Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

6 Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru 2020 & Alur Pendaftaran

Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa unggulan Kemendikbud mungkin bisa menjadi salah satu pilihan beasiswa kamu, saat ini. Kursiguru melihat masih banyak masyarakat belum mengetahui salah satu program dari Kemendikbud tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan memberikan informasi mengenai salah satu beasiswa dari pemerintah khususnya Kemendikbud.

Sampai saat ini, beasiswa masih menjadi pilihan utama semua orang. Dengan mendapatkan beasiswa, diharapkan bisa meringankan beban orangtua. Apalagi dari keluarga tidak mampu, tentu beasiswa sangat membantu.

Beasiswa unggulan Kemendikbud merupakan salah satu program bantuan untuk masyarakat seperti tenaga pendidik, pegiat sosial, seniman, mahasiswa, dan atlet di Indonesia. Program ini lebih mengutamakan mahasiswa yang memiliki prestasi baik agar bisa meneruskan pendidikan lebih tinggi.

Ada beberapa beasiswa unggulan dan kamu bisa mencoba mendaftarnya. Antara lain beasiswa masyarakat berprestasi, pegawai Kemendikbud, mahasiswa asing, unggulan guru Cimb Niaga, dan bantuan riset, workshop, pelatihan, serta pagelaran. Di bawah ini, Kursiguru akan menjelaskan satu per satu beasiswa di atas.

Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan Kemendikbud Terbaru

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Salah satu upaya Kemendikbud untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah memberikan beasiswa kepada masyarakat berprestasi. Jika kamu mempunyai prestasi di akademik maupun  non akademik, kamu bisa mengajukan kepada atasan instansi kamu agar bisa direkomendasikan mendaftar beasiswa masyarakat berprestasi dari Kemendikbud.

Penerima beasiswa ini bisa melanjutkan studi pendidikan sarjana S1, magister S2, dan Doktor S3 di perguruan tinggi swasta maupun negeri terakreditas A atau B.

2. Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Berbeda dengan beasiswa masyarakat berprestasi, Kemendikbud membuka beasiswa khusus untuk pegawai di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa yang diberikan merupakan pembinaan karir. Setelah pegawai mengikuti beasiswa ini, pegawai diupayakan bisa menjadi garda terdepan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Beasiswa Mahasiswa Asing

Selain untuk masyarakat Indonesia, Kemendikbud juga membuka beasiswa untuk mahasiswa asing. Untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa asing harus mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dan berada di jurusan bahasa Indonesia, Seni, dan Budaya.

4. Beasiswa Unggulan Guru Cimb Niaga

Bagi kamu yang sedang menjadi guru di sekolah, kamu bisa mendapatkan salah satu program dari Kemendikbud yaitu beasiswa guru Cimb Niaga. Beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama Kemendikbud dan Bank Cimb Niaga. Beasiswa ini berupaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru di Indonesia.

Penerima beasiswa unggulan guru Cimb Niaga akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Akan tetapi, hanya beberapa perguruan tinggi yang menerima seperti Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Hasanuddin.

5. Beasiswa Bantuan Riset, Workshop, Pelatihan dan Pagelaran

Nah, bagi kamu yang ingin dibantu melakukan riset, workshop, pelatihan, dan pagelaran, kamu bisa mengajukan salah satu beasiswa dari Kemendikbud.

6. Beasiswa Unggulan 3T

Beasiswa unggulan 3T bisa dikatakan menjadi program bantuan yang paling unggul dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dikarenakan beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa-siswi yang bertempat tinggal di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal. Beasiswa ini memberikan bantuan berupa melanjutkan pendidikan S1, S2, dan S3 di perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia.

Demikian penjelasan mengenasi beberapa beasiswa unggulan dari Kemendikbud. Selain itu, ada juga alur pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Alur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Bagi yang belum memiliki akun:

  • Membuka laman resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud
  • Pilih “Daftar Online”
  • Masuk ke halaman baru
  • Pilih “Registrasi”
  • Isilah data secara benar dan lengkap
  • Cek kembali data yang sudah terisi
  • Jika sudah benar, pilih “Registrasi”
  • Pemberitahuan selanjutnya akan muncul di e-mail kamu

Bagi yang sudah memiliki akun:

  • Membuka lama resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbud
  • Pilih “Login”
  • Masukkan email dan pasword kamu
  • Lengkapi data pendaftaran
  • Ikuti petunjuk dari laman resmi tersebut

Demikian informasi mengenai beasiswa unggulan Kemendikbud yang bisa Kursiguru berikan. Informasi di atas semoga memeberi referensi kamu untuk mendapatkan beasiswa. Setelah membaca artikel ini, silakan kamu lanjutkan membuka laman resmi di atas.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *