dalam 3 (tiga) bagian, yakni biaya pendaftaran, biaya masuk dan biaya bulanan.

Biaya Pendaftaran Ponpes Darussalam Garut

Untuk pendaftarannya, para calon santri di pesantren Darussalam Garut hanya dikenai biaya dengan nominal Rp. 250.000. Nantinya biaya ini digunakan untuk pelaksanaan tes masuk pondok pesantren Darussalam Garut.

Biaya Masuk Ponpes Darussalam Garut

Pada bagian biaya masuk, pondok pesantren Darussalam Garut mengharuskan santri membayar uang sebesar Rp. 5.500.000. Perincian penggunaan biaya masuk ponpes Darussalam Garut tersebut adalah:

Jenis Biaya Darussalam GarutNominal Biaya (Rp.)
Biaya meja kursi1.600.000
Biaya pembangunan pondok1.600.000
Biaya seragam olahraga150.000
Biaya Khutbatul ‘Arsy250.000
Biaya listrik350.000 per semester
Biaya kertas250.000 per semester
Biaya organisasi150.000 per semester
Biaya kesehatan150.000 per semester
Biaya sewa lemari100.000 per semester
Biaya kasur350.000
Biaya buletin50.000

Berdasarkan tabel di atas bisa diketahui bahwa sebagian biaya pondok Darussalam Garut hanya perlu dibayarkan sekali saat santri pertama masuk. Sedangkan beberapa biaya lain seperti listrik, kertas, kesehatan, sewa lemari hingga biaya organisasi wajib dibayarkan setiap semester (6 bulan sekali).

Baca  9 Biaya Kuliah Gunadarma 2022 : Semua Jurusan & Akreditasi

Biaya Bulanan Ponpes Darussalam Garut

Jenis biaya terakhir di ponpes Darussalam Garut adalah biaya bulanan berupa biaya dapur serta infaq per bulan. Besarnya biaya bulanan di pondok Darussalam Garut adalah:

Jenis Biaya Bulanan Darussalam GarutNominal Biaya (Rp.)
Biaya dapur400.000
Biaya infaq275.000

Jika dilihat secara keseluruhan maka total biaya semester pertama di pesantren Darussalam Garut yaitu sebesar Rp. 6.425.000. Meskipun terlihat besar tapi biaya pondok pesantren Darussalam Garut masih tergolong murah, karena di beberapa pondok lain seperti Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, biaya bulanannya lebih besar. Silakan bandingkan biaya di atas secara langsung dengan menyimak Biaya Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya.

Pendaftaran Pondok Pesantren Darussalam Garut

Pembahasan hendak penulis lanjutkan dengan informasi seputar proses pendaftaran di pondok pesantren Darussalam Garut. Berikut adalah beberapa info penting seputar pelaksanaan pendaftaran santri ponpes Darussalam Garut.

Syarat Pendaftaran

  • Sudah dinyatakan lulus dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA.
  • Bersedia belajar hingga tuntas..
  • Sehat jasmani & rohani (tidak merokok & bebas napza).
  • Bersedia tinggal di asrama.
  • Melengkapi dokumen pendaftaran :
    • Copy akta kelahiran & KK (rangkap 4).
    • Copy kartu NISN (rangkap 4).
    • Copy KTP orang tua/wali (rangkap 4).
    • Copy Ijazah & SKHUN legalisir (rangkap 4).
    • Pasfoto 3×4 & 4×6 masing-masing 4 lembar.
    • Seluruh berkas dijadikan satu di dalam Map Biru (Putra) & Map Hijau (Putri).

Jadwal Pendaftaran

  • Pendaftaran online : 8 Januari – 3 Februari
  • Tes masuk (tulis & lisan) : 19 Februari – 3 Maret
  • Pengumuman hasil tes : 12 Maret
  • Daftar ulang : 13 – 19 Maret
  • Awal masuk : 16 Juli

Materi Tes Masuk Ponpes Darussalam Garut

  • Tes tulis : Fiqh, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris.
  • Tes lisan : Baca Al-Qur’an, Bahasa Arab, Doa Harian, Prakik Shalat.

Call Center Pondok Pesantren Darussalam Garut

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar pendaftaran maupun biaya pondok pesantren Darussalam Garut, kamu bisa menghubungi pihak pondok secara langsung di beberapa kontak call center berikut.

  • Proses pendaftaran & Biaya : 0857 2350 0373
  • Info pondok putra : 0856 0877 8416
  • Info pondok putri : 0895 1923 2324
  • Instagram : @darussalamgraphy
  • Alamat lengkap Pondok Pesantren Darussalam Garut :

Akhir Kata

Demikian penjelasan Kursiguru seputar biaya pondok pesantren Darussalam Garut beserta informasi penting seputar pelaksanaan pendaftarannya. Semoga setelah mendapatkan info di atas, kamu semua berhasil menjadi santri di pondok pesantren Darussalam Garut.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.