Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

40 Soal SBDP Kelas 6 Tentang Interval Nada : Materi & Download 2021

Soal SBDP Kelas 6 Tentang Inverval Nada

Soal SBDP kelas 6 tentang interval nada terkait tema ketiga akan Kursiguru berikan serta jelaskan di sini. Soal tersebut diperuntukkan bagi guru maupun peserta didik di kelas 6 sekolah dasar. Tidak hanya itu, soal ini dapat digunakan sebagai bahan latihan atau referensi dalam penyusunan pelaksanaan ulangah tengah/akhir semester khususnya di kelas 6. Sebelum berlari ke soal, seperti biasa Kursiguru menjelaskan mengenai apa itu soal SBDP tentang interval nada pada jenjang kelas 6 SD.

Mata pelajaran seni budaya dan prakarya merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Hal demikian telah diatur dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 mengenai standar nasional pendidikan. Seni budaya dan prakarya dipandang sebagai mata pelajaran meliputi segala aspek kehidupan manusia.

Selain itu, jika seni budaya dan prakarya diajarkan di sekolah maka memberi keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan untuk mengembangkan tumbuhnya peserta didik. Selama berada di sekolah, siswa akan mendapat experience atau pengalaman tentang indahnya kegiatan penuh kreativitas dan apresiasi di bidang seni. Salah satu tema di mata pelajaran seni budaya yaitu interval nada. Secara garis besarnya, peserta didik dipelajari mengenai musik.

Soal SBDP Kelas 6 Tentang Interval Nada

Pengertian Interval Nada

Di dalam mata pelajaran seni budaya, interval nada dapat diartikan sebagai jarak antara nada satu ke nada lainnya dengan ukuran tinggi rendah. Adapun tangga nada dalam interval nada adalah bentuk musik dari susunan nada-nada yang berpusat pada satu nada dasar. Selain itu, ada penyusun tangga nada lain dengan bentuk lebih kecil, yaitu kesinambungan antara setiap not secara tersendiri. Dari hubungan itu membentuk melodi dan harmoni.

Pada tangga nada, terdapat 8 nada yang masing-masing memiliki kuantitas interval, yaitu:

1. c – c : prime

2. c – d : secondo

3. c – e : terts

4. c – f : kuart

5. c – g : kuint

6. c – a : sekst

7. c – b : seprim

8. c – c’ : oktaf

Adapun 2 nama kualitas interval kelompok dasar, yaitu:

1. Interval Perfect (murni):

  • Interval Prime (1)
  • Interval Kuart (4)
  • Interval Kuint (5)
  • Interval Oktaf (8)

2. Internal Mayor (besar):

  • Interval Secondo (2)
  • Interval Terts (3)
  • Interval Sekst (6)
  • Interval Septim (7)

Interval dasar di atas bisa dirubah dengan memperlebar jarak atau mempersempit jarak. Cara memperlebar jarak dengan menaikkan 1 semitone, atau nada bawah diturunkan 1 semitone. Sedangkan mempersempit jarak, maka nada atas diturunkan 1 semitone.

Pengaplikasian Interval Nada

Dalam dunia nyata, interval nada dikaitkan pada alat-alat musik yang sering kita temui. Seperti contoh, alat musik pianika, piano, & keyboard. Ketiga alat musik tersebut mempunyai tombol , bentuk, & fungsi yang sama yaitu tuts. Ketiga alat musik itu masuk dalam keluarga alat musik keyboard, papan (board) berkunci (key). Jika kita menekan tuts maka masing-masing tuts akan mengeluarkan nada berbeda. Semakin tombol ke kanan yang kita tekan makan nada akan semakin tinggi, sedangkan tombol semakin kiri akan menghasilkan nada rendah.

Contoh pengaplikasian interval nada pada pembelajaran di sekolah dasar melalui pengenalan gambar tuts piano. Peserta didik akan dikenalkan gambar tuts piano berwarna hitam kemudian menambahkan gambar tuts berwarna dengan cara meniru gambar tuts yang dicontohkan guru. Dari pembelajaran tersebut, peserta didik akan melalaui kegiatan eksperimen atau eksplorasi. Peserta didik akan mendapatkan informasi dari pengaplikasian tersebut.

Download Soal SBDP  Kelas 6 Tentang Interval Nada

Sesuai dengan paragraf pertama artikel ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal mengenail interval nada pada kelas 6. Bentuk soal di bawah adalah pilihan ganda. Beberapa soal akan Kursiguru berikan pembahasan maupun kunci jawaban. Hal itu dibuat untuk memudahkan kamu mempelajari. Selain itu juga, contoh soal di bawah ini tentu sangat mudah diunduh atau didownload serta gratis.

Download Soal SBDP Kelas 6 Interval Nada

Demikian artikel mengenai soal SBDP kelas 6 tentang interval nada yang bisa Kursiguru berikan. Semoga artikel ini memberi manfaat dan referensi bagi kamu dalam mengikuti mata pelajaran seni budaya dan prakarya di kelas 6 sekolah dasar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.