Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Kompetisi Sains Madrasah 2021 : Jadwal & Materi Soal KSM

Kompetisi Sains Madrasah 2021

Kompetisi Sains Madrasah 2021 – akan memberikan penjelasan secara menyeluruh mengenai kompetisi sains yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Dimana kompetisi sains madrasah bisa diikuti oleh SD/MI, SMP/MTs serta SMA/MA.

Advertisements

Kompetisi Sains Madrasah atau sering disebut sebagai KSM merupakan sebuah perlombaan akademik dari Kemenag serta diselenggarakan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam RI. Kompetisi sains madrasah sendiri telah ada sejak tahun 2012 hingga sekarang.

Berbeda dari lomba akademik lainnya, kompetisi sains madrasah mengacu pada nilai-nilai Agama Islam. Oleh karena itu, nantinya peserta kompetisi sains madrasah harus mampu mengerjakan soal mata pelajaran sains menggunakan pemahaman konteks Agama.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan memberikan ulasan seputar Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021 beserta info seperti syarat, jadwal hingga materi soal KSM. Pembahasan selengkapnya mengenai kompetisi sains madrasah bisa kamu simak pada uraian berikut.

Tingkatan Kompetisi Sains Madrasah 2021

Pertama-tama penulis akan memberikan ulasan mengenai tingkatan KSM tahun 2021. Dimana sesuai ketentuan pihak Dirjen Pendidikan Islam RI, tingkatan kompetisi sains madrasah terbagi menjadi 4 (empat), yaitu:

1. Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Satuan Pendidikan

Kompetisi sains madrasah tingkat satuan pendidikan merupakan KSM tingkatan paling rendah. Dimana kompetisi pada tingkat ini dilakukan secara mandiri oleh sekolah maupun madrasah. Satu orang pemenang dari setiap mata pelajaran yang diuji dalam kompetisi tingkat satpen akan menjadi delegasi kompetisi tingkatan selanjutnya.

  • Lokasi Tes : Diatur masing-masing satuan pendidikan.
Baca  √ 22 Contoh Soal UKG Kemenag [2021] : MI, MTs & MA Download PDF

2. Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota

Kompetisi sains madrasah tingkat kabupaten/kota merupakan tingkatan selanjutnya dari KSM satuan pendidikan. Dimana peserta kompetisi sains madrasah kabupaten/kota akan didaftarkan secara kolektif oleh Ketua Delegasi sekolah/madrasah.

  • Lokasi Tes : Di rumah masing-masing peserta atau lokasi representatif menyesuaikan kondisi perangkat & koneksi internet.

3. Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi

Kompetisi tingkat provinsi adalah KSM bagi 3 (tiga) orang murid dari setiap mata pelajaran yang dinyatakan lolos. Dimana delegasi pada tingkat provinsi tidak perlu melakukan pendaftaran akun seperti pada tingkatan sebelumnya.

  • Lokasi Tes : Di rumah masing-masing peserta atau lokasi representatif menyesuaikan kondisi perangkat & koneksi internet.

4. Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional

Kompetisi sains madrasah dengan tingkatan tertinggi adalah KSM Nasional. Dimana kompetisi sains madrasah nasional ini akan diikuti oleh 1 (satu) orang siswa pemenang dari setiap bidang studi yang diuji pada kompetisi tingkat provinsi.

  • Lokasi Tes : Ditentukan oleh pihak Kanwil.

Syarat Daftar Kompetisi Sains Madrasah

Selanjutnya penulis akan memberikan ulasan mengenai syarat mendaftar delegasi sekolah dalam mengikuti kompetisi mulai dari tingkat kabupaten/kota. Dimana secara umum, syarat daftar kompetisi sains madrasah terbagi menjadi 2 (dua) yakni:

1. Syarat Membuat Akun Kompetisi Sains Madrasah

Sebelum mulai mendaftarkan peserta (delegasi), kamu perlu melakukan proses Pembuatan Akun terlebih dulu. Dimana akun ini akan dijadikan tempat memasukkan data para delegasi kompetisi sains madrasah. Syarat agar sebuah satuan pendidikan dapat membuat akun kompetisi sains madrasah adalah memiliki:

  • Nomor Statistik Madrasah (NSM) atau Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Email Ketua atau penanggung jawab delegasi Kompetisi Sains Madrasah.

Apabila keduanya sudah siap, kamu sudah bisa memulai proses Pembuatan Akun Kompetisi Sains Madrasah di website https://ksm.kemenag.go.id/ksm/registrasi.

2. Syarat Mendaftarkan Peserta Kompetisi Sains Madrasah

Selanjutnya syarat yang dibutuhkan untuk mendaftarkan delegasi kompetisi sains madrasah diantaranya adalah:

  • Data diri peserta seperti NIK, NISN, alamat rumah, data orang tua/wali, dll.
  • Pas Foto formal ukuran 3×4 (JPG, JPEG).
  • Kartu Pelajar atau Surat Keterangan Kepala Satuan Pendidikan (JPG, JPEG).
  • Dokumen Penunjang Tambahan seperti Sertifikat atau Piagam Prestasi bila ada (boleh lebih dari 1).
Baca  √ 2 Beasiswa KSE 2021 Jenjang S1 : Syarat, Jadwal & Alur Pendaftaran

Jadwal KSM 2021

Selain syarat pendaftaran, kamu tentu memerlukan informasi mengenai jadwal pelaksanaan kompetisi sains madrasah tahun 2021. Dimana jadwal kompetisi sains madrasah atau KSM 2021 bisa disimak secara langsung pada tabel berikut ini.

Tahapan KSM 2021Satuan PendidikanKabupaten/KotaProvinsiNasional
Pendaftaran5 – 26 Juli 2021
Uji Coba/Technical Meeting14 – 26 Agustus 20219 Oktober 2021
Pelaksanaan Kompetisi21 – 30 Juni 202121 – 23 Agustus 202118 – 20 September 202123 Oktober 2021
Pengumuman Hasil21 – 30 Juni 202128 Agustus 202125 September 202130 Oktober 2021

Materi Soal KSM 2021

Seperti sudah disinggung di awal artikel, di sini penulis juga hendak membagikan informasi mengenai materi yang akan muncul pada soal-soal Kompetisi Sains Madrasah 2021. Penjelasan lengkap seputar materi soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 bisa disimak langsung pada beberapa gambar berikut.

Advertisements

Materi Soal KSM 2021 – SD & MI

Materi Soal KSM 2021 SD MI

Materi Soal KSM 2021 – SMP & MTs

Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMP MTs V2
Materi Soal KSM 2021 SMP MTs V2
3

Materi Soal KSM 2021 – SMA & MA

Materi Soal KSM 2021 SMA MA
Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMA MA
Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMA MA 3
Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMA MA 4
Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMA MA 5
Materi Soal Kompetisi Sains Madrasah 2021 SMA MA last

Informasi di atas penulis dapatkan dari data petunjuk teknis Kompetisi Sains Madrasah 2021. Jika ingin melihatnya secara langsung silakan download file di bawah ini.

Untuk melihat gambaran soal Kompetisi Sains Madrasah 2021, penulis telah menyediakan pembahasan mengenai Contoh Soal KSM Matematika MTs.

Kontak KSM Kemenag

Apabila masih ada pertanyaan seputar pendaftaran ataupun petunjuk teknis kompetisi sains madrasah 2021, silakan bertanya secara langsung melalui kontak helpdesk KSM Kemenag. Berikut adalah beberapa kontak yang bisa kamu hubungi helpdesk (call center) kompetisi sains madrasah 2021.

  • Nomor Telepon : 0213812101 (Kemenag)
  • Email :  helpdesk-aplikasi@madrasah.kemenag.go.id
  • Alamat : Jalan Lapangan Banteng No 3-4 Jakarta Pusat

Akhir Kata

Demikian di atas merupakan ulasan Kursiguru seputar Kompetisi Sains Madrasah tahun 2021. Semoga pembahasan di atas mampu menambah wawasan bagi semua pembaca serta bisa menjadi bahan acuan calon peserta kompetensi sains madrasah.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *