Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Biaya Kuliah UNPAS 2021 : Sarjana & Pascasarjana

biaya kuliah unpas

Biaya Kuliah UNPAS – akan dibahas secara menyeluruh pada kesempatan kali ini. Informasi ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa atau mahasiswa baru yang ingin mendaftar di Universitas Pasundan Bandung. Dengan mengetahui informasi ini, maka para calon mahasiswa baru akan memilih jurusan di UNPAS sesuai dengan kebutuhan.

Universitas Pasundan merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Bandung. Berdiri dari tahun 1960, perguruan tinggi swasta tersebut sudah terakreditas A dari BAN-PT. Melalui data kemdikbud pun, jumlah mahasiswa Univeritas Pasundan telah mencapai 23.393.

Universitas Pasundan menawarkan 26 jurusan atau program studi sarjana, 5 program studi pascasarjana serta 2 program doktoral. Walaupun sebagai kampus swasta, jumlah program studi tersebut bisa dikatakan banyak. Dari beberapa program studi pun sudah mempunyai akreditasi A.

Nah, jika kamu tertarik dengan Universitas Pasundan, maka kamu perlu mengetahui lebih dulu rincian biaya kuliah di kampus tersebut. Di bawah ini, Kursiguru telah menyajikan rincian biaya kuliah yang bisa menjadi sumber informasi faktual.

Akreditasi Jurusan UNPAS

Sebelum beranjak ke rincian biaya kuliah, Kursiguru akan memberi tahu jurusan beserta akreditasi yang ditawarkan oleh Universitas Pasundan. Poin ini menjadi penting dikarenakan kamu dapat menentukan jurusan sesuai dengan kemampuan di bidang pilihanmu. Berikut jurusan beserta akreditasi di Universitas Pasundan.

Jenjang S1 UNPAS

FakultasJurusanJenjangAkreditasi
Fakultas Ilmu HukumIlmu HukumS1A
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikAdministrasi NegaraS1A
Kesejahteraan SosialS1A
Hubungan InternasionalS1A
Administrasi BisnisS1A
Ilmu KomunikasiS1A
Fakultas TeknikTeknik IndustriS1A
Teknologi PanganS1A
Teknik MesinS1A
Teknik InformatikaS1B
Teknik LingkunganS1B
Perencanaan Wilayah & KotaS1B
Fakultas Ekonomi dan BisnisManajemenS1A
AkuntansiS1A
Ilmu Komunikasi PembangunanS1A
Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanPend. Pancasila dan KewarganegaraanS1A
Pend. EkonomiS1A
Pend. Bahasa IndonesiaS1A
Pend. BiologiS1A
Pend. MatematikaS1B
Pend. Guru Sekolah DasarS1B
Fakultas Ilmu Seni dan SastraDesain Komunikasi VisualS1B
Fotografi dan FilmS1B
Seni MusikS1B
Sastra InggrisS1B
Fakultas KedokteranKedokteranS1

Pascasarjana UNPAS

JurusanJenjangAkreditasi
Ilmu ManajemenS3B
Ilmu SosialS3B
Ilmu HukumS3C
Ilmu AdministrasiS2B
Manajemen BisnisS2B
Manajemen Rumah SakitS2B
Manajemen PendidikanS2B
Teknik Manajemen IndustriS2C
Ilmu HukumS2A
Teknologi PanganS2B
Pend. MatematikaS2B
Teknik MesinS2C
Ilmu KomunikasiS2C
Bahasa IndonesiaS2B
KenotariatanS2C
AkuntansiS2C

Jenis Biaya Kuliah UNPAS

Sebelum menyimak seputar rincian biaya kuliah kampus Pasundan, akan sangat baik bila kamu mengetahui jenis-jenis biayanya terlebih dahulu. Dimana jenis biaya kuliah UNPAS terdiri dari:

1. Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP)

Biaya kuliah utama di PTS kota Bandung ini adalah Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP). Dimana sebagai sebuah perguruan tinggi swasta tentunya UNPAS tidak menerapkan sistem UKT, melainkan biaya semester tersendiri yakni DPP tersebut. Nantinya seorang mahasiswa UNPAS akan diwajibkan membayar biaya DPP setiap semester.

2. Dana Pembangunan (DP)

Biaya selanjutnya adalah Dana Pembangunan (DP), yakni tarif masuk yang harus dibayar seorang mahasiswa baru (maba). Dimana tujuan biaya kuliah ini adalah sebagai modal kampus dalam menyediakan sarana utama. Biaya pembangunan hanya perlu dibayarkan sekali sepanjang proses kuliah.

3. Dana Laboratorium

Khusus untuk mahasiswa Fakultah Hukum, FISIP serta FISS UNPAS akan dikenai dana laboratorium, yaitu biaya pengadaan prasarana di laboratorium setiap semesternya.

4. Biaya Praktikum

Berbeda dengan biaya laboratorium, biaya praktikum akan dibebankan pada mahasiswa dari fakultas teknik serta kedokteran. Dimana jumlah pembayaran biaya ini bergantung banyaknya matkul praktikum seorang mahasiswa dalam satu semester.

5. Biaya OPMB

Biaya OPMB atau biaya masa orientasi merupakan biaya khusus bagi seorang mahasiswa baru UNPAS. Tentunya biaya OPMB hanya perlu dibayarkan sekali saja sepanjang waktu kuliah.

Rincian Biaya Kuliah UNPAS

Setelah mengetahui jurusan beserta akreditasinya, di bawah ini Kursiguru berikan rincian biaya kuliah Universitas Pasundan mulai dari program sarjana hingga. Perlu kamu ketahui, bahwa pihak UNPAS menerapkan sistem biaya kuliah DPP (Dana Penyelenggaraan, DP (Dana Pembangunan), dan dana laboratorium. Berikut rincian biaya kuliah UNPAS.

Biaya Kuliah UNPAS S1

Biaya Kuliah UNPAS S1
Brosur Biaya Kuliah Sarjana Universitas Pasundan

Biaya Kuliah UNPAS Pascasarjana

Biaya Kuliah UNPAS Pascasarjana
Brosur Biaya Kuliah Pascasarjana Universitas Pasundan

Perlu diperhatikan bahwa tabel biaya kuliah UNPAS di atas belum menghitung biaya OPMB serta biaya praktikum (DPPS) yang nantinya ditentukan berdasarkan Kartu Rencana Studi tiap peserta kuliah.

Jika ternyata biaya kuliah di atas terlalu berat, sedangkan kamu berniat mendaftarkan diri ke fakultas teknik maka ada baiknya untuk mencoba mendaftarkan diri ke kampus lain. Salah satu kampus politeknik favorit kota Bandung adalah Polban. Dimana selain menjadi politeknik favorit, Biaya Kuliah Polban juga cenderung murah.

Alur Pendaftaran Kuliah UNPAS

Apabila kamu berkeinginan mendaftar diri menjadi mahasiswa Universitas Pasundan, maka kamu perlu mengetahui alur pendaftaran Universitas Pasundan. Tahun ini, alur pendaftaran mahasiswa baru UNPAS memiliki beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir pendaftaran di laman resmi Pendaftaran UNPAS
  2. Selanjutnya mencetak bukti pendaftaran tersebut
  3. Membayar biaya pendaftaran mahasiswa S1 sebesar Rp 300.000,-
  4. Bagi calon mahasiswa pascasarjana membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-
  5. Terakhir, mengunjungi laman www.pmb.unpas.ac.id, kemudian login menggunakan nomor kwitansi dan password dari bukti pendaftaran.

Call Center UNPAS

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan terkait seluruh informasi di atas, kamu bisa menanyakan secara langsung ke pihak PMB Universitas Pasundan. Berikut call center yang dapat dihubungi:

  • Telepon: 0813-2199-9933 | 0857-2242-0135 | 0838-2071-6069 (Whatsapp)
  • Email: pmb.unpas.ac.id
  • Alamat Kampus:

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai biaya kuliah UNPAS yang bisa Kursiguru berikan. Semoga informasi di atas menjadi sumber utama dan faktual bagi kamu dalam keinginan melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *